5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Biar Kenyangnya Lama!

Apa sajakah jenis-jenis makanan yang baik dikonsumsi saat sahur?

Sahur adalah salah satu rangkaian kegiatan yang biasa dilakukan sebelum memulai puasa di bulan Ramadan. Meski hukumnya tidak diwajibkan, namun sahur juga terbilang penting sebagai “pengisi” energi agar kita kuat menahan lapar dan haus sampai waktu berbuka tiba. Nah, tentunya di waktu sahur inilah kita harus memanfaatkannya sebaik mungkin dengan memakan makanan yang bergizi nan berfaedah bagi tubuh. Selain baik untuk kesehatan, jenis makanan-makanan ini juga bisa membuat kenyang jadi lebih lama—sehingga tubuh pun tetap kuat beraktivitas seharian tanpa merasa lapar yang berlebihan. Lalu apa sajakah jenis-jenis makanan yang baik dikonsumsi saat sahur ini?

1 – Karbohidrat Kompleks

Dilansir dari Alodokter, karbohidrat kompleks terdiri dari susunan kimia yang lebih rumit nan kompleks dibandingkan karbohidrat sederhana. Karena susunan kimianya yang rumit, karbo kompleks memerlukan lebih banyak waktu untuk dicerna tubuh sehingga membuat perut terasa kenyang lebih lama.Selain itu, pada umumnya karbo kompleks juga mengandung serat, berbagai vitamin, serta mineral yang sangat baik bagi kesehatan pencernaan. Beberapa jenis makanan karbo kompleks yang bisa kamu konsumsi saat sahur adalah whole grains (biji-bijian utuh seperti oat), kacang-kacangan, ubi, beras merah, quinoa, kentang, hingga singkong.

2–Kurma, Pisang, dan Apel

Selain dikenal sebagai takjil saat berbuka puasa, kurma juga sangat baik dikonsumsi saat sahur.Selain mengandung serat untuk melancarkan pencernaan, kurma mengandungberagam nutrisi seperti zat besi, kalium, kalsium, protein, vitamin B6, vitamin K, folat, serta antioksidan. Tak hanya kurma, pisang dan apel juga kaya akan serat, mineral, serta berbagai sumber vitamin yang membuat kamu kenyang lebih lama. Namun, tetap perhatikan porsinya karena ketiga buah ini juga tinggi akan kandungan gula yang tak baik jika dikonsumsi secara berlebihan.

3–Lemak Baik

Kalau berbicara tentang lemak, masih banyak orang Indonesia yang “salah kaprah”.Tak jarang orangmemusuhi lemak karena dianggap jadi biang keladibertambahnya berat badan. Eits, itu sih hanya berlaku untuk lemak jahat saja lho. Faktanya, asupan lemak baik justru sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh. Lemak baik ini juga berperan sebagai pengontrol nafsu makan, peningkat imunitas tubuh, mengoptimalkan fungsi otak, membantu penyerapan vitamin, bahkan mencegah penyakit kardiovaskular. Makanan yang mengandung lemak baik bisa kamu temukan dalam alpukat, telur, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun, tempe, serta tahu.

4 – Produk Susu

Jenis makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi saat sahur lainnya adalah produk susu. Secara alami, susu mengandung protein, vitamin, mineral, kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, hingga lemak baik. Kamu bisa mengonsumsi secangkir susu sapi segar, yogurt, keju, susu skim, atau mentega secukupnya.

5–Aneka Protein Hewani/Nabati

Proteinmemang sangat wajib dikonsumsi lebih banyak saat sahur. Dikutip dari laman National Geographic, protein merupakan kelompok bahan makronutrien yang lebih berperan dalam membentuk biomolekul daripada sumber energi, serta bahan makanan yang dicerna lebih lambat oleh organ pencernaan sehingga kamu tak akan terasa mudah lapar. Kamu bisa mendapatkan protein hewani dari daging ayam, ikan, telur, atau daging sapi. Atau kalau kamu pengin mendapatkannya dari tumbuhan (nabati), konsumsilah tahu, tempe, edamame, kacang hitam, kacang merah, lentil, kacang tanah, quinoa, bayam, brokoli, atau pun chia seed.

 

Itu dia 5 makanan yang baik dikonsumsi di waktu sahur. Usahakan agar tetap selalu menghadirkan makanan bergizi lengkap dan seimbang setiap hari, baik sahur mau pun berbuka sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga, dan ibadah puasa jadi lebih lancar hingga akhir. Semoga bermanfaat, ya!

Share :

You might also like :

First Media Kembali Terpilih Menjadi Salah Satu Brand Paling Direkomendasikan oleh Konsumen
4 Drama Korea Terbaik yang Dibintangi Song Joong K...

Comments :

Close