Dunia Dalam Game eSports

  • by Editor
  • 0 view

Dahulu, para orangtua akan marah jika anaknya teralu banyak bermain game. Saat ini, dunia digital nampaknya telah merubah stigma negatif tersebut. Bayangkan saja, game saat ini telah menjadi industri tersendiri, dimana bermain game bisa dilakukan dengan profesional hingga bisa mendatangkan banyak uang. Bahkan, dengan bermain game seseorang bisa membanggakan negara. Bagaimana caranya?

 

Dalam ajang Asian Games 2018 lalu, untuk pertama kalinya eSports dipertandingkan dalam ajang olahraga multi event. Saat itu, atlet Ridel Yesaya Sumarandak yang bertindak sebagai perwakilan Indonesia berhasil membawa pulang medali emas melalui game “Clash Of Royale”. Melihat hal tersebut, First Media, selaku pelopor internet broadband di Indonesia melihat peluang bahwa dunia eSports di Indonesia bisa menjadi sesuatu yang besar di kemudian hari, dan dapat dilakukan secara profesional.

 

Untuk itu, mereka memiliki program bersama publisher dan developer game seperti Garena dan Megaxus, untuk membentuk program bernama “Game Xpert”, yang memungkinkan semua gamer bisa mendapatkan kenyamanan melalui kecepatan internet yang sangat tinggi saat bermain game. Dengan begitu, maka akan lahirlah gamer-gamer profesional. Adapun game-game populer yang sering dimainkan dalam dunia eSport adalah seperti yang akan View ulas berikut ini;
 

League of Legends

League of Legends merupakan salah satu satu game yang dipertandingkan dalam ajang Asian Games 2018 lalu. Game ini merupakan sebuah game online PC yang bergenre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena). Pada wilayah Asia Tenggara lisensi game MOBA ini dipegang oleh Garena Group. Game ini bisa didownload melalui Playstore dan Appstore dan dimainkan secara gratis. Game ini dapat dimainkan oleh 2 tim yang beradu saling mengalahkan. Setiap tim terdiri dari 5 orang, kemenangan pertandingan ditentukan oleh kerjasama tim yang baik.

Arena of Valor ( AoV )

Salah satu game mobile terbaik didunia ini ber-genre MOBA. Sebagai karakter hero yang dipilih, pengembangan game ini mengadaptasi kebudayaan Barat dan Timur. Lisensi AoV di Asia Tenggara dipegang oleh Garena Indonesia. Game ini bisa di unduh dan dimainkan secara gratis melalui iOS dan Android. Game ini sebelumnya bernama Mobile Arena, hingga kemudian berganti nama menjadi Arena of Valor seperti sekarang. Sama seperti League of Legends, AoV juga menjadi salah satu game yang dipertandingkan dalam ajang Asian Games 2018 lalu.

FIFA Online 3

Game sepakbola tentu tidak akan pernah mati, seperti salah satunya FIFA. Game online yang dikembangkan oleh EA SPORTS dan dirilis Garena Indonesia ini bergenre sport. Game lanjutan dari FIFA Online 2 ini sudah masuk tahap open beta test (OBT). Selain harus tangkas dalam bermain, gamer juga harus pintar dalam manajerial sebuah klub olahraga sepak bola ini. Karena sebelum melakukan permainan, gamer harus membuat sebuah klub terlebih dahulu.

Counter-Strike Online
Game yang terkenal dengan nama CS ini adalah sebuah game online ber-genre MMOFPS [Massively Multiplayer Online First Person Shooter]. Di bawah lisensi Megaxus, CS Online kini hadir lebih baik, lebih seru dan tentunya lebih menyenangkan dengan membawa berbagai elemen, fitur, karakter dan mode. Semuanya dikemas secara online sehingga seluruh orang di Indonesia bisa saling terkoneksi untuk dapat menikmati dan memainkannya bersama-sama.

Selain publisher dan developer, First Media juga menggandeng ikon tim eSports profesional dari Indonesia yang kini namanya tengah bersinar, dan didaulat menjadi top global dalam dunia eSports, yakni EVOS eSports. EVOS sendiri merupakan sebuah organisasi eSports multidivisi yang didirikan pada Agustus 2016. Mulanya EVOS hanya memiliki tim DotA 2. Namun saat ini, mereka telah bermetamorfosa dengan nama besaranya, dan memiliki berbagai macam tim, seperti tim League of Legends, AoV, Point Blank, FIFA, hingga Mobile Legends.