5 Tips Melindungi WiFi Rumah Agar Tetap Aman dari Gangguan Hacker

Kamu perlu waspada agar router WiFi kamu tidak terkena serangan hacker—alias disadap oleh orang yang tak bertanggung jawab. Berikut tips untuk melindungi WiFi rumah kamu

Ketika memasang WiFi di rumah, pasti kamu mengira hanya orang-orang di rumah saja yang bisa mengaksesnya ‘kan? Eits, jangan tenang dulu! Kamu juga perlu waspada agar router WiFi kamu tidak terkena serangan hacker—alias disadap oleh orang yang tak bertanggung jawab. Sudah bayar biaya langganan, tapi ternyata ada orang yang sembarangan membobol password WiFi untuk mencuri sinyal WiFi kamu secara gratis. Wah, rasanya pasti kesal sekali, ya. Apalagi, pencurian sinyal WiFi ini juga bisa membuat akses internet di rumah kamu jadi lebih lambat. Peretasan ini sangat mungkin terjadi kalau sistem keamanan WiFi kamu lemah lho. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi masalah tersebut, simak tips yang beneran tanpa batas tentang menjaga wifi dari bobolan maling berikut ini :

  1. Buatlah Password yang Unik, Namun Efektif

Semua router WiFi yang baru digunakan pertama kali memang telah ter-setting username dan password-nya secara default. Dan inilah yang menjadi kelemahannya, di mana para hacker bisa mengetahui dan menyadap sinyal WiFi kamu dengan mudahnya. Oleh karena itu, kamu perlu mengganti password default dengan password yang kamu buat sendiri. Cara mengganti Paswword wifi bisa kamu cek disini.

Gunakanlah rangkaian unik yang terdiri dari berbagai kombinasi huruf, angka, atau simbol yang bervariasi setidaknya berjumlah 12—20 karakter agar mencegah terjadinya kebocoran password. Selain itu, batasi juga siapa saja yang boleh mengakses WiFi di rumah selain keluarga inti. Sekarang pun sudah banyak router WiFi modern yang memungkinkan kamu membuat password WiFi khusus untuk para tamu atau “guest network”. Jadi, jangan sampai kamu memberi tahu password WiFi utama kepada setiap tamu yang datang ke rumah, ya!

  1. Ganti Password Secara Berkala

Mungkin hal ini nampak ribet, apalagi harus memikirkan ulang bagaimana susunan password baru. Tetapi sesungguhnya, cara ini memang cukup efektif. Buatlah jadwal—bisa seminggu sekali, sebulan sekali, atau sesuai kebutuhan kamu—untuk mengganti password hotspot WiFi secara rutin. Tapi dengan begitu, kamu juga harus rajin mencatat atau mengingat tiap password yang baru dibuat. Kalau kamu pelanggan First Media, kamu bisa ikuti langkah-langkah mengganti password routernya di sini.

  1. Ubah Nama SSID WiFi

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama, router WiFi secara default telah memiliki username dan password bawaan dari produsen atau provider penyedia layanan WiFi. Maka, selain password, kamu juga perlu mengganti nama network WiFi atau yang disebut SSID (Service Set Identifier) agar mencegah terjadinya penyerangan dari orang-orang yang tak bertanggung jawab. Pilihlah nama SSID yang terkesan biasa saja, dan hindari nama yang bisa menantang hacker untuk berupaya “menembus” jaringan WiFi kamu. Selain itu, agar lebih aman, kamu juga bisa menyembunyikan SSID WiFi supaya tidak terlihat oleh orang-orang yang tidak kamu izinkan mengaksesnya.

  1. Aktifkan Enkripsi WPA2

Ada banyak tools peretas—bahkan “gratis” yang bisa digunakan para peretas untuk memantau dan mengacaukan aktivitas online kamu melalui jaringan WiFi yang lemah. Karena itulah, kamu harus memperkuat proteksi keamanan WiFi kamu dengan mengaktifkan enkripsi di level terkuat, yaitu minimal WiFi Protected Access 2 (WPA2) yang juga terbagi dalam beberapa jenis. Karena enkripsi yang paling dianggap aman saat ini adalah versi WPA2, kalau enkripsi di router kamu belum berada di versi itu, maka pertimbangkanlah untuk mengupgrade-nya.

  1. Matikan Router WiFi Saat Kamu Sedang Tidak di Rumah

Tips terakhir, matikan router WiFi saat kamu benar-benar sedang tidak membutuhkannya. Misalnya, kalau kamu dan keluarga sedang berkegiatan di luar, sebaiknya non-aktifkan saja router WiFi di rumah. Hal ini tentu saja bertujuan untuk mencegah adanya kejahatan siber yang tak terduga.

Seperti itulah beberapa tips untuk melindungi WiFi di rumah dari serangan para pencuri koneksi atau hacker. Semoga bermanfaat, ya!

Yuk kini saatnya Streaming video atau musik jadi makin asyik, saatnya gunakan layanan internet broadband dan home tv cable berkualitas HD dari First Media. Selain menyediakan koneksi internet yang #BeneranTanpaBatas dengan bandwidth hingga 300 Mbps, First Media juga gak memberlakukan Fair Usage Policy (FUP) sehingga kamu bisa menikmati nyaman dan lancarnya streaming yang anti buffering tanpa batasan kuota! Tunggu apa lagi? Cek pilihan paket-paket internet terbaiknya di sini, dan segera temukan paket yang sesuai kebutuhanmu.

 

 

Share :

You might also like :

Usung Kampanye #BeneranTanpaBatas, First Media Ajak Masyarakat Semakin Produktif Berkualitas dan Sol...
Cara Masuk FYP di Tiktok Dengan Mudah Terbaru 2022

Comments :

Close