Kelebihan dan Kekurangan TV Digital yang Harus Kamu Ketahui!

Banyak yang sudah mulai berpindah dari tv analog ke tv digital, apa aja sih kelebihan dan kekurangannya?

Siaran tv digital nampaknya akan segera menjadi primadona yang akan menggantikan peranan dari tv analog yang sudah mengudara selama kurang lebih 60 tahun. Bagaimana tidak, Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) serta para pemangku kepentingan sudah selalu mensosialisasikan agar segera berpindah dari tv analog ke tv digital. Dan sudah dipastikan pula pada tanggal 2 November 2022 oleh Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti bahwa pada tanggal tersebut siaran tv analog akan berakhir. Kira-kira berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari tv digital agar menambah pengetahuanmu tentang tv digital.

Kelebihan Tv Digital

  • Tv digital memiliki kualitas gambar yang lebih baik sehingga lebih nyaman untuk ditonton. Tidak ada tampilan buram semut seperti yang ada di tv analog.

  • Suara yang dihasilkan dari tv digital lebih jernih daripada yang dihasilkan tv analog, karena tv digital dapat meminimalisir noise dengan lebih baik.

  • Tv digital dapat menerima siaran tv bahkan dalam keadaan bergerak, berbeda dengan tv analog yang jika digerakkan maka akan membuat gambar tidak stabil.

  • Kamu bisa menikmati tayangan yang lebih beragam di tv digital karena tv digital dapat menangkap dan menampung channel lebih banyak daripada yang bisa dilakukan oleh tv analog. Hal ini dapat memungkinkan karena penggunaan bandwidth pada tv digital lebih kecil dibanding tv analog.

Kekurangan Tv Digital

  • Bagi beberapa orang yang masih awam tentang teknologi digital mungkin akan kesulitan dalam proses instalasi STB.

  • Sinyal dan internet sangat memegang peranan penting, jika tidak mendapat sinyal maka gambar yang muncul hanya gambar pemandangan (tergantung STB yang digunakan).

  • Jangkauan siaran setiap daerah akan mengalami perbedaan dalam jumlah channel yang bisa ditonton, karena tidak semua stasiun tv menyiarkan siaran digital.

  • Perpindahan dari satu channel ke channel lainnya memerlukan waktu yang lebih lama dari yang dibutuhkan tv analog.

  • Harga alat siaran digital (Set Top Box) lebih mahal daripada alat siaran analog, berkisar antara 200-500rb.

Gimana? Sudah semakin mantap kan buat pindah dari siaran tv analog ke tv digital! Kamu bisa mulai perpindahan tersebut dengan menggunakan paket TV kabel dari First Media. Kamu hanya perlu memilih layanan yang cocok untukmu dan First Media akan mengaturnya, tidak masalah apakah kamu menggunakan TV Digital atau Analog. Kamu juga sekaligus bisa menikmati paket internet termurah untuk rumahmu dan berbagai macam promo lainnya di kota mu seperti promo wifi terbaik di Bali.

Share :

You might also like :

Instagram Bisa Jadwalkan Postingan Tanpa Aplikasi!
Cara Cepat Tidur Nyenyak yang Bisa Kamu Coba!
Close