5 kebiasaan sepele tapi bisa bikin hepi dengan cepat

  • by Editor
  • 0 view

Apa sih sebenarnya hal yang bisa bikin kita hepi?

Banyak yang bisa dilakukan, tapi satu hal yang sering ditemukan oleh orang yang “hepi terus” yang biasa ditemukan disetiap buku-buku pengembangan diri yaitu, orang yang seringkali hepi adalah mereka yang senang mencapai sesuatu secara terus menerus.

Jadi ini tidak lah sepenuhnya mengenai kebahagiaan saja tapi juga tentang mencapai sesuatu.

Untuk mencapai sesuatu, banyak dari kita merasa perlu untuk mengerti diri sendiri dan juga mengerti orang lain, serta merasakan bahwa kita memberikan kontribusi pada dunia ini dalam hal positif tentunya.

Untuk itu semakin kita memenuhi kebutuhan atau mencapai sesuatu, disaat yang sama tingkat hepi mu juga akan semakin meningkat.

Tak jarang rutinitas dan hal yang tak terduga di keseharian kita bisa bikin mood kita turun dan jadi gak semangat.  Simak 5 kebiasaan yang sederhana banget ini tapi efeknya bisa bikin kamu hepi lagi.

 

  1. Ambil waktu 1 menit tidak melakukan apa-apa

Disaat banyaknya kegiatan yang dilakukan dan hal yang perlu diselesaikan, ambil waktu 1 menit berdiam ditempat kamu berada sambil bernafas tenang lewat hidung dan keluarkan lewat mulut. Berdiam diri sejenak tidak akan membuat mu kehilangan keluarga, tidak menjadikan mu di bully seluruh karyawan kantor. Faktanya, satu hal yang benar-benar terjadi adalah kamu akan menyadari bahwa kamu mempunyai waktu untuk dirimu sendiri tanpa perlu bergantung pada orang lain.

  1. Telfon teman yang sudah lama tidak bertemu.

Kita hidup tak lepas dari berhubungan dengan orang lain. Tidak salah jika kita kita mempunyai segudang teman di akun sosial media, tapi ini juga berarti kita tidak mempunyai teman yang benar-benar dekat dengan kita. Segeralah hubungi orang dekat yang sudah lama tidak bertemu tersebut, dan berbicaralah tentang apapun bahkan meski hal yang dirasa tidak penting, cukup tunjukan bahwa kita bersyukur bisa mengenal orang tersebut.

  1. Tidur lebih awal

Banyak penelitian yang menemukan korelasi antara kualitas tidur dengan tingkat kebahagiaan seseorang, selesaikan aktivitas dan persiapkan diri lebih awal untuk tidur. Tubuh diciptakan dengan kemampuan self-repair yang akan maksimal ketika dibarengi dengan istirahat. Durasi tidur yang cukup akan membantu tubuh memulihkan kondisi otak yang tentunya memperbaiki mood serta bikin hepi.

  1. Tinggalkan teknologi sejenak dan nikmati momen sendiri di taman

Teknologi memang bisa membantu kita menyelesaikan banyak hal dalam satu waktu, tapi seringkali juga teknologi menjadi biang penyebab mood kita berantakan. Sejenak tinggalkan smartphone, laptop dengan setumpuk E-mail, Televisi dan berbagai peralatan elektronik dan berjalanlah santai di taman atau berkeliling ke daerah dimana tersedia ruang terbuka dan banyak tanaman. Melihat warna hijau dari tanaman dapat membantu menurunkan ketegangan dan akan jadikan mood baik itu kembali.

  1. Ucapkanlah syukur dan terima kasih

Bagi sebagian besar orang yang hepi terus, mengucapkan rasa terima kasih dan syukur adalah hal yang tak pernah mereka tinggalkan dalam keseharian mereka. Mengucap syukur tak perlu dengan hal yang rumit dan berat, kebiasaan baik ini bisa dimulai dari apa yang ada pada kita seperti ucapkan syukur ke Sang Pencipta atas kesehatan kita, ucapkan syukur kita masih diberikan pekerjaan dan bahkan sesederhana kita bisa mendapatkan ojek-online dengan cepat tadi pagi adalah hal yang akan mengembalikan atau bahkan meningkatkan tingkat hepi kita.