5 Ide Topik Podcast yang Paling Banyak Digandrungi

5 Ide Topik Podcast yang Paling Banyak Digandrungi

Sejak beberapa tahun terakhir, podcast menjadi media hiburan alternatif yang semakin populer di Indonesia, terutama bagi kawula muda. Platform berbasis audio ini menjadi pilihan tersendiri sebagai sarana berbagi informasi, pengetahuan, atau sekadar hiburan semata yang mudah diakses di mana pundan kapan pun di kala butuh. Selain itu, kategori topik podcast pun beragam dan gak membosankan karena bisa dipilih sesuai kegemaran. Nah, kalau kamu tertarik dan berniat bikin podcast, ini dia 5 topik podcast yang paling populer dan paling banyak penggemarnya, yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk membuat konten podcast kamu sendiri:

Horor/Misteri

Sama seperti film, novel, atau komik, cerita horor/misteri yang ada di podcast memang salah satu jenis yang gak ada matinya. Cerita horor banyak disukai karena dianggap menawarkan sensasi yang lebih seru dan menegangkan, apalagi kalau didengarkan pada malam hari. So, kalau kamu juga suka hal-hal yang berbau horor, kamu bisa lebih mudah mengumpulkan materi-materi untuk konten podcast kamu, nih!

Tips Karir

Sempitnya lapangan kerja yang gak sebanding dengan banyaknya jobseeker bikin banyak orang harus punya bekal lebih. Supaya bisa survive dan berkompetisi dengan saingan mereka lainnya, gak sedikit orang yang baru memulai menapaki karir jadi rajin mencari informasi sebanyak mungkin tentang tips dalam berkarir, kiat-kiat interview dengan HRD, atau tips agar menjadi jobseeker yang lebih ‘mentereng’. Nah, podcast adalah salah satu platform yang terbilang oke dalam menyajikan hal-hal tersebut. Podcast jenis ini biasanya lebih menyasar mahasiswa, fresh graduate, dan para jobseeker yang masih menyiapkan diri untuk terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya. Kalau kamu pengin sharing pengalaman pribadi atau orang lain seputar topik karir, boleh dicoba, lho!

Cerita Inspiratif

Konten cerita yang inspiratif nan penuh makna juga gak kalah populernya di podcast. Karena menyajikan kisah yang relate, bikin menyentuh, atau bisa menambah motivasi, topik ini juga ramai pendengarnya. Kamu juga bisa berkolaborasi atau mengajak orang lain untuk ikut membagi sepotong kisah hidup mereka yang paling ‘mengena’ kepada audiens. Jadi lebih beragam dan saling menginspirasi, ‘kan?

Humor

Topik-topik dagelan yang mengundang tawa bisa dipilih buat kamu yang berjiwa komedian. Podcast humor ini menjadi jenis paling populer sebagai teman yang menghibur, contohnya saja ada ‘PODKESMAS’, ‘Rapot’, atau ‘Podcast Bercanda’ sebagai podcast dagelan yang populer di Spotify. Umumnya, podcast humor mengangkat topik-topik random yang dibahas secara seru sambil guyon. Jadi memang cocok untuk obrolan santai, ringan, tetapi tetap informatif dan tentu saja—bikin penikmatnya tertawa.

Opini

Kamu suka beropini tentang isu politik? Atau suka berbagi pendapat, analisa, dan argumen kamu tentang hal-hal yang sedang viral secara berbobot? Topik konten yang satu ini boleh dicoba. Dengan begitu, audiens kamu juga bisa menambah pengetahuannya dari sudut pandang yang lain mengenai suatu isu, atau berita yang lagi hangat. Kalau pengin lebih akurat, kamu juga bisa mendatangkan para pakar dari bidang yang akan kamu jadikan tema diskusi sebagai konten podcast.

Itu dia 5 topik podcast populer yang bisa kamu jadikan ide dalam pembuatan konten podcast-mu sendiri. Namun, pastikan dulu kamu sudah menentukan target audiens yang tepat sebelum mulai membuat konten-konten di podcast. Gimana? Sudah siap jadi podcaster? Eits! Sebelum itu, dukung semua kegiatan online kamu dengan layanan fixed high speed broadband cable internet dari First Media. Dengan koneksi internet super cepat dan tanpa memberlakukan batasan dalam Fair Usage Policy (FUP), kamu bisa menikmatilancarnya semua aktivitas internet yang anti lag, buffering, dan #BeneranTanpaBatas pemakaian kuota!Penasaran? Cek informasi detail seputar paket berlangganannya di sini.

Share :

You might also like :

7 Hal Unik nan Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Internet
Adakah Dampak Positif Dalam Bermain Game Online?

Comments :

Close