352b8abe-2817-4a14-9a60-b719ced05d17

Pantang Makan Bubur Saat Imlek! Ini Alasannya!

Pantang Makan Bubur Saat Imlek! Ini Alasannya!

Pada saat perayaan tahun baru Imlek, masyarakat Tionghoa pantang makan bubur! Ini alasannya!

Di tanggal 22 Januari 2023 mendatang, masyarakat Tionghoa akan merayakan tahun baru Imlek. Tentunya, momen ini sangat dinantikan oleh masyarakat Tionghoa, karena mereka bisa segera kumpul dengan keluarga. 

Ada beberapa tradisi yang biasanya dilakukan masyarakat Tionghoa saat perayaan Imlek, seperti bagi-bagi angpao, membersihkan rumah sehari sebelum hari Imlek, tradisi Yu Sheng, maupun barongsai. Selain itu, yang tidak boleh dilewatkan saat perayaan Imlek yaitu makan makanan khas Imlek seperti kue keranjang dan jeruk. Bukan hanya itu, dalam tradisi masyarakat tionghoa, mereka harus menyajikan minimal 12 jenis makanan yang melambangkan 12 macam shio. Masing-masing makanan memiliki maknanya sendiri.

Selain makanan wajib, dalam perayaan Imlek ada juga makanan yang pantang disantap saat Imlek, yaitu Bubur. Bubur menjadi makanan yang dihindari saat Imlek. Tentunya larangan ini disertai dengan alasannya. Pada masa lalu, bubur dianggap sebagai makanan untuk orang miskin. Makanan yang dimasak dengan sedikit beras dan banyak air ini dianggap akan memberikan aura negatif atau nasib buruk. Oleh karena itu, pada perayaan Imlek, masyarakat Tionghoa dilarang makan bubur yang dipercaya sebagai simbol kemiskinan.

Kalau First People, adakah makanan khusus yang paling kamu nanti-nantikan saat perayaan Imlek? 

Baca juga: Tradisi Imlek di Indonesia! Angpao hingga Kumpul Keluarga!

Rayakan hari bahagia bersama keluarga di rumah dengan menikmati berbagai tontonan film, drama dan variety show kesukaanmu. First Media memberikan diskon hingga 25% untuk paket tayangan favoritmu. Nikmati Paket Best Entertainment HD, Best Sports HD dan Box Office HD hanya mulai dari Rp. 42.000-an dan bonus voucher Alfamart senilai Rp. 25.000 tanpa diundi. Cek info selengkapnya di sini. Belum berlangganan First Media? Ada diskon dan cashback untuk kamu di sini!

Share :

You might also like :

Tradisi Imlek di Indonesia! Angpao hingga Kumpul Keluarga
Meriah Paket Baru First Media, Serbu Kue Gratis di...
. . .