Tips Agar Tetap Aman Memakai WiFi Publik

Tips Agar Tetap Aman Memakai WiFi Publik

Seiring meningkatnya kebutuhan akan konektivitas internet, dewasa ini pasti kita sering menjumpai banyaknya hotspot WiFi yang terbuka secara gratis sebagai salah satu bentuk fasilitas umum. Selain bisa diakses gratis, menggunakan WiFi publik juga membuat penggunaan kuota data seluler jadi lebih hemat dan irit sehingga kita pasti enggan menyia-nyiakan kesempatan ini. Tapi jangan senang dulu begitu menemukan banyak hotspot WiFi di tempat umum! Nyatanya tidak semua jaringan tersebut bisa diakses secara sembarangan karena bisa menjadi “pintu masuk” bagi para hacker untuk meretas data pribadi perangkat-perangkat yang terhubung. Lalu apakah ada cara aman ketika harus menggunakan WiFi publik? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Hanya Pilih WiFi yang Terverifikasi

Sebelum menghubungkan perangkat ke sebuah koneksi WiFi, pastikan dulu jaringan tersebut memang benar-benar jelas dan terpercaya. Kalau kamu sedang berada di kafe atau restoran, kamu bisa menanyakannya secara langsung nama WiFi resmi yang tersedia di tempat tersebut ke para petugasnya. Jangan sampai kamu terhubung ke hotspot secara asal meski sinyal jaringannya nampak kuat dan kencang, ya.

Menggunakan VPN

Virtual Private Networks (VPN) merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah terjadinya peretasan data pribadi di perangkat digital. Selain menjamin kerahasiaan data privasi, menggunakan VPN juga bisa membuat kamu aman selama berselancar di dunia internet meski terhubung dengan hotspot WiFi publik sehingga tidak akan ada orang yang bisa “memata-matai” aktivitas kamu di jagat maya.

Hindari Mengakses Akun yang Membutuhkan Informasi Pribadi

Ketika harus terkoneksi dengan WiFi publik, jangan pernah sign in atau masuk ke akun-akun yang membutuhkan informasi pribadi seperti media sosial, online banking, e-mail pribadi, mau pun kartu kredit. Karena kamu tidak akan pernah tahu siapa saja yang mengontrol aktivitasmu melalui jaringan tersebut, maka tak menutup kemungkinan pembobolan dan pencurian data yang sangat merugikan akan segera terjadi.

Batasi Berbagi dan Membuka File atau Informasi Penting

WiFi publik memang sangat rentan terhadap kejahatan siber. Oleh karena itu, hindari pula membuka atau membagikan file-file berisi informasi penting melalui koneksi WiFi publik.

 

Itulah beberapa tips agar tetap aman ketika menghubungkan perangkat dengan WiFi publik. Pastikan koneksi WiFi tersebut benar-benar terpercaya, ya! Kalau di rumah, kamu bisa menggunakan layanan home internet dan TV kabel berkualitas HD dari First Media. Selain menawarkan jaringan data yang kuat dan berkecepatan tinggi, layanan internet dari First Media juga tidak memberlakukan pembatasan Fair Usage Policy (FUP), sehingga kamu bisa menikmati bebas akses internet sepuasnya tanpa batasan kuota.Tunggu apa lagi? Klik di sini untuk berlangganan, dan segera dapatkan semua keuntungannya.

Share :

You might also like :

5 Fitur LinkedIn yang Berguna untuk Membangun Brand Bisnis
5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Biar Ke...

Comments :

Close