VSAT Marine, Tulang Punggung Industri Maritim

Industri maritim di seluruh dunia telah menyadari nilai VSAT dan dapat meningkatkan profitabilitas serta mendapatkan pasar. Bagaimana VSAT mampu memberi kepercayaan kepada bisnis maritim ?

 

Pada lingkup industri, Very Small Aperture Terminal (VSAT) dipercaya sebagai infrastruktur komunikasi yang kuat pada daerah rural dan pelosok.

Teknologi satelit yang berbentuk antena ini digunakan di daerah yang sulit terjangkau jaringan komunikasi, salah satunya di lingkungan kelautan. Biasanya komunikasi satelit dua arah secara real time digunakan untuk internet, data dan telepon. VSAT adalah sebuah keuntungan bagi industri maritim. Teknologi tersebut mengubah fase bisnis industri maritim menjadi lebih modern.

Di masa lalu, ketika sebuah kapal berlayar ke samudra, semua awak akan terputus dengan sistem komunikasi global. Melalui penerapan VSAT di kapal, awak dan penumpang dapat terhubung ke layanan Internet berkecepatan tinggi, telepon, pemantauan pola cuaca, pengarsipan dokumen dan pemesanan persediaan dari laut untuk menghemat waktu demi meningkatkan produktivitas dan menumbuhkan keuntungan bisnis.

Bagaimana VSAT memberi kepercayaan kepada bisnis?

Industri maritim di seluruh dunia telah menyadari nilai VSAT dan bagaimana mereka dapat meningkatkan profitabilitas dan mendapatkan pasar.

VSAT paling sering digunakan untuk mengirimkan data pita sempit dan data pita lebar. Data pita sempit termasuk transaksi tempat penjualan seperti kartu kredit, polling atau data identifikasi frekuensi radio (RFID), atau kontrol pengawasan dan data akuisisi data (SCADA).

Sementara data pita lebar, untuk penyediaan akses Internet satelit ke lokasi terpencil, Voice over Internet Protocol (VoIP) atau video.

Operasi di segmen kelautan seperti lepas pantai, eksplorasi, pelayaran atau penyeberangan membutuhkan data yang besar untuk pengoperasiannya. VSAT dapat memberikan tingkat bandwidth yang terjamin untuk transmisi data atau suara dengan kecepatan broadband.

Ada tiga pita frekuensi VSAT yang dioperasikan oleh satelit komunikasi, pita frekuensi ini menentukan kualitas tautan dan area jangkauan:

C-band

C-band terutama digunakan untuk komunikasi suara dan data serta backhauling. Karena kekuatannya yang lebih lemah, diperlukan antena yang lebih besar dibandingkan Ku-band. Namun, karena rentang frekuensi yang lebih rendah, alat ini bekerja lebih baik dalam kondisi cuaca buruk di lapangan. Selain itu, C-band biasanya memiliki pancaran sinar yang besar dan memungkinkan untuk menyediakan cakupan 'Global' hanya dengan tiga satelit.

Ku-band

Ku-band memiliki ukuran antena jauh lebih kecil daripada C-band karena frekuensi yang lebih tinggi; dengan artian gain yang lebih tinggi dapat dicapai dengan ukuran antena yang lebih kecil. Jaringan di jalur ini lebih rentan terhadap luntur hujan terutama di daerah tropis.

Ka-band

Antena Ka-band bisa jauh lebih kecil dan biasanya berdiameter 60 cm-1,2 meter (2 'sampai 4'). Tenaga transmisinya jauh lebih besar dibandingkan dengan sinar C, X atau Ku-band. Karena frekuensi yang lebih tinggi dari pita ini, maka lebih rentan terhadap kualitas sinyal.

Layanan VSAT maritim biasanya beroperasi di Ku-band dan C band untuk pasar komersial. Ku band adalah rentang frekuensi gelombang mikro antara 12-18 GHz. Sedangkan C band hadir antara 4-8GHz.

Cara kerja internet satelit ini dilakukan dengan menggunakan satelit yang terletak di lokasi orbit GEO. Antena yang stabil diperlukan untuk pelacakan karena lokasi satelit dan pergerakan kapal. Sebagian besar antena VSAT berkisar dari 30 cm hingga 3 m. Kecepatan data, dalam banyak kasus, berkisar dari 4 kbit / dtk hingga 16 Mbit / dtk.

Sistem VSAT maritim jarak jauh biasanya terdiri dari dua bagian: Unit Dek Atas dan Unit Dek Bawah. Unit Dek Atas terdiri dari antena dan transceiver yang ditempatkan di luar ruangan sebagian besar di dalam radome. Unit Under Deck adalah sistem yang mengontrol antena dari dalam.

Layanan VSAT dapat mengaktifkan tingkat bandwidth yang terjamin untuk transmisi data atau suara pada kecepatan tingkat broadband. Saluran secara efektif dapat di ditentukan oleh elemen berikut :

Contention Ratio

Contention Ratio atau selisih rasio adalah jumlah pengguna yang berbagi bandwidth yang tersedia. Disini rasio diberikan kepada pengguna sebagai indikasi jumlah pelanggan yang berbagi jumlah bandwidth tetap dalam suatu jaringan.

Committed Information Rate

Dalam lingkungan bersama, setiap individu mendapatkan bandwidth yang terjamin, memastikan bandwidth minimum untuk setiap individu. Tarif Informasi Komitmen dapat mengacu pada jumlah rata-rata atau minimum bandwidth yang dijaminkan kepada pengguna berdasarkan kontrak. Burst Information Rate (BIR), atau Maximum Information Rate (MIR) adalah maksimum teoritis yang dapat meningkatkan bandwidth saat tersedia.

VSAT Marine milik Link Net

Sebagai penyedia layanan konektivitas dan infrastruktur IT ternama di Indonesia. Semua kesiapan serta keunggulan teknologi yang disebutkan diatas sudah tersedia pada infrastruktur VSAT milik Link Net.

VSAT Marine, Link Net memiliki kapasitas Bandwidth yang Besar mencapai 100 Mbps. Didukung teknologi baru High Throughput satellite (HTS) membantu jaringan di kapal semakin stabil.

Cakupannya pun luas dengan cakupan area gelombang maritim dengan rentang elevasi yang diperpanjang dari 10° hingga 80° dan kecepatan putar 60° per detik. Konfigurasi pun sederhana dengan menggunakan Sistem Aptus memberikan layanan terbaik bagi industri maritim Indonesia.

Untuk pengaplikasiannya Antena VSAT Marine Link Net telah menggunakan single connect yang mudah diinstal dan sistem terkoneksi dengan cepat. Antena ini memiliki reflektor berukuran 33 cm dan berat kurang dari 4,5 kg, dapat mencari, menemukan dan mengunci sinyal dengan kecepatan dan akurasi yang tinggi.

Link Net memiliki armada VSAT yang kuat untuk layanan maritim Indonesia. Mereka telah menyediakan berbagai sistem VSAT sesuai kebutuhan kapal Anda.

Dapatkan penawaran menarik dari Link Net untuk operasional kapal dan bisnis yang lebih modern dengan VSAT Marine. Untuk mengetahui lebih banyak bagaimana VSAT Marine dan layanan VSAT Link Net dapat diterapkan di layanan atau kapal Anda, kunjungi di sini. 

Share :

You might also like :

Mengenal Data Center Infrastruktur Penting pada Bisnis Modern
Adakah Dampak Positif Dalam Bermain Game Online?

Comments :

Close