Tips Interview Kerja Untuk Para Fresh Graduate Dimasa Pandemi

Tips sukses wawancara kerja online buat kamu para fresh graduate di masa pandemi ini!

Pandemi membuat banyak perubahan dalam kehidupan kita. Banyak aktivitas yang dilakukan secara online saat pandemi sekarang, salah satunya proses rekrutmen kerja. Mulai dari proses seleksi dokumen lamaran hingga proses wawancara kerja, semua berlangsung secara online. Biasanya proses wawancara kerja dilaksanakan melalui aplikasi Google Meet, Zoom, Microsoft Teams atau apilkasi video conference lainnya.

Untuk bisa tampil maksimal ketika wawancara kerja, simak beberapa tips dibawah ini agar kamu bisa memukau pewawancara!

 

1. Tanyakan detil mekanisme wawancara kerja online

Kamu wajib menanyakan tentang detil mekanisme wawancara yang akan berlangsung kepada HRD (Human Resource Department) supaya kamu bisa mempersiapkan hal-hal teknis yang akan membantu kamu selama proses wawanjara kerja online. Kamu bisa tanyakan hal-hal dibawah ini:
- Berapa lama sesi wawancara akan dilakukan?
Pastikan aplikasi apa yang akan digunakan. Apakah Zoom, Google Meet, atau aplikasi lainnya? Lalu pastikan juga kamu sudah install aplikasi tersebut sebelum jadwal wawancara berlangsung.
Berapa banyak User / HRD yang akan menjadi pewawancara?

2. Pilih tempat yang nyaman dengan background dan pencahayaan yang baik

Perhatikan pemilihan tempat, latar belakang dan pencayahaan yang baik saat berlangsungnya wawancara online. Kamu bisa lakukan di tempat yang tidak ramai, seperti di kamar atau di ruangan yang tidak berisik. Pastikan juga latar belakang yang kamu pilih tidak berantakan, atau lebih baik menggunakan latar belakang yang polos sehingga terlihat lebih rapih dan professional. Cek juga pencahayaan di ruangan yang kamu pilih, pastikan wajah kamu bisa terlihat jelas dan suara kamu juga bisa terdengar oleh perekrut.

3. Gunakan pakaian yang formal / sopan

Saat menjalani wawancara online kamu tetap perlu memperhatikan penampilan. Gunakan pakaian formal seperti mengenakan jas, kemeja atau pakaian formal lainnya. Gunakan make up untuk wanita agar wajah tampak segar, dan untuk pria perhatikan kerapihan rambut.

4. Perhatikan Bahasa Tubuh

Bahasa tubuh juga akan sangat terlihat jelas ketika kamu sedang wawancara baik online maupun offline. Penting bagi kamu untuk memperlihatkan wajah yang ramah, dan tidak terlihat gugup.

5. Pelajari Profil Perusahaan

Pelajari juga tentang profil perusahaan yang kamu lamar. Kamu bisa mencari informasi perusahaan tersebut melalui website resmi perusahaan. Kamu perlu tahu terkait visi misi perusahaan tersebut, bidang bisnis yang mereka kerjakan, hingga ulasan para karyawan melalui portal lowongan kerja online.

6. Pahami Posisi yang Dilamar

Pahami terkait jobdesc yang akan kamu terima untuk posisi yang kamu lamar. Kamu bisa mencari tahu informasi tersebut melalui search engine seperti Google hingga sosial media LinkedIn.

7. Menatap Kamera Saat Wawancara

Menatap kamera saat kamu melakukan sesi wawancara online sama halnya dengan menatap mata perekrut saat kamu sedang wawancara offline. Sikap ini akan terlihat lebih professional dari sisi prekerut. Tapi tidak ada salahnya juga jika sesekali kamu mau melihat diri sendiri untuk mengoreksi posisi.

8. Siapkan Pertanyaan untuk Perekrut

Hal penting lainnya yang perlu kamu persiapkan yaitu pertanyaan untuk HRD. Diakhir sesi wawancara, biasanya HRD akan memberikan kamu kesempatan bertanya, maka jangan sia-siakan momen ini ya! Kamu bisa ajukan pertanyaan tentang kultur di perusahaan tersebut atau pertanyaan-pertanyaan lain yang relevan dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar.

9. Jaringan Internet Lancar

Dari semua tips yang sudah kamu persiapkan, ada satu hal yang sangat krusial untuk diperhatikan saat wawancara kerja online, yaitu kelancaran jaringan internet yang kamu miliki. Jangan sampai ditengah-tengah sesi wawancara online, internet kamu terputus sehingga mengganggu konsentrasi dan kelancaran proses wawancara online kamu. Hal tersebut juga bisa mengurangi nilai kamu dihadapan perekrut loh! Karena kamu dianggap tidak mempersiapkan diri dengan baik.

Untuk mendukung jaringan internet yang lancar saat kamu wawancara kerja online, First Media memberikan Paket Internet yang #BeneranTanpaBatas dan Ratusan TV Channel berkualitas HD hingga 4K hanya untuk kamu dan keluarga. Berlangganan sekarang juga dan nikmati beragam promo menarik lainnya! Klik di sini untuk cek promonya!

Share :

You might also like :

Pasar SAKTI, Mendapatkan keSAKTIan di Tengah Ketidakpastian
Cara Membangun Media Sosial Agar Lebih Menarik!

Comments :

Close