3 Jenis Investasi Paling Aman dan Menguntungkan untuk Jangka Panjang

Ini daftar 3 jenis investasi yang paling aman atau minim risiko; namun tak kalah menguntungkannya dalam jangka waktu yang panjang.

Demi menjamin keamanan finansial di masa depan, saat ini banyak orang yang sudah menyadari betapa pentingnya berinvestasi. Dalam melakukan penanaman aset ini, sebenarnya ada banyak instrumen atau jenis investasi yang bisa dipilih. Namun bagi pemula, memilih jenis investasi tentu saja tak bisa sembarangan. Apalagi ada beberapa jenis investasi yang memiliki risiko rugi yang besar meski menawarkan keuntungan yang juga sangat besar. Oleh karena itu, untuk kamu yang baru ingin mencoba berinvestasi, berikut 3 jenis investasi yang paling aman atau minim risiko; namun tak kalah menguntungkannya dalam jangka waktu yang panjang:

Logam Mulia

Salah satu jenis investasi yang paling digemari adalah emas batangan atau logam mulia. Selain bersifat likuid atau mudah dicairkan, harga emas juga cenderung stabil apabila terjadinya pemerosotan ekonomi atau pasar saham sehingga dianggap lebih aman serta rendah dari dampak yang merugikan. Selain itu, nilai dari logam mulia juga tidak ditentukan oleh kebijakan suku bunga yang ditetapkan oleh pemerintah suatu negara—sehingga ketika terjadi inflasi atau deflasi, logam mulia dapat dijadikan aset dengan nilai yang masih tetap bertahan dengan baik.

Kalau kamu tertarik berinvestasi logam mulia, kamu bisa mendapatkannya secara gratis setelah berlangganan First Media, lho! Setelah menjadi pelanggan, raih kesempatan mendapatkanfine gold 999.9(emas murni 24 karat)hingga seberat 25 gram dengan mengajak teman-teman, saudara, hingga kerabat kamu yang lain sebanyak-banyaknya untuk ikutan berlangganan First Media. Semakin banyak ajak, semakin besar logam mulia yang kamu dapatkan! Cek detail syarat dan ketentuannya di sini.

Deposito

Selain logam mulia, instrumen investasi yang menjadi favorit dan dinilai aman bagi investor pemula adalah deposito. Produk penyimpanan uang yang tersedia di bank ini memang menawarkan kelebihan yang lebih menguntungkan daripada tabungan biasa. Investasi ini memungkinkan para nasabah untuk menabung dalam jangka waktu tertentu, di mana uangnya tidak bisa dicairkan sebelum waktu yang telah disepakati oleh nasabah dan pihak bank. Sebagai produk bank yang masuk ke dalam kategori investasi, Deposito memiliki beberapa keuntungan; seperti suku bunga yang lebih tinggi, jaminan keamanan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), adanya pendapatan per tenor, dan minim risiko karena tidak terpengaruh oleh penyusutan nilai pasar.

Reksa Dana

Kalau mau pilih investasi dengan keuntungan yang lebih besar dibandingkan logam mulia dan deposito, kamu bisa mencoba berinvestasi Reksa Dana. Instrumen investasi ini nyatanya dapat dijalankan secara aman oleh pemula jika kamu sudah mengetahui cara kerjanya dengan tepat. Kamu bisa memulai investasi ini tanpa harus mengeluarkan modal yang besar. Cukup keluarkan sejumlah uang (minimal Rp100.000) untuk membeli reksa dana dan pilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan, di mana selanjutnya profesional atau ahli investasi-lah yang akan mengolah dana yang kamu keluarkan tersebut. Dan selain tersedia dalam berbagai jenis, reksa dana juga menjadi salah satu investasi dengan risiko yang rendah, lebih aman, likuiditas tinggi, potensi return yang menjanjikan, hingga bebas pajak bagi beberapa jenisnya.

Nah, itulah 3 jenis atau instrumen investasi yang paling aman dan menguntungkan bagi para investor pemula. Pastikan kamu memilih jenis investasi yang paling sesuai dengan kondisi keuangan, tujuan, atau kemampuan kamu, ya! Dan jangan lupa untuk pelajari kembali instrumen investasi yang kamu inginkan agar kamu bisa memahami setiap kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat dan selamat berinvestasi.

Share :

You might also like :

Rekomendasi 5 Film Korea Terbaik di Netflix
5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Biar Ke...

Comments :

Close