9a8e23b9-ec28-4aac-887a-c4e788c7c7e3

Tradisi Imlek di Indonesia! Angpao hingga Kumpul Keluarga

Tradisi Imlek di Indonesia! Angpao hingga Kumpul Keluarga

Perayaan tahun baru China juga memiliki beberapa tradisi yang biasanya dilakukan. Mulai dari bagi-bagi angpao, kumpul keluarga, dan berbagai makanan khas Imlek!

Tahun baru Imlek atau tahun baru China tahun ini jatuh pada tanggal 22 Januari 2023. Tentunya perayaan tahun baru ini menjadi salah satu perayaan yang dinanti-nantikan masyarakat Tionghoa.

Sama seperti perayaan lainnya, perayaan tahun baru China juga memiliki beberapa tradisi yang biasanya dilakukan. Mulai dari bagi-bagi angpao, kumpul keluarga, dan berbagai makanan khas Imlek yang wajib disediakan saat perayaan!

Berikut beberapa tradisi Imlek yang sering dilakukan oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia:

1. Semua Serba Merah

Perayaan Imlek identik dengan penggunaan warna merah. Warna merah dipercaya sebagai warna yang membawa keberuntungan atau hoki. Bukan hanya itu, warna merah juga melambangkan kekuatan dan kesejahteraan. Konon katanya, warna merah dipercaya dapat mengusir Nian atau sejenis makhluk buas yang hidup di dasar laut atau gunung yang keluar saat musim semi atau saat tahun baru Imlek. 

Oleh karena itu, Imlek menjadi identik dengan warna merah. Bukan hanya pernak-pernik dekorasi rumah, namun juga termasuk pakaian, hidangan, kue dan lain sebagainya.

2. Angpao

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan tradisi ini. Tradisi bagi-bagi angpao diberikan oleh mereka yang sudah berkeluarga kepada anak-anak atau para remaja yang belum menikah. 

3. Bersih-bersih Rumah

Tradisi bersih-bersih rumah biasanya dilakukan sehari menjelang Imlek. Hal ini dilakukan oleh masyarakat Tionghoa dengan kepercayaan akan membuang segala keburukan yang menghalangi datangnya keberuntungan. Namun, bersih-bersih rumah ini tidak boleh dilakukan pada saat Imlek loh, karena dianggap menyapu semua keberuntungan yang datang di tahun yang baru.

4. Makanan Khas Imlek

Sebuah perayaan tentunya tidak terlepas dari makanan. Pada saat perayaan Imlek, terdapat juga makanan wajib yang harus tersedia, yaitu kue keranjang dan Jeruk! Selain itu, masyarakat Tionghoa juga menyajikan minimal 12 jenis makanan yang melambangkan 12 macam shio dalam kepercayaan Tionghoa. Masing-masing makanan tersebut memiliki maknanya. Contohnya, mi panjang yang melambangkan panjang umur, kue lapis legit yang artinya rezeki yang berlapis-lapis, dan ayam utuh yang melambangkan kemakmuran keluarga.

5. Pantang Makan Bubur

Selain makanan wajib, dalam perayaan Imlek ada juga makanan yang pantang disantap saat Imlek, yaitu Bubur. Bubur dianggap sebagai simbol kemiskinan.

6. Tidak Boleh Membalik Ikan

Salah satu tradisi Imlek yang terdengar unik yaitu dilarang mengambil daging ikan pada bagian bawah. Bukan hanya itu, ikan yang disantap pun harus disisakan untuk keesokan harinya, sebagai lambang dari nilai surplus untuk tahun yang akan datang.

7. Tradisi Yu Sheng

Makan Yu Sheng menjadi salah satu tradisi bagi masyarakat Tionghoa untuk menyambut tahun baru Imlek. Menu ini wajib disantap dengan rasa syukur atas rezeki yang telah diberikan. Yu Sheng sendiri terdiri dari irisan ikan salmon, wortel, atau salad lainnya dan dilengkapi dengan saus wijen, buah plum, dan sebagainya. Makanan ini lalu diaduk bersama anggota keluarga menggunakan sumpit setinggi-tingginya sambil mengucapkan “Lao Qi” atau “Lao Hei”. Kemudian makanan ini bisa disantap oleh seluruh anggota keluarga.

8. Kumpul Keluarga

Seperti perayaan-perayaan lainnya di Indonesia, Imlek juga menjadi momen kumpul keluarga bagi masyarakat Tionghoa. Biasanya banyak masyarakat Tionghoa yang mudik dan menikmati perayaan tahun baru bersama keluarga mereka. Hal yang tidak boleh dilewatkan adalah makan malam bersama di malam Imlek, dan dilanjutkan dengan sembahyang di klenteng.

Itulah beberapa tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Tionghoa pada saat perayaan Imlek. Rayakan hari bahagia kamu dengan keluarga lewat berbagai kegiatan menarik. Mulai dari makan bersama, movie night bersama keluarga, ataupun menghabiskan waktu dengan bercerita sambil mendengarkan musik jazz. Nikmati berbagai macam tontonan menarik bagi kamu dan keluarga melalui tayangan HD hingga 4K melalui lebih dari 200 TV Channel dan jaringan internet yang lebih kencang! First Media menyediakan layanan unlimited internet dan TV kabel dan juga berbagai macam tayangan melalui platform OTT kesukaan kamu. 

Juaranya internet kencang untuk kamu dan keluarga agar makin bebas menikmati berbagai tayangan hiburan, streaming, meeting dan gaming! Harga mulai dari 200 ribu-an dengan kecepatan hingga 500 Mbps! Cek harga wifi rumahan dari First Media di sini!

Share :

You might also like :

Cara Download Video Twitter Tanpa Aplikasi dengan Mudah
Meriah Paket Baru First Media, Serbu Kue Gratis di...
. . .