3 Pilihan Cloud Untuk BackUp Data Kamu

Mem-backup data di cloud bisa menyelamatkan kamu dari risiko kehilangan data. Inilah pilihan cloud yang bisa kamu gunakan!

Tidak hanya perusahaan saja yang memanfaatkan cloud untuk media penyimpanan datanya. Kamu juga bisa dan justru disarankan untuk mem-backup datamu secara berkala menggunakan cloud. Dengan begitu kamu terbebas dari risiko kehilangan data akibat perangkatmu yang tiba-tiba rusak atau karena faktor lainnya.

3 Pilihan Cloud untuk Backup Data

Namun, banyaknya cloud yang tersedia saat ini pasti membuatmu merasa bingung, harus pakai yang mana ya untuk menyimpan data? Berikut ini 3 rekomendasinya:

Google Drive

Sesuai namanya, cloud ini memang dari google sehingga bisa langsung dimanfaatkan oleh kamu yang memiliki akun gmail. Cara menggunakannya juga sangat mudah, melalui akun gmail kamu bisa masuk ke bagian drive. Di sanalah kamu bisa mulai mengunggah data yang ingin kamu backup apapun formatnya. Bahkan, kamu juga bisa membuat dokumen seperti word, excel, dan sebagainya dalam cloud ini, loh!

Nah, untuk kamu yang menggunakan ponsel juga tidak perlu khawatir. Kamu bisa melakukan backup melalui aplikasi drive yang sudah dihubungkan pada akun gmail milikmu sebelumnya. Bahkan untuk kamu pengguna ponsel android juga bisa mengatur backup otomatis sehingga setiap ada media baru di ponselmu, akan secara otomatis masuk ke cloud milikmu.

OneDrive

Sama halnya dengan Google Drive, untuk bisa menikmati fasilitas cloud ini kamu harus memiliki akun berupa email dari microsoft terlebih dahulu. Cloud ini juga tersedia dalam bentuk website maupun aplikasi agar kamu bisa dengan mudah mengaksesnya dari ponsel.

Pada awal pembuatan, kamu akan mendapatkan free storage sebesar 5 GB dan bisa kamu upgrade dengan biaya tertentu. Keuntungannya, jika suatu saat nanti kamu memutuskan untuk tidak memperpanjang status upgrade tersebut, kamu bisa melakukannya dengan mudah dan data yang sudah kamu unggah tidak akan hilang. Kamu tetap bisa mengaksesnya, mengunduh, dan sebagainya. Hanya saja kamu tidak lagi bisa menambah atau mengunggah data baru dalam akunmu jika sudah melebihi free storage yang diberikan.

Mega

Mega merupakan cloud dari perusahaan MEGA Limited yang berbasis di Selandia Baru. Untuk bisa menggunakan cloud ini, kamu harus melakukan registrasi terlebih dahulu dengan email apa saja yang penting kamu memiliki aksesnya. Kemudian kamu bebas menggunakannya untuk mem-backup data maupun berbagi data. Namun, jika akunmu adalah gratis, maka mega membatasi penyimpanannya hanya sebesar 50 GB saja.

Pada cloud ini terdapat 2 sistem berbagi data, pertama kamu bisa memberikan link secara penuh yang membuat pihak lain dapat langsung mengunduh datamu begitu membuka link tersebut. Kedua memberikan link tanpa enkripsi, sistem ini akan mengamankan datamu sehingga hanya orang yang memiliki kode enkripsi saja yang bisa mengaksesnya. Jadi kamu bisa membatasi akses tersebut hanya untuk orang yang kamu inginkan saja. Cloud ini bisa kamu akses melalui situs maupun aplikasi.

Melakukan backup data pada cloud mungkin terasa berat bagi sebagian orang karena harus selalu terkoneksi dengan internet untuk bisa melakukan unggah maupun unduh. Namun sebenarnya, data kamu jauh lebih aman jika dibandingkan dengan menggunakan media penyimpanan fisik karena tidak adanya risiko data hilang akibat perangkat rusak. Terlebih lagi, apapun cloud yang kamu pilih di antara ketiganya, mereka sudah menyiapkan sistem keamanan untuk mengantisipasi risiko cyber attack.

Nah, jika kamu merasa kesulitan akibat koneksi internet, maka kamu bisa menggunakan internet rumah dari First Media. Sebab, dengan adanya internet rumah unlimited dari First Media, kamu bisa melakukan backup data pada cloud kapan saja kamu mau tanpa terkendala kuota maupun proses unggah yang lambat. Jadi kamu tinggal memilih saja mana cloud  yang paling sesuai untuk kamu gunakan sebagai tempat backup data milikmu.

Share :

You might also like :

Suka Streaming di Situs Tidak Resmi, Waspadai Dampaknya
Cara Masuk FYP di Tiktok Dengan Mudah Terbaru 2022

Comments :

Close