Teknik Dasar Bulu Tangkis, Lengkap dan Mudah!

Ingin jadi pemain hebat dengan mempelajari teknik dasar olahraga bulu tangkis? Coba teknik di bawah ini dengan penjelasan yang lengkap dan mudah

Bulu tangkis atau dikenal dengan nama badminton merupakan salah satu olahraga yang populer di Indonesia. Banyak pemain hebat seperti Susi Susanti, Taufik Hidayat, dan lainnya yang menjadi atlet legendaris asal Indonesia. Sekarang pun banyak bermunculan atlet Indonesia yang muda dan berbakat. Olahraga ini pun terbilang mudah dan ramah bagi pemula. Sehingga siapapun bisa belajar bermain bulu tangkis tanpa pembinaan. Kamu bisa belajar sendiri dengan mengikuti beberapa teknik dasar seperti dibawah ini. 

1. Teknik Memegang Raket

Sebelum memulai permainan bulu tangkis, kamu harus paham dulu cara memegang raket yang benar. Karena jika salah, pukulan mu menjadi tidak tepat sasaran dan bisa berakibat sampai cedera tangan. Sehingga penting diketahui cara untuk memegang raket. 

  • Backhand Grip

Teknik ini dilakukan dengan cara mendorong ibu jari ke depan saat memainkan pukulan backhand. 

  • Forehand Grip 

Teknik ini dilakukan dengan cara mendorong jari telunjuk ke depan sambil memainkan pukulan forehand. 

  • Combination Grip

Teknik ini merupakan kombinasi dari memegang raket dengan perpaduan backhand grip dan forehand grip. Cara memegang raketnya adalah dengan posisi miring dengan meletakkan jari telunjuk di bagian depan searah ujung raket dan ibu jari memegang raket sisi belakang. Perpindahan teknik dari forehand ke backhand harus dilakukan secara cepat agar bisa mengantisipasi lawan. 

2. Teknik Servis (Serve) 

Servis merupakan teknik dasar yang jangan dilupakan untuk dipelajari yang menandakan bahwa permainan telah berlangsung. Ada dua jenis servis bisa kamu lakukan, yaitu servis atas dan servis bawah. Seperti dibawah ini: 

  • Servis forehand rendah

Dilakukan dengan salah satu kaki ada di depan (bisa kanan atau kiri) lalu kaki yang di depan merupakan sisi berlawanan dari tangan memegang raket. Contohnya tangan kanan memegang raket, sedangkan kaki kiri berada di depan. Posisi badan saat melakukan servis forehand rendah ini adalah sedikit menyamping

  • Servis Atas (High Serve) 

Servis atas dilakukan hampir sama dengan servis forehand bawah, bedanya Bedanya, kamu harus mengeluarkan tenaga yang lebih besar saat memukul bola kok dengan teknik servis forehand tinggi agar bisa melambung tinggi. 

3. Teknik Pukulan Bulu Tangkis

  • Pukulan Drop Shot

Pukulan ini adalah pukulan menukik ke depan lawan atau daerah tengah yang bisa dilakukan untuk membuat lawan bergerak menangkis bola dari bawah. 

  • Pukulan Lob

Pukulan lob ini adalah teknik pukulan bulu tangkis dengan memukul kok ke area belakang lawan dan biasanya digunakan untuk mengurangi kecepatan tempo permainan ketika kita sedang tertekan dalam permainan bulu tangkis. 

  • Teknik Netting

Pukulan netting ini merupakan teknik dengan memukul bola jangan terlalu kencang atau lambat dan membutuhkan intuisi dan kegesitan. Kamu perlu menargetkan area yang jauh dari lawan agar ia bisa kesulitan dalam mengembalikan serangan

  • Teknik Drive

Teknik pukulan ini adalah dengan memukul bola secara cepat dan datar. Saat memukul kamu bisa memposisikan tangan sedikit lebar dan posisi tangkai pegangan raket sedikit miring dan arahkan ke daerah yang tidak terjangkau oleh lawan.

  • Teknik Smash

Pukulan smash butuh tenaga yang sangat besar untuk mematikan pertahanan lawan. Selain membutuhkan tenaga yang besar, kamu juga harus memukul secara cepat. Pukulan ini diarahkan ke bawah, bisa sambil melompat. Kamu harus memiliki kemampuan yang bisa menghasilkan smash keras dengan latihan secara rutin, karena unsur fisik, mental dan skill kamu sangat dibutuhkan saat mencoba pukulan smash. 

Gimana teknik dalam olahraga bulu tangkis diatas? Jangan hanya teori, kamu juga perlu latihan secara intensif sambil melihat contoh dari pemain profesional di seluruh dunia dan langsung mempraktikkannya. Kamu bisa menonton pertandingan pemain profesional di SPOTV dan bisa dapat promo internet cepat yang kualitasnya sudah terbukti beneran tanpa batas untuk streaming pertandingan bulu tangkis di Youtube! Serta kamu juga bisa dapat promo khusus kotamu seperti pasang wifi murah Jakarta dan masih banyak promo di kota lainnya!

Share :

You might also like :

Teknik Dasar Dalam Permainan Sepak Bola dan Penjelasan
Konser Seventeen “Be The Sun” Jakarta
Close