3 Aplikasi Ini Juga Mirip Clubhouse Lho, Apa Saja?

3 Aplikasi Ini Juga Mirip Clubhouse Lho, Apa Saja?

Setelah Elon Musk diketahui bergabung dalam platform media sosial Clubhouse, popularitas aplikasi besutan Alpha Exploration inimendadak melejit. Pasalnya, pengguna Clubhouse yang semula tak sampai ratusan ribu, kini melonjak tajam ke angka 8 juta orang di seluruh dunia. Angka yang terbilang fantastis untuk ukuran sebuah jejaring sosial yang belum sampai setahun diluncurkan, di mana aplikasi ini pertama rilis pada bulan April tahun 2020 lalu. Namun sayangnya, tak semua orang bisa mencicipi Clubhouse. Karena selain tersedia hanya untuk perangkat iOS, Clubhouse hadir eksklusif dengan sistem invite (undangan). Hanya orang yang diundang oleh pengguna Clubhouse lainnya-lah yang bisa menggunakannya. Bagi kamu yang belum mendapat kesempatan bergabung di Clubhouse, ada beberapa platform berbasis audio lain yang juga layak banget kamu coba. Simak 3 pilihan alternatifnya di bawah ini!

Discord

Discord merupakan aplikasi gratis yang hampir mirip fungsinya dengan Clubhouse. Aplikasi yang awalnya bertujuan sebagai platform live streaming video game antar gamers ini, memberikan layanan agar penggunanya dapat saling berinteraksi secara real-time; baik melalui teks, audio, atau video dalam suatu room chatJadi pengguna bisa mengundang pengguna Discord lainnya ke kanal obrolan, meski beberapa room/kanal hanya bisa diakses pengguna yang telah berteman dengan si pemilik kanal. Namun seiring perkembangannya, Discord juga menjadi tempat berinteraksi virtual dengan berbagai topik ruang obrolan, seperti game, musik, hingga meme.

Spoon

Salah satu aplikasi yang gak kalah menarik dari Clubhouse adalah Spoon. Nama aplikasi ini memang belum begitu tenar di Indonesia, namun telah lama populer di negeri asalnya, yaitu Korea Selatan.  Layaknya Podcast, kamu bisa mendengarkan macam-macam cerita, lagu, puisi, atau sekadar kisah pengalaman dari pengguna-pengguna lain. Spoon juga memiliki tiga fitur utama, yaitu Cast yang merupakan tempat menyimpan konten favorit atau yang di-unggah, lalu fiturLive yang memungkinkan pendengar dan kreatornya saling berinteraksi, hingga Talk untuk membagikan topik konten kamu ke para pendengar.

Twitter Audio Spaces

Spaces merupakan fitur terbaru Twitter yang digadang-gadang siap meluncur untuk menyaingi Clubhouse. Pada bulan Desember 2020, Twitter mengumumkan perilisan fitur ini dalam versi BETA untuk sebagian kecil pengguna perangkat iOS, dan masih dalam tahap pengembangan hingga kini. Sama seperti platform pesaingnya, Spaces juga memungkinkan pengguna untuk bergabung ke dalam room diskusi bersama para partisipan lain, di mana nantinya akan ada host, pembicara, hingga para pendengar. Meski belum diketahui perilisan resminya, kamu bisa mengecek informasi ter-update tentang perkembangan Spaces di laman resmi @TwitterSpaces.

Itu dia 3 aplikasi/platform yang mirip Clubhouse karena sama-sama berbasis audio. Di samping Spaces belum resmi rilis, dua di antaranya bisa kamu akses melalui situs web, atau bahkan diunduh langsung di toko aplikasi seperti Play Store (Android) atau App Store (iOS). Media sosial berbasis audio juga tak kalah asyik ditelusuri lho, asal ada jaringan internet yang super andal. Kamu bisa gunakan layanan home internet dari First Media—yang tak hanya menyediakan koneksi bebas tanpa batasan kuota, tetapi juga speed internet yang bisa kamu upgrade hingga 300 Mbps! First Media juga hadir dengan teknologi DOCSIS 3.0 yang bisa menjamin kestabilan jaringan di berbagai kondisi cuaca. Tunggu apa lagi? Ayo, klik di sini untuk berlangganan sekarang, dan segera dapatkan promo-promo menariknya sebelum kehabisan!

Share :

You might also like :

trik keluar grup whatsapp diam-diam alias tanpa ketahuan
5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Biar Ke...

Comments :

Close