Tingkatkan Bisnis Anda Dengan 7 Tools Digital Marketing Ini

Berikut tools-tools dan infrastruktur yang harus Anda kuasai agar bisnis dapat bersaing dan melangkah lebih cepat.

Ketika hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat pindah ke platform digital, mau tidak mau kalangan pebisnis perlu mengoptimalkan peran digital kedalam hampir seluruh proses usaha. Pebisnis, mulai dari skala UKM hingga konglomerasi global, beramai-ramai memperkuat Digital Marketing.

Anda harus terus mengupgrade pengetahuan digital marketing agar mampu bersaing dan melesat dalam dunia bisnis online. Anda harus mulai mengetahui cara menarik pelanggan ke halaman marketplace, membangun kampanye iklan Facebook, hingga mengoptimalkan analisis bisnis melalui data yang terkoneksi.

Tak ketinggalan, Anda juga membutuhkan konektivitas yang andal dan stabil agar seluruh proses berjalan dengan lancar. Untuk segera membantu digital marketing Anda, berikut ini tools-tools yang harus Anda kuasai.

1. Marketing Platform

Yang pertama harus Anda kuasai adalah marketing platform. Marketing platform mengacu pada pemasaran yang memanfaatkan media online dan internet yang umum berpusat pada mesin pencarian, media sosial, aplikasi, email, dan situs web. Marketing platform sangat berguna melihat tingginya pengguna internet saat ini. Melalui marketing platform Anda dapat menjangkau pelanggan dari jarak yang telah ditentukan. Adapun marketing platform yang perlu Anda kuasai seperti Google Ads, Facebook Ads dan Instagram Ads.

2. Website Analytic

Setelah menjangkau banyak pelanggan, tidak afdol jika Anda tidak mengetahui apa aktivitas dan keinginan mereka saat mengunjungi website Anda. Pada tahun 2021, data digadang akan menjadi panduan para pebisnis. 

Website Analytic menjadi bagian yang tepat untuk Anda mengukur, menganalisis, dan mengelola kinerja strategi marketing untuk mengukur kesuksesan dan mengoptimalkan return of investment (ROI). Memiliki pengetahuan dasar tentang website analytic seperti Google Analytics, Adobe Analytics, memungkinkan Anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan.

3. Social Media Management

Meningkatkan brand awareness itu penting, namun Anda tidak bisa standby 24/7 untuk online dan mengupdate konten bukan? Disini social media management digunakan untuk menjadikan akun media sosial Anda tetap pada jalurnya. Konten-konten yang sudah dibuat  akan otomatis terupdate sesuai dengan apa yang Anda perintahkan jika Anda menguasai tools-tools social media management seperti Hootsuite, Sprout Social, dan Buffer.

4. SEO Tools

Pengetahuan SEO memberikan kekuatan untuk semua keterampilan digital marketing yang Anda pelajari. SEO adalah singkatan dari “search engine optimization” atau pengoptimalan mesin telusur. Aktivitas SEO tidak hanya handal dalam mengetahui tren media online, namun juga dapat mengetahui apa yang diinginkan pada konten. 

Pada 2021, pemasar akan fokus menciptakan pengalaman pengguna atau user experience (UX). Ini waktunya Anda memperdalam pengetahuan SEO dengan mempelajari melalui beberapa tools seperti SEMrush, Ahrefs,  Ubersuggest, MOZ untuk bisnis Anda.

5. Email Marketing

Pemasaran email atau email marketing adalah salah satu platform pemasaran digital online paling sukses. Mengirimi mereka pesan atau penawaran yang disesuaikan berdasarkan riwayat belanja atau keterlibatan merek membuat Anda lebih dekat dengan pelanggan. 

Data menyebutkan hampir 60% konsumen mengatakan bahwa email berperan dalam keputusan pembelian mereka. Tools seperti Mailchimp, bisa membantu Anda mengelola Email Marketing Anda.

6. Chatbots

Walau pembeli adalah ratu, namun Anda tidak bisa terus standby membalas chat mereka bukan? Menggunakan teknologi AI, Chatbots bekerja membantu Anda dalam memberikan layanan 24 jam kepada pelanggan, melalui jawaban instan. 

Selain jawaban instan, AI juga mendukung chatbots yang dapat mengumpulkan data tambahan untuk mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan, menawarkan rekomendasi, dan menciptakan pengalaman unik yang disesuaikan untuk pelanggan. Tools Chatbots yang bisa Anda pelajari seperti Manychat, dan Tawkto.

7.  Creative Online Tools

Konten adalah cara yang hebat untuk menyebarkan merek dan menarik minat calon pelanggan. Semakin banyak konten produk mu hadir di timeline pengguna media sosial, semakin dikenal juga bisnis yang Anda pasarkan. 

Dengan mempelajari creative tools seperti Adobe Illustrator, Photoshop atau Canva, Anda bisa bebas membuat konten sebanyak-banyaknya. Mempelajari tools pembuat konten juga harus dipersiapkan untuk menciptakan konten-konten yang siap untuk memboomingkan produk Anda.

Itulah tujuh tools yang wajib Anda miliki untuk memperkuat digital marketing di 2021. Semuanya dapat Anda pelajari dengan mudah karena semua tools dilengkapi dengan panduan dan pelatihan pendukung lainnya.  

Apalagi yang perlu Anda siapkan?

Koneksi Internet

Seluruh tools-tools tadi berbasis Web, hanya bisa digunakan selama ada Internet. Konsekuensinya, Anda membutuhkan koneksi yang bisa diandalkan. Selain cepat dan terjamin keamanannya, koneksi Internet Anda harus memiliki dukungan teknis yang responsif. 

Saat ini sangat mudah untuk mendapatkan koneksi Internet. Hampir semua perkantoran dan perumahan terjangkau Internet. Namun tahukah Anda jika koneksi Internet pada umumnya itu digunakan secara bersama-sama dengan banyak pengguna lain?

Dedicated Internet 

Saatnya beralih ke Dedicated Internet. Disini, koneksi Internet dari ISP disediakan khusus (dedicated) untuk Anda dan langsung terkoneksi ke jaringan kantor. Jadi tidak lagi berbagi dengan para pengguna yang lain. 

Layanan Dedicated Internet First Media memungkinkan bisnis yang haus data memiliki koneksi internet yang andal dan berkualitas tinggi dengan jaminan kecepatan dan ketahanan koneksi. Selain koneksi bisa diandalkan, First Media Business juga menyediakan dukungan yang responsif bagi pengguna. 

Dedicated Internet memberikan Ratio 1:1 sehingga bandwidth yang diterima sesuai dengan penawaran saat berlangganan. Jadi jika sewaktu-waktu ada laju internet terberat sekalipun, Anda tidak perlu khawatir koneksi Anda terganggu. Dedicated Internet First Media hadir dengan fasilitas  Symmetric Bandwidth, Network Security, dan Flexibility yang tinggi untuk laju bisnis Anda.

Persiapkan bisnis Anda dengan dukungan internet yang Andal dan digital marketing tools untuk akselerasi yang lebih menguntungkan. 

Share :

You might also like :

Rekomendasi Aplikasi Chatting Terbaik Sebagai Alternatif WhatsApp
5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Biar Ke...

Comments :

Close