Tips Menabung di Umur 20-an yang Cocok untuk Kaum Milenial dan Gen Z

Semakin berkembangnya teknologi maka semakin mudah juga informasi yang bisa kita dapatkan. Khususnya bagi kaum Milenial maupun Gen Z yang akhir-akhir ini ramai membicarakan tentang financial planning mulai dari investasi saham, crypto, hingga bitcoin.

Masalah utama bagi kaum Milenial & Gen Z adalah kebiasaan konsumtif yang sangat tinggi sehingga merasa kesulitan untuk menabung. Namun tidak sedikit pula para Milenial & Gen Z yang sudah mulai sadar akan pentingnya financial planning sejak dini. Sebetulnya menabung tidak terlalu susah jika kita bisa disiplin mengatur pengeluaran dan pemasukan kita secara rinci. Maka dari itu, yuk belajar bareng gimana sih cara mengatur pengeluaran bulanan kita dengan baik!

Prioritaskan Kemana Uang Kamu Akan Dialokasikan

Berdasarkan piramida Financial Planning ada 4 tahapan yang perlu kamu ketahui untuk merancang keuangan yang baik.

  • Pertama, persiapkan dana darurat terlebih dahulu. Idealnya, dana darurat yang perlu kamu kumpulkan yaitu 6 x pengeluaran bulananmu. Jika pengeluaran bulananmu sebesar 3jt setiap bulannya, maka dana darurat yang perlu kamu persiapkan adalah sebesar 3jt x 6 bulan = 18jt.
  • Setelah dana darurat sudah kamu miliki, kamu bisa mulai untuk memiliki asuransi kesehatan & jiwa untuk proteksi diri.
  • Tahapan ketiga adalah, ketika dana darurat sudah aman dan kamu juga sudah terproteksi dengan asuransi, kamu bisa mulai alokasikan uangmu ke investasi. Bisa mulai dari reksadana, saham, deposito, logam mulia atau investasi lainnya. Pastikan pilih investasi yang benar-benar kamu kuasai dan bisa dijadikan investasi jangka panjang, sehingga investasi ini bisa menjadi passive income kamu setiap bulannya.
  • Tahapan terakhir yaitu tabungan untuk tujuan keuanganmu. Bisa kamu tujukan untuk tabungan hari tua, atau tabungan untuk membeli rumah/keinginan-keinginan lainnya.

Catat Semua Pengeluaran & Pemasukan

Nah, bagaimana sih cara mengatur keuangan hingga bisa menghasilkan dana darurat sampai bisa berinvestasi? Tips pertama yaitu catat semua pengeluaran harian, lalu akumulasikan hingga menjadi total pengeluaran bulanan. Dari catatan harian & bulanan itu, kamu bisa tau pengeluaran mana yang terbesar. Bisa jadi selama ini kamu terlalu boros jajan kopi setiap harinya yang ternyata lumayan menghabiskan pengeluaran bulananmu. Nah, dari situ kamu bisa mulai mengurangi kebiasaan jajan kopi dan menyisakannya untuk ditabung. Intinya, ketauhi dulu dimana letak pengeluaran terbesarmu. Setelah itu baru atur strategi baru untuk menekan pengeluaranmu yang dirasa kurang penting.

Punya Lebih Dari Satu ATM

Pastikan kamu punya lebih dari satu ATM. Kamu bisa pisahkan mana ATM untuk sehari-hari dan ATM yang kamu khususkan untuk menabung.

Kelola Uang dengan Prinsip 10-20-30-40

Maksud dari prinsip ini adalah, alokasikan uang mu dengan cara

  • 10% untuk kebaikan (berbagi ke sesama, donasi, atau untuk hiburan diri sendiri)
  • 20% untuk dana darurat, investasi & asuransi
  • 30% untuk cicilan produktif
  • 40% untuk kebutuhan hidup (uang kost, transportasi, dll)

Bedakan Keinginan & Kebutuhan

Belajar untuk mengendalikan keinginan, karena secara tidak langsung itu juga bisa membantu menghemat pengeluaran

Tambah Penghasilan

Jika semua cara sudah dicoba dan masih terasa tidak cukup, bisa jadi itu adalah tanda untuk kamu harus mencoba untuk meningkatkan penghasilan.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari jika kamu ingin belajar mengatur keuangan lebih baik lagi. Ingat, masa muda memang perlu dinikmati. Tapi, mempersiapkan hari tua agar bisa hidup lebih nyaman perlu dipersiapkan sejak dini juga. Karena lebih baik bersusah-susah ketika muda, namun ketika tua bisa hidup dengan tenang dan nyaman.

Belajar berbagai tips yang menarik dengan kehidupan dan juga pelajari banyak hal melalui internet! Pastikan kamu menggunakan jaringan First Media dimana kuota internet-nya #BeneranTanpaBatas dan juga menyediakan lebih dari 200 TV Channel pilihan berkualitas HD hingga 4K loh! Buat kamu yang tertarik berlangganan, kamu bisa cek cakupan jaringan First Media di area rumahmu dan cek info paket selengkapnya di sini.

Share :

You might also like :

Link Net Kembali Raih Penghargaan untuk Pengembangan dan Peningkatan Sumber Daya Manusia
Cara Masuk FYP di Tiktok Dengan Mudah Terbaru 2022

Comments :

Close