15 Hal yang perlu kamu ketahui tentang balapan motor FIM EWC!

Balapan motor bergengsi selain yang kita kenal dengan nama MotoGP, ada lagi yang mempertandingkan keseruan balapan di malam hari selama lebih dari 8 jam!

FIM EWC atau Federation international motorcycle Endurance world championship merupakan ajang balapan yang digelar untuk kendaraan roda dua. Balapan ini menyajikan ajang ketahanan motor dalam lintasan lebih dari 8 jam dan bekerja sebagai tim. Ada beberapa fakta unik untuk kalian yang belum tau atau masih asing dengan balapan ini. Berikut kita rangkum 15 hal yang perlu kamu ketahui tentang balapan motor FIM EWC!

1. Balapan terbagi menjadi 8 jam, 12 jam ataupun 24 jam dan biasanya dimulai pada malam hari.
2. Kapasitas tangki bensin maksimum untuk regulasi yang ditetapkan pada kendaraan adalah 24 Liter per motor.
3. Para pembalap harus berbaris dan berlari pada start balapan untuk melompat ke kendaraan mereka layaknya di sirkuit de la sarthe yang ada di Le Mans 24 jam, sehingga pembalap melatih fisiknya untuk berlari menyalakan kendaraan terlebih dulu.
4. Urutan balapan dimulai dari pembalap yang memiliki waktu kualifikasi dengan catatan rata-rata terbaik dari satu tim, bukan dari 1 pembalap.
5. Ada 2 hingga 3 pembalap yang melakukan balapan pada ajang Endurance world championship, sehingga ketika melakukan pit stop pembalap bisa menukar siapa penunggang selanjutnya namun dengan motor yang sama di balapan selama 24 jam.
6. Batasan usia minimal untuk seorang pembalap yaitu minimal berusia 18 tahun dan memiliki izin resmi berstandar FIM untuk berlomba pada ajang Endurance world championship.
7. Pembalap menggunakan ban yang diselipkan pada lengan layaknya ban kapten di sepakbola dengan tujuan agar mempermudah mengenali pembalap disaat melintasi putaran di sirkuit.
8. Mulai dari Januari 2020, Pembalap diharuskan memakai helm berstandar FIM yang sudah diuji coba atau yang masuk dalam regulasi sehingga sudah terbukti ketahanannya bagi para pembalap.
9. Menyalakan lampu kendaraan sudah menjadi kewajiban dalam balapan ini bahkan disaat siang sekalipun, sudah menjadi peraturan tetap untuk memakai lampu depan. Lampu putih menunjukan untuk motor EWC sementara lampu kuning untuk motor standar pabrikan.
10. Motor dibekali dengan lampu yang menyala di nomor balapan mereka sehingga mempermudah kita untuk melihat pembalap yang sedang melintas di sirkuit ketika malam.
11. Batasan suara knalpot maksimum di angka 105 dB, sehingga tidak menimbulkan kebisingan namun di akhir balapan ada sedikit toleransi tambahan sebesar 4 dB.
12. Regulasi berat minimal untuk satu motor adalah seberat 168 Kg tanpa bensin terisi, dan kendaraan di cek dan di timbang sebelum atau sesudah balapan.
13. Ketika pembalap memasuki pit stop, hanya diperbolehkan 4 orang dari tim untuk bekerja walau ada lebih dari 4 orang dari 1 tim untuk mengisi bahan bakar hingga mengganti ban.
14. Kecepatan memasuki area pit stop dibatasi hanya 60 Km/h, jika melanggar diberi sanksi berupa tambahan 30 detik penalti.
15. Balapan digelar dalam 2 kelas yaitu kelas endurance dan kelas superstock.

Nah, demikian 15 Hal yang perlu kamu ketahui tentang balapan motor FIM EWC. Untuk channel Olahraga bisa kamu saksikan dengan berlangganan paket channel Best sports di First Media. Bagi kamu yang membutuhkan internet dengan kuota yang #beneranTanpaBatas, maka First Media adalah jawaban yang tepat. Harga mulai 200ribuan, internet #beneranTanpaBatas dan tersedia lebih dari 200 TV Channels berkualitas HD hingga 4K! Nikmati berbagai bonus speed upgrade dan open all TV Channels! Berlangganan sekarang juga!

Share :

You might also like :

Encanto, Cerita untuk Mempererat Keluarga Dalam Animasi!
Sukses Kalahkan Barcelona, Inter Milan Naik Pering...
Close