6 Tips Sehat Selama Berpuasa Ramadan di Masa Pandemi

Jalani pola hidup ini selama berpuasa ramadan di masa pandemi

Tak terasa, sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Namun, sama seperti tahun 2020 lalu, momen Ramadan kali ini masih diwarnai dengan adanya wabah covid-19 yang belum teratasi. Dengan demikian, kita pun masih diwajibkan terus berwaspada serta aware terhadap kesehatan fisik dan mental. Nah, agar imun tubuh dapat terpelihara dengan baik, ada 5 tips sehat yang wajib disimak supaya berpuasa Ramadan di masa pandemi bisa tetap berlangsung secara khusyuk. Apa saja? Let’s check this out!

Jaga Kualitas Tidur

Meski jam tidur terpotong saat sahur, namun alangkah baiknya tetapmencukupi waktu istirahat selama berpuasa. Waktu yang terpotong tadi dapat diganti dengan tidur siang atau memanfaatkan jam istirahat kantor untuk tidur selama beberapa menit agar tubuh bisa kembali segar.Karena dengankualitas tidur yang baik, emosi dan nafsu makan pun bisa tetap terkontrol selama seharian penuh.

Stay Hydrated!

Dilansir dari laman CNN Health, air merupakan salah satu komponen paling esensial bagi tubuh, di mana 60% tubuh manusia terdiri atas salah satu senyawa kimia tersebut. Oleh karena itu, menjaga tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa adalah hal yang wajib dilakukan. Selain memperbanyak konsumsi air putih saat sahur dan berbuka, meminum air kelapa, susu, atau mengonsumsi makanan kaya mineral juga bisa menjadi alternatifnya. Namun, kurangilah mengonsumsi teh dan kopi karena keduanya mengandung kafein yang bisa meningkatkan rasa haus serta frekuensi buang air kecil.

Perbanyak Protein dan Makanan Tinggi Serat

Supaya kenyang lebih lama, perbanyaklah mengonsumsi makanan tinggi protein dan serat. Seperti yang dikutip dari Halodoc, proteinsangat berperan untuk memberikan energi bagi tubuh; sedangkan serat sangat baik bagi kelancaran pencernaan dan membuat kenyang jadi lebih lama. Dan jangan lupa tetap pastikan asupan gizi tiap makan sahur dan berbuka selalu seimbang agar tidak kekurangan—namun juga tidak berlebihan.

Kurangi Konsumsi Gula dan Makanan Berminyak

Sebenarnya tubuh tetap membutuhkan asupan gula atau pun lemak yang terkandung dalam minyak. Asalkan, porsinya tetap terjaga dan sesuai kebutuhan tubuh. Batasi konsumsi makanan/minuman manis, serta gorengan yang kaya akan limpahan minyak agar terhindar dari berbagai penyakit komplikasi. Karena sejatinya, tidak pernah ada yang baik dalam segala hal yang dilakukan secara berlebihan.

Lengkapi Asupan dengan Suplemen atau Vitamin Tambahan

Kadangkala, tubuh tidak mendapat cukup nutrisi selama berpuasa. Entah karena bangun kesiangan sehingga tidak sempat sahur, berbuka dengan makanan yang minim gizi, atau alasan lainnya, asupan nutrisi dalam tubuh harus betul-betul tercukupi supaya tetap bugar selama menahan lapar dan haus seharian. Kalau dirasa belum cukup, tak ada salahnya untuk mengonsumsi suplemen dan vitamin tambahan dalam jumlah yang wajar dengan tetap memprioritaskan makan makanan bernutrisi lengkap seperti karbohidrat, protein, serat, serta vitamin dan mineral dalam bentuk whole food.

Tetap Aktif Bergerak

Berpuasa—apalagi di masa pandemi bukan alasan lagi untuk malas bergerak. Kamu bisa tetap bergerak aktif meski hanya di rumah, seperti berjalan santai di sekitar rumah sambil menunggu waktu berbuka, melakukan Yoga sekaligus berjemur di pagi hari, beres-beres, berkebun, atau mengikuti instruksi home workout berdurasi singkat melalui YouTube dengan tetap menyesuaikan kondisi tubuh saat itu.

Itulah 6 tips sehat selama berpuasa Ramadan di masa pandemi covid-19. Karena adanya wabah virus corona ini, maka kesehatan jiwa dan raga adalah hal utama yang patut kita jaga agar dapat menjalankan ibadah puasa Ramadan dengan lancar dan khidmat. Meski sehat itu mahal, tetapi sakit lebih mahal lagi harganya. Selalu pelihara kesehatan dan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan 1442 H bagi yang menjalankannya, ya!

Share :

You might also like :

6 Cara Agar Tiktok Centang Biru
5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Biar Ke...

Comments :

Close