Mengenal Tipe Internet yang Kamu Butuhkan

Cari tahu tipe internet dan berapa bandwidth yang kamu butuhkan untuk akses internet!

Sejak pemerintah menerapkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar di Jakarta maupun di kota-kota lainnya, penggunaan internet semakin meningkat. Masyarakat mulai melihat kepentingan adanya memiliki akses internet tanpa batas kuota di rumah masing-masing yang mendukung work from home maupun pembelajaran jarak jauh.

 

Kebutuhan bandwidth yang dibutuhkan pun beragam sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Biasanya ada 2 faktor utama yang perlu kamu pertimbangkan untuk menentukan berapa bandwidth dan jenis internet yang kamu butuhkan, yaitu:

  • Jumlah device dan orang yang akan menggunakan internet yang sama. Semakin banyak perangkat maka semakin besar bandwidth yang dibutuhkan

  • Aktivitas penggunaan internet. Apakah kamu menggunakan internet untuk melakukan video conference, streaming Youtube, Viu dan Netflix? Ataukah untuk keperluan game, download dan upload video? Mungkin, internet yang kamu gunakan juga berguna untuk bisnis kamu. Setiap kebutuhan ini memerlukan bandwidth dan jenis internet yang berbeda-beda.

 

Akses Media Sosial, Shopping, dan Streaming

Jika kamu termasuk tipe pengguna yang aktif di media sosial maupun sering streaming musik, video atau film, kamu pasti akan menghabiskan banyak kuota. Misalnya saja, besaran kuota yang dibutuhkan untuk akses streaming Netflix:

  • Kualitas 480P menghabiskan 300 MB per jam

  • Kualitas 720P menghabiskan 700 MB per jam

  • Kualitas 1080P menghabiskan 3 GB per jam

  • Kualitas 1440P menghabiskan 4.2 GB per jam

  • Kualitas 4K menghabiskan 7 GB per jam

 

Sedangkan untuk streaming Youtube:

  • Kualitas 480P menghabiskan 264 MB per jam

  • Kualitas 720P menghabiskan 870 MB per jam

  • Kualitas 1080P (Full HD) menghabiskan 1.65 GB per jam.

 

Tentu saja hal ini akan mengganggumu yang menggunakan internet dengan kuota based ataupun akses internet dengan batasan FUP. Layanan internet First Media tidak memberlakukan pembatasan dalam Fair Usage Policy (FUP), dimana semua akses internet adalah tanpa batas kuota atau unlimited. Paket yang ditawarkan oleh First Media adalah internet tanpa batas kuota dan juga TV Channels berkualitas HD, sehingga cocok bagi kamu yang suka streaming, akses media sosial, shopping maupun menikmati hiburan channel-channel TV berkualitas HD bersama anggota keluarga.

 

Online Game

Jika kamu penggemar online game atau permainan daring, pastinya kamu membutuhkan internet dengan kualitas terbaik dan stabil. Selain itu, dibutuhkan juga internet dengan layanan tanpa batas kuota. Misalnya untuk bermain game-game seperti Counter Strike atau Battlefield online dengan kualitas grafik dan suara yang bagus, kamu membutuhkan 7GB untuk game dengan streaming video 4K selama 1 jam, dan 125MB untuk audio HQ selama 1 jam.

Sedangkan untuk bermain online game lainnya, kamu hanya membutuhkan 10 MB sampai 250 MB saja per jam.

 

Internet untuk bekerja dan Belajar

Untuk penggunaan internet dengan kebutuhan bekerja dan belajar dari rumah, sangat disarankan menggunakan internet broadband terbaik dan tanpa batas kuota. Pasalnya, jika kamu melakukan video conference via aplikasi Zoom, kamu bisa menghabiskan kuota 1.35 GB per jam untuk resolusi 720P. Selain itu pastikan juga kecepatan yang dibutuhkan seimbang dengan kapasitas jumlah perangkat yang digunakan.

 

Internet untuk bisnis

Bagi kamu para pelaku usaha, internet broadband tidaklah cukup. Di era yang serba cepat ini, internet merupakan sebuah investasi yang mendukung operasional bisnis agar berjalan lancar. Walaupun bisnis kamu berskala kecil, namun dengan layanan Dedicated Internet yang stabil dan maksimal, bisnis kamu dapat berjalan lancar. Dedicated Internet sangat ideal untuk menjalankan aplikasi berbasis internet, web-conference dan VoIP dan kecepatan upload download yang simetris sehingga transfer data besar tetap lancar. Dedicated Internet memiliki bandwidth yang didedikasikan untuk pengguna, dimana koneksi dan performance yang disajikan dapat digunakan oleh setiap pengguna secara penuh. Atau dengan kata lain, jika terjadi “lalu-lintas” internet yang “berat”, kamu tidak perlu khawatir karena tidak akan terjadi perlambatan kecepatan dan performance. Dedicated Internet ini sangat direkomendasikan bagi kamu para pelaku bisnis yang membutuhkan koneksi internet yang stabil.

Bagaimana? Apakah kamu sudah bisa mengenali dan menganalisa kebutuhan internet yang kamu butuhkan? Pastikan kamu memilih internet sesuai kebutuhan. First Media menyediakan layanan Internet Broadband dengan keunggulan internetan tanpa batas kuota dan channel TV berkualitas HD dan juga Dedicated Internet yang handal, aman dan cepat.

Share :

You might also like :

Kelebihan dan Akses Gratis Youtube Premium
Tetap Langsing, Ini 5 Channel Youtube untuk Olahra...

Comments :

$('#comment-form').hide(); $('#success-comment').show(); }}); }); }); --}}
Close