Game Sederhana untuk Mengasah Kemampuan Berpikir

Yuk, mainkan beberapa game super seru yang bisa mengasah kemampuan berpikirmu!

Meskipun banyak orang beranggapan bahwa bermain game hanyalah aktivitas sia-sia dan tidak bermanfaat, kenyataannya banyak juga orang yang menghabiskan waktu luangnya dengan bermain game. Aktivitas ini pada dasarnya memang bisa menjadi positif maupun negatif, tergantung pada individu yang melakukannya. Karena sebenarnya, beberapa game yang ada dipasaran juga bisa bermanfaat untuk mengasah kemampuan berpikir seseorang.

Ya, game memang bisa memberi manfaat positif padamu. Asalkan kamu tidak memainkannya secara berlebihan hingga lupa waktu dan sebaiknya pilih jenis game yang tepat. Yaitu, bukan hanya game yang bertujuan untuk bersenang-senang saja, tetapi juga mengasah kemampuan berpikirmu, seperti:

Sudoku

Sudoku, game ini sangat tepat untuk kamu yang ingin melatih kemampuan konsentrasi dan logikamu. Dalam game ini kamu akan disediakan 9 buah kotak besar dan di setiap kotaknya terdapat 9 kotak kecil. Kamu wajib mengisi semua kotak kecil pada setiap kotak besar dengan angka 1 sampai 9. Artinya, dalam setiap kotak besar harus mengandung angka 1 hingga 9 dan tidak boleh ada yang sama. 

Lalu di mana sulitnya? Sebab, kamu juga tidak boleh mengisi angka yang sama secara vertikal maupun horizontal untuk kotak kecil yang segaris. Artinya kamu tidak bisa asal memasukkan angka di sana. Semakin mudah level yang kamu pilih, maka kamu akan mendapat bantuan di mana beberapa kotak kecil sudah terisi sebagai acuanmu.

Puzzle

Dari namanya saja sudah jelas kan permainan ini bisa untuk membantumu mengasah kemampuan berpikir. Puzzle game yang saat ada pada perangkat smartphone memiliki banyak jenis, dari mulai game untuk menyusun gambar, kata, dan sebagainya.

Kamu bisa pilih jenis permainan yang menurutmu paling sesuai dengan seleramu. Beberapa puzzle game yang bisa kamu pilih di antaranya tetris, water flow pipe, Onet, candy crush saga, dan sebagainya. 

Simulation

Sesuai dengan namanya, game ini akan memberikanmu simulasi akan suatu kondisi di mana kamu akan berperan sebagai pengelola utamanya. Misalnya saat kamu memilih simulasi restoran, maka kamu yang akan bertindak sebagai pemilik dan bertanggung jawab mengatur agar tidak ada pelanggan yang kecewa. Pada setiap level kamu akan diberikan target agar bisa naik ke level selanjutnya.

Ada banyak sekali jenis game simulasi, salah satu yang terkenal adalah The Sims. Dalam game ini kamu akan menjadi pengendali orang yang ada di dalam permainan. Kamu yang akan menyuruh mereka tidur, makan, mandi, bekerja, dan sebagainya. Ketika kamu tidak memberikan perintah yang tepat, maka level kebahagiaannya akan menurun dan karakter tersebut akan menunjukkan rasa protesnya. Dalam permainan simulasi, kamu harus pintar dalam mengelola waktu agar semua berjalan lancar.

Untuk beberapa game di atas, mungkin ada yang akan membutuhkan koneksi internet kuat agar permainan dapat berjalan lancar. Jadi jangan lupa untuk menggunakan koneksi First Media setiap kali memainkannya di rumahmu. Supaya kamu bisa bermain dengan lancar tanpa adanya hambatan terkait koneksi.

Share :

You might also like :

Drama China dari 4 Aktor Terpopuler yang Akan Tayang di 2022
Cara Masuk FYP di Tiktok Dengan Mudah Terbaru 2022

Comments :

Close