3 Tips Diet Sehat Ini Ampuh Turunkan Berat Badan Secara Cepat Selama Pandemi

Pandemi covid-19 yang masih terus melanda ini menuntut kita untuk selalu diam di rumah. Segala aktivitas di luar pun dibatasi. Alhasil, kita jadi kurang gerak dan lebih cepat merasa bosan. Beberapa orang bisa mengalihkan kejenuhannya dengan melakukan kegiatan yang disukai.

Pandemi covid-19 yang masih terus melanda ini menuntut kita untuk selalu diam di rumah. Segala aktivitas di luar pun dibatasi. Alhasil, kita jadi kurang gerak dan lebih cepat merasa bosan. Beberapa orang bisa mengalihkan kejenuhannya dengan melakukan kegiatan yang disukai. Ada yang membaca buku, streaming film, belajar bahasa baru, dan tak terkecuali makan. Banyak di antara kita yang memakan sesuatu hanya untuk mengusir bosan karena kurangnya aktivitas di luar rumah. Padahal, belum tentu kita memakan sesuatu itu karena merasa lapar, lho.

Ketika sedang bosan, makanan yang kita cari untuk disantap biasanya berupa snack atau junkfood yang tinggi kandungan gula, lemak jahat, atau tinggi sodium. Karena rasanya yang enak dan menyenangkan, kita sering kebablasan hingga menyantapnya secara berlebihan. Kebiasaan ini terus berlanjut selama berbulan-bulan, hingga tanpa sadar baju dan celana terasa tidak muat lagi di badan. Lalu, apakah kita bisa tetap menurunkan berat badan di tengah pandemi seperti ini? Jawabannya: tentu bisa!

Namun, satu hal yang perlu diingat adalah jangan sampai melakukan cara-cara yang tidak sehat untuk menurunkan berat badan. Masih banyak langkah-langkah yang bisa kita ikuti untuk menurunkan berat badan secara tepat dan sehat. Mengutip dari laman Healthline, di bawah ini adalah 3 tips diet secara sehat yang ampuh menurunkan berat badan dengan cepat berdasarkan penelitian:

Mengurangi Karbohidrat Olahan
Salah satu cara tercepat untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi asupan karbohidrat olahan atau karbohidrat sederhana. Karbohidrat olahan biasa terkandung dalam roti putih, nasi putih, tepung, kue-kue, atau makanan-makanan ringan dalam kemasan. Gula buatan juga termasuk karbohidrat olahan. Tapi, bukan berarti harus dihindari sama sekali, ya. Kamu bisa mengurangi porsinya sedikit demi sedikit atau menggantinya dengan karbohidrat kompleks yang terdapat dalam kentang, ubi, singkong, jagung, dan lainnya. Selain mengandung tinggi serat, karbo kompleks juga bisa menahan rasa lapar lebih lama, sehingga nafsu makanmu bisa terkontrol.

Prioritaskan Protein, Buah, dan Sayuran
Selama proses menurunkan berat badan, makanan yang harus menjadi prioritas adalah protein, buah, dan sayuran. Ketiga makanan ini terbukti menjaga rasa kenyang lebih lama. Protein juga menjaga agar massa otot-mu tidak ikut turun ketika berat badanmu mengalami penurunan nantinya. Cukupkan porsi protein, sayur, dan buah dalam tiap menu makanan utama. Kalau ingin ngemil, kamu bisa memakan buah, kacang-kacangan, agar-agar, serta makanan tinggi serat lainnya. Pastikan juga tubuhmu selalu mendapat asupan lemak baik yang bisa ditemukan dalam minyak zaitun, kelapa, alpukat, beragam jenis kacang, kuning telur, atau dark chocolate tanpa tambahan gula.

Perbanyak Aktivitas Fisik
Selama di rumah, bukan berarti kamu harus bermalas-malasan sepanjang hari. Kamu bisa melakukan banyak hal yang bikin kamu aktif bergerak, seperti membereskan rumah, menari, stretching, ikut kelas olahraga online, atau bahkan berolahraga sendiri dengan mengikuti channel-channel fitness di youtube. Itulah 3 tips diet sehat dan cepat yang bisa kamu ikuti untuk menurunkan berat badan selama pandemi. Kunci utama suksesnya penurunan berat badan adalah defisit kalori. Dengan makan yang tidak berlebihan dan kalori yang defisit per harinya, berat badanmu pasti bisa turun secara cepat. Badan pun bisa terasa lebih ringan dan sehat.

Selamat mencoba!

Share :

You might also like :

Cara Unik Mendapatkan Uang Secara Online dengan Situs Survei Online
Sukses Kalahkan Barcelona, Inter Milan Naik Pering...
Close