Bisnis Digital Semakin Menjamur, Daerah Terpencil Bukan Lagi Persoalan

Di era digital, internet sudah menjadi sahabat bagi tiap individu, dan para pelaku bisnis. Bahkan telah dianggap menjadi kebutuhan dasar manusia. Terlebih, di masa pandemi yang mengharuskan semuanya serba online. Pemakaian internet menjadi andalan para pengusaha untuk komunikasi jarak jauh terutama bagi yang mengalami keterbatasan aktivitas perjalanan bisnis.

Bisnis Digital Semakin Menjamur, Daerah Terpencil Bukan Lagi Persoalan - Di era digital, internet sudah menjadi sahabat bagi tiap individu, dan para pelaku bisnis. Bahkan telah dianggap menjadi kebutuhan dasar manusia. Terlebih, di masa pandemi yang mengharuskan semuanya serba online. Pemakaian internet menjadi andalan para pengusaha untuk komunikasi jarak jauh terutama bagi yang mengalami keterbatasan aktivitas perjalanan bisnis. Ketergantungan terhadap akses internet juga erat kaitannya dengan tren bisnis digital yang semakin menjamur.

Perusahaan-perusahaan berbasis teknologi berkembang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Tak ketinggalan, banyak pula perusahaan yang melakukan transformasi digital agar dapat mengikuti perkembangan pasar. Ekspansi bisnis yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar dengan membuka cabang di pelosok-pelosok negeri juga terhitung tidak sedikit jumlahnya.

Tren bisnis digital terus merambah ke daerah-daerah terpencil di Indonesia, jumlah pelaku UMKM di area pelosok juga terus meningkat. Karena itu kebutuhan akan layanan internet yang merata semakin tinggi. Sayangnya, kondisi Indonesia sebagai negara kepulauan membuat pendistribusian internet ke daerah-daerah terpencil terkendala, sehingga akses internet di pelosok masih sangat terbatas. Hal ini menghambat pertumbuhan usaha yang hendak/sedang dijalankan. Padahal, kelancaran bisnis—terutama bisnis digital yang kini sedang tren—turut membantu pertumbuhan perekonomian negara ini.

Solusi yang tepat dari keterbatasan akses jaringan terrestrial adalah melalui pemanfaatan internet berbasis satelit teknologi Very Small Aperture Terminal (VSAT) yang juga memiliki kemudahan proses pemasangan dan perawatan. Meski hadir dengan segala kelebihannya, banyak pengusaha enggan menggunakan layanan VSAT karena dianggap sebagai teknologi berstandar premium berharga fantastis sedangkan kecepatan akses yang diberikan cenderung kecil.

Kekhawatiran akan mahalnya investasi internet satelit kini dapat terjawab melalui inovasi teknologi High Throughput Satellite (HTS). Teknologi VSAT-HTS mampu memberikan kecepatan akses internet satelit yang tinggi hingga 1Gbps. Dengan begitu biaya per bit menjadi lebih murah dan total investasi lebih terjangkau dibandingkan dengan VSAT regular. Hal ini dapat membantu para pelaku bisnis digital yang ingin berekspansi ke wilayah terpencil dan terluar atau rural dengan investasi yang masuk akal.

Link Net Menawarkan layanan Broadband VSAT HTS agar akses komunikasi bisa berjalan tanpa hambatan hingga ke area terpencil dan jangkauan bisnis lebih luas. Pilihan paket terlengkap telah disiapkan untuk menjawab ragam kebutuhan para pengusaha yaitu Unlimited, Kuota, dan Dedicated. Dengan begitu, komunikasi data antar perusahaan pusat dan cabang atau usaha bisnis digital di daerah terpencil bukan lagi menjadi persoalan.
 

Share :

You might also like :

Rekomendasi Film, Serial, dan Dokumenter yang Tayang November 2020 di Netflix
Adakah Dampak Positif Dalam Bermain Game Online?

Comments :

Close