Tren dan Solusi Bisnis Coworking Space

Meskipun banyak orang senang bekerja dari rumah, banyak karyawan yang lebih menikmati lokasi sekunder yang mereka sukai itulah mengapa coworking space adalah solusi sempurna untuk alternatif kerja jarak jauh

Pandemi Covid-19 telah membawa perubahan gaya hidup manusia secara menyeluruh. Salah satunya, skema kerja jarak jauh atau Work From Home (WFH).

Skema kerja jarak jauh digadang akan terus berkelanjutan meski pandemi Covid-19 tidak lagi mewabah. Perusahaan ternama, Twitter telah mengumumkan rencana mereka sejak pertengahan 2020, yang memperbolehkan pekerjanya untuk bekerja dari rumah secara permanen.

Sementara Facebook mengumumkan bahwa 50% karyawannya akan diizinkan untuk bekerja dari rumah dan 25% karyawan Facebook diizinkan untuk kembali bekerja jika kantor telah diperbolehkan buka. Keputusan ini diambil Mark Zuckerberg sebagai CEO Facebook untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi yang lebih luas.

Laporan 2020 Future of Work Report: What the Future Holds for Coworking & Remote Work, yang mensurvei 360 responden individu, menunjukan nilai rata-rata 77 dari skala satu hingga 100 yang merespon baik kerja jarak jauh.

Meskipun banyak orang senang bekerja dari rumah, banyak karyawan yang lebih menikmati lokasi sekunder yang mereka sukai sebagai alternatif tempat kerja. Itulah mengapa coworking space adalah solusi sempurna untuk transisi ini karena menawarkan tempat kerja yang aman, fleksibel, dan hemat biaya.

 

Tren Coworking space

Menurut Savills Research, tren ke depan untuk sektor perkantoran lebih mengarah ke flexible office untuk mengakomodasi kebutuhan perusahaan yang menerapkan sistem kerja dari rumah atau work from home.

Coworking memang didesain sesuai kebutuhan pengguna dan menawarkan beberapa fleksibilitas. Seperti tata letak ruang kerja yang beragam, termasuk set area terbuka, kantor pribadi, ruang rapat, ruang acara, dan ruang istirahat. Sehingga, pekerja dan pebisnis dapat menyewa ruang kerja sesuai dengan kebutuhan mereka yang fleksibel.

Melihat belum ada kepastian kondisi kembali normal, banyak organisasi telah memilih untuk memindahkan tenaga kerja ke coworking space untuk mengurangi kepadatan kantor mereka.

Tidak hanya itu, perusahaan mulai menyadari bahwa coworking space dapat menurunkan biaya infrastruktur TI dan menghindari sewa kantor jangka panjang. Tercatat coworking menghemat biaya sebesar 25% per tahun daripada menggunakan kantor kecil.

Menghemat biaya perusahaan, menghemat waktu dan mengatasi penat bekerja di kantor, coworking space adalah solusi masalah dan tren kerja masa depan.

Savills Research memperkirakan saat ini ada lebih dari 200 coworking space tersebar di seluruh negeri, dan akan terus bertambah sesuai kebutuhan tren flexible office.

Karena adopsi coworking space terus tumbuh, pemilik bisnis coworking harus membuat lebih banyak ruang bagi pekerja jarak jauh serta menawarkan keuntungan menarik untuk mengungguli pasar.

 

Hal yang harus diperhatikan bisnis Co-working Space

Untuk mengoptimalkan bisnis coworking space di masa transisi, pembatasan fisik dan kenyamanan skala besar wajib tersedia dalam strategi. 

Penyedia ruang coworking perlu mengikuti norma jarak sosial, seperti peletakan meja dan kursi yang sesuai dengan protokol kesehatan, sanitasi secara teratur dan pengecekan suhu setiap anggota yang memasuki lokasi.

Langkah-langkah penting lainnya, penyedia coworking juga harus memperhatikan teknologi tanpa sentuhan untuk lebih menjaga keamanan pekerja, serta jaringan yang terkoneksi secara stabil melihat kebutuhan pekerja jarak jauh hanya mengandalkan konektivitas, pada aktivitas remote dan meeting mereka.

Untuk menangkap permintaan yang terus meningkat, penyedia coworking juga harus bijak memenuhi kebutuhan pekerja terutama dalam konektivitas.

Tidak hanya interior yang menarik dan memperhatikan poin diatas, ekspansi dengan konektivitas yang stabil memberikan pengalaman berbeda bagi pengguna.

 

Dedicated Internet untuk Bisnis Co-working Space

Saat ini beberapa pemain besar terus mendominasi pasar, sementara banyak penyedia coworking yang secara aktif memenuhi kebutuhan pekerja.

Untuk mengungguli pasar dan tetap kompetitif, Dedicated Internet menjawab kebutuhan pengguna yang saat ini bergantung pada konektivitas.

Dedicated Internet mampu memberi jaringan stabil dengan tingkat disconnect terendah dibandingkan jaringan broadband. Dedicated internet memiliki bandwidth yang simetris sehingga kecepatan upload dan download yang diperoleh seimbang dan sesuai dengan paket yang dibeli.

Sebagai contoh, apabila koneksi dedicated yang dibeli sebesar 5 Mbps, maka secara berkelanjutan, kecepatan internet baik upload maupun download akan sebesar 5 Mbps.

Dedicated Internet sangat ideal untuk menjalankan aplikasi berbasis internet, web-conference dan VoIP dengan garansi rasio 1:1 dan kecepatan upload download yang simetris sehingga transfer data besar tetap lancar.

Kelebihan berikutnya dari menggunakan koneksi dedicated adalah adanya jaminan service level agreement (SLA). Jaminan ini terjadi pada saat masalah seperti latensi, speed down, dan lain sebagainya terjadi. Hal tersebut tentu semakin menjamin koneksi internet selalu tersedia.

 

Percayakan Pada First Media Business.

 

Pemilihan koneksi internet untuk coworking space tidak bisa dilakukan sembarangan. Hal tersebut karena banyak sekali kegiatan dan mobilitas pekerja yang menggunakan bantuan koneksi internet.

Dedicated Internet First Media Business memberikan Dedicated Internet ratio 1:1 dengan rentang kecepatan hingga 10 Gbps. Layanan pelanggan 24/7, serta akses bandwidth monitoring gratis sehingga dapat dilakukan pemantauan secara realtime dan monitoring pada gangguan.

Dedicated Internet dari First Media Business memberikan konektivitas serta SLA yang mumpuni. Sebagai provider konektivitas yang unggul di Indonesia, First Media Business paham akan geografis bisnis Anda serta memberikan keleluasaan paket bandwidth yang menyesuaikan kebutuhan Anda.

 

Share :

You might also like :

Ini Tempat Terbaik untuk Meletakkan Router WiFi di Rumah
5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Biar Ke...

Comments :

Close