Tips Maksimalkan Produktivitas Selama Work From Home (WFH)

Ingin memaksimalkan produktivitas? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dicoba.

Meski saat ini pemerintah telah menerapkan masa PSBB Transisi guna penanganan COVID-19 sekaligus pemulihan ekonomi, beberapa perusahaan di sektor-sektor tertentu masih memberlakukan work from home (WFH) bagi semua karyawannya. Bagi sebagian orang, WFH tampak menyenangkan karena tak perlu repot datang ke kantor. Namun tak bisa dipungkiri bahwa semakin lama, bekerja di rumah semakin terasa menjenuhkan. Beberapa orang juga mulai merasakan kurangnya motivasi bekerja, sulit fokus, hingga jam kerja yang tidak teratur. Kalau sudah begini, tentu kita harus menciptakan suasana kondusif dan menyenangkan agar tetap produktif selama WFH. Ingin memaksimalkan produktivitas? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dicoba:

Pilih Area Kerja yang Nyaman

Kenyamanan dalam bekerja adalah kuncinya. Kamu bisa membuat ruang kerja terpisah yang bisa membangkitkan motivasi, misalnya mendekorasi ulang dengan memasang wallpaper, meletakkan tanaman hijau sebagai hiasan, menggunakan kursi empuk yang bisa memperbaiki postur tubuh, atau menambahkan pengharum ruangan agar selalu terasa segar. Selain itu, pastikan kamu tetap menjaga kebersihan ruang kerjadan perhatikan sumber pencahayaan. Jangan gunakan lampu yang redup karena mudah memicu rasa kantuk.

Kurangi Distraksi

Di samping distraksi-distraksi yang mungkin tidak bisa dikontrol, akan lebih baik kalau kita fokus terhadap distraksi yang bisa kita kendalikan. Seperti mengatur notifikasi ponsel untuk menghindari segala sesuatu yang tidak penting, atau membersihkan meja kerja dari barang-barang yang mengganggu. Kalau kamu suka bekerja sambil mendengarkan musik, pilih playlist yang bisa bikin relax dan meningkatkan semangat.

Buat To-do-List

Selama WFH, pekerjaan kita pasti bukan hanya urusan kantor saja. Banyak hal-hal lain yang harus kita lakukan, misalnya membersihkan rumah, menyiram tanaman, mengantar anak-anak ke sekolah, dan lain-lain. Oleh karena itu, buatlah daftar kegiatan (to-do-list) sehari-hari. Selain membuat aktivitas jadi lebih teratur, kita juga bisa selalu mengetahui skala prioritas.

Jangan Lupa untuk Take a Break

Memiliki jam kerja yang lebih panjang bukan berarti kita harus menyiksa diri tanpa istirahat. Ambil beberapa kali jeda istirahat di sela-sela kesibukan. Sering beristirahat dengan waktu yang pendek-pendek dinilai lebih efektif untuk me-refresh otak. Tetapi, kamu tetap perlu melakukan trial-error dalam mendapatkan waktu istirahat ternyaman untuk diri sendiri. Selain itu, jangan buang-buang waktu istirahatmu dengan scroll media sosial. Gunakan jam istirahat untuk hal-hal yang lebih bermanfaat, misalnya mengobrol dengan pasangan, mencuci barang yang belum sempat dibersihkan, atau bermain dengan hewan peliharaan.

 

Perhatikan Jadwal Tidur

Demi mengawali hari dengan penuh semangat dan motivasi, mulailah terapkan pola tidur yang baik. Perhatikan jadwal tidur agar tidak terlalu malam, sehingga kita bisa bangun lebih pagi.  Saat bangun lebih pagi, kita akan banyak menemui beragam manfaat untuk memaksimalkan produktivitas. Selain bisa berolahraga dan menyempatkan diri untuk sarapan, bangun lebih pagi juga membuat badan terasa segar bugar. Dengan begitu, kita juga jadi lebih berenergi selama seharian penuh.

 

Selain tips-tips di atas, kamu bisa mencari tips lainnya untuk improve produktivitasmu di internet. Gunakan koneksi internet handal dari First Media, dan nikmati lancarnya internetan tanpa khawatir kehabisan kuota. Menawarkan banyak pilihan paket berlangganan, dapatkan bonus upgrade speed selama 6 bulan hingga diskon 25% setahun penuh! Cek selengkapnya di sini.

Share :

You might also like :

Cara Download Video Facebook di Hp dan PC Tanpa Aplikasi, Mudah Banget!
First Media Gelar Cooking Class First Prioritas Cl...
Close