5 Cara Hemat Kuota Internet Saat Main Instagram

5 Cara Hemat Kuota Internet Saat Main Instagram

Layaknya kecanduan, gak sedikit orang yang tahan berjam-jam scrolling berbagai konten di Instagram, bahkan dalam frekuensi yang terbilang sering setiap harinya. Padahal, sebagai media sosial berbasis foto dan video, nyatanya Instagram memang jadi salah satu aplikasi yang sangat boros kuota internet. Lalu, gimana caranya tetap bisa main Instagram tanpa banyak ‘mengorbankan’ kuota data? Yuk, langsung saja simak 5 cara hemat kuota internet saat main Instagram di bawah ini!

Aktifkan Fitur Data Saver di Ponsel

Sebagai dampak dari semakin tingginya penggunaan internet, ponsel-ponsel pintar di masa kini sudah banyak yang memiliki fitur penghemat data bawaannya sendiri.  Baik ponsel bersistem operasi Android maupun ponsel bersistem operasi iOS, hampir semuanya menyediakan fitur Data Saver yang bisa langsung diaktifkan melalui menu Settings (Pengaturan) >>Mobile Data/Network & InternetCara ini lumayan jitu lho untuk mengerem pemborosan dalam pemakaian data internet—termasuk saat kita berselancar di Instagram, karena pada umumnya fitur ini bakal mengirimkan notifikasi berupa besaran data internet yang telah terpakai saat browsing, main medsos, buka aplikasi tertentu, dan segala hal yang membutuhkan jaringan internet lainnya.

Bukan Cuma Ponsel, Aktifkan Juga Data Saver di Instagram

Gak tanggung-tanggung, Instagram pun juga merilis mode hemat kuota data untuk semua penggunanya. Mulai dari tahun 2019, fitur Data Saver Instagram sudah bisa digunakan demi mengurangi pemborosan kuota saat loading konten IG, terutama untuk konten video. Caranya mudah, masuk ke akun IG >>klik profil akun >> klik ikon garis tiga (di sudut kanan atas) >>pilih Settings >>Account (Akun) >> kemudian klik opsi Cellular Data Settings dan aktifkan Data Saver.

Atur Penggunaan Data untuk Media Beresolusi Tinggi

Biar makin hemat, mode Data Saver Instagram juga memungkinkan kita untuk mengatur kuota mana yang ingin dipakai ketika membuka konten beresolusi tinggi. Tersedia tiga pilihan; yaitu Never, WiFi Only, dan Celullar + WiFi. Disarankan untuk pilih opsi WiFi Only bagi pengguna kuota data seluler yang lagi pengin berhemat. Begini caranya: klik profil akun IG >> pilih ikon garis tiga >> masuk ke Settings >> Account (Akun)> pilih Cellular Data Settings >>klik High Resolution Media, dan pilih satu dari tiga opsi sesuai keinginan.

Pakai Instagram Lite

Mau hemat kuota sekaligus hemat ruang penyimpanan ponsel? Coba unduh Instagram Lite. Versi ringan dari Instagram ini menawarkan pengalaman yang gak jauh berbeda dari versi regulernya. Meski ada beberapa fitur yang dipangkas seperti filter AR dan Instagram Live, tapi fitur-fitur utamanya tetap tersedia dan berfungsi normal layaknya Instagram biasa. Sayangnya, aplikasi IG Lite saat ini baru tersedia untuk pengguna ponsel berbasis Android saja.

Berlangganan Unlimited WiFi First Media

Cara lain biar gak boros kuota + boros uang karena harus sering-sering isi ulang paket data, lebih baik pasang WiFi di rumah. Kalau kamu memang berencana pasang WiFi, saatnya berlangganan paket Unlimited Internet WiFi dari First MediaKarena selain menawarkan koneksi internet unlimited yang #BeneranTanpaBatas kuota, kecepatan internet First Media juga beneran ngebut—bahkan bisa kamu upgrade sampai speed up to 300 Mbps! Serunya lagi, modem dari First Media sudah mengadopsi teknologi DOCSIS 3.0 yang bikin jaringan internet tetap stabil di segala kondisi cuaca, cocok banget deh buat kamu yang gak mau diganggu lag/buffering meski cuaca lagi gak mendukung. Gimana, penasaran? Cek detail informasi seputar langganan dan pilihan paket-paket terbaiknya di sini, yuk!

 

Nah, seperti itulah 5 cara menghemat kuota internet selagi asyik menikmati konten-konten di Instagram. Dengan begitu, kita gak perlu merasa ‘berdosa’ lagi karena cara-cara di atas terbilang ampuh bikin pemakaian kuota internet jadi lebih irit. Selamat mencoba, ya!

Share :

You might also like :

4 Drama Korea Terbaik yang Dibintangi Song Joong Ki
Cara Masuk FYP di Tiktok Dengan Mudah Terbaru 2022

Comments :

Close