2939eebb-5216-4c35-8a0e-8344eb480254

Cara Mengelola Keuangan demi Masa Depan yang Cerah!

Cara Mengelola Keuangan demi Masa Depan yang Cerah!

Uang merupakan hal yang sangat fundamental dalam kehidupan, maka dari itu kita harus tahu cara untuk mengelolanya dengan baik

Masa depan tidak ada yang tahu akan berjalan seperti apa, maka dari itu kamu harus mempersiapkan segalanya secara matang agar apapun yang terjadi kamu bisa tetap survive. Uang merupakan salah satu aspek yang harus sangat diperhatikan, apalagi kita akan memasuki tahun 2023 yang mana akan menjadi tantangan baru. Kemampuan mengelola uang dengan baik akan sangat bermanfaat saat kondisi yang tidak stabil berlangsung. Bagaimana cara mengelola keuangan yang baik? Berikut tipsnya.

Buat anggaran keuangan

Anggaran keuangan merupakan langkah awal paling tepat untuk mulai mengelola keuangan. Seberapapun pendapatan kamu, jika memiliki penganggaran keuangan yang jelas, kamu akan tahu mana yang harus kamu prioritaskan sehingga semua kebutuhan dapat terpenuhi. Mulai buat anggaran keuangan dari pengeluaran untuk kebutuhan pokok kamu dan keluarga. Prioritaskan kebutuhan daripada keinginan kamu.

Hindari dan lunasi hutang

Lunasilah seluruh hutang yang kamu miliki agar pendapatan yang kamu dapat tidak hanya kamu gunakan untuk bayar uang saja. Lunasilah hutangmu dengan bertahap dan jangan memaksakan, lalu setelah sudha berhasil lunas, maka kamu harus hindari hutang-hutang yang tidak perlu, apalagi untuk kebutuhan yang sifatnya konsumtif.

Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Keberadaan kartu kredit memang terkadang sangat membantu, namun jangan sampai kamu bergantung pada hal tersebut. Manfaatkanlah kartu kredit untuk mendapatkan diskon saat kamu berbelanja agar lebih hemat. Jangan gunakan kartu kredit untuk membeli hal-hal yang bersifat konsumtif

Jangan lupa menabung

Seberapa banyak pun pendapatan yang kamu miliki, kamu harus bisa menahan pengeluaran kamu dan menyisakannya untuk tabungan. Sisihkan kurang lebih 10-20% dari tabungan kamu perbulannya jika memungkinkan. Tabungan memang awal terasa berat, tapi hal ini akan sangat berguna kelak.

Sisihkan pendapatan untuk investasi

Zaman sekarang sangat banyak orang yang menyimpan uang mereka di instrumen-instrumen investasi. Sisihkan Penghasilan untuk Investasi. Alokasikanlah setidaknya 5% pendapatan kamu untuk berinvestasi karena dari sinilah kamu akan mendapatkan keuntungan dari uang yang sudah kamu investasikan suatu saat nanti.

Gimana? Tips-tips di atas boleh banget loh langsung kamu aplikasikan ke kehidupan kamu. Dari hal-hal diatas pastinya kamu harus mengurangi pengeluaran kamu di berbagai aspek termasuk internet yang mana sangat dibutuhkan di saat ini, kamu bisa menggunakan internet dengan lebih hemat dan berkualitas dengan  paket internet termurah cepat dan unlimited beneran tanpa batas! Agar tetap lancar main sosial media tanpa gangguan internet! Kamu juga bisa mendapatkan promo khusus kota daerahmu seperti internet provider Jakarta dan masih banyak promo lainnya!

Share :

You might also like :

Divisi 0, Para Penjaga Raja Roh di Anime Bleach!
Meriah Paket Baru First Media, Serbu Kue Gratis di...
. . .