Adakah Dampak Positif Dalam Bermain Game Online?

Bermain game tidak hanya memiliki dampak negatif pada diri kamu. Terbukti dalam beberapa penelitian, game dapat berdampak positif. Yuk simak penjelasan berikut!

Game online adalah jenis permainan yang digunakan pada perangkat seperti, Laptop, PC dan Smartphone yang menggunakan jaringan internet. Seperti yang diketahui, pada saat ini game online sudah menjadi aplikasi wajib di perangkat komputer bagi seorang gamers. Tidak hanya laki-laki yang memainkan game online, bahkan sekarang perempuan sudah banyak yang ikut menjadi gamers online. 

Bukan hanya game online, didunia ini banyak sekali jenis game yang seru dan bermanfaat. Kehadiran game ini menjadi suatu hal yang sangat berkembang pesat karena adanya jaringan internet. Terlalu sering dalam melihat seseorang bermain game online, membuat orang berpikir bahwa bermain game sangat tidak berguna karena membuang waktu dan tidak ada manfaatnya serta membuat kesehatan menurun. Sesuatu yang negatif cenderung menyelimuti title “gamers”. Namun, ternyata banyak sekali manfaat atau dampak positif dalam bermain game online yang wajib diketahui. Kalian bisa baca artikel ini sampai habis!

1. Game dapat membuat kamu menjadi pemecah masalah yang baik (problem-solver)

Belajar dalam berpikir dan menyusun strategi dalam lingkungan fantasi game yang serba cepat merupakan sebuah keterampilan yang bisa diimplementasikan di dunia nyata. Ada sebuah research study pada tahun 2013 yang menyebutkan bahwa anak-anak yang bermain game berbasis strategi menunjukkan peningkatan keterampilan problem solving dan oleh karena itu, mereka cenderung mendapatkan nilai yang lebih baik di tahun ajaran berikutnya. 

2. Game memiliki dampak positif dalam kesehatan mental

Penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa video game dapat meningkatkan suasana hati dan membuat kesehatan mental seperti stress lebih baik. Korelasi antara video game dan stres telah tercermin dalam beberapa penelitian yang tidak terkait, itulah sebabnya videogame telah digunakan dalam terapi selama lebih dari satu dekade. 

3. Membangun kepercayaan diri dan kerja sama tim

Permain game multiplayers akan membuat kamu mengambil beberapa peran untuk mengelola tim, menjadi pemimpin dalam tim dan menegosiasikan cara untuk menang sebagai bagian dari sebuah kelompok. Pengalaman ini dapat menjadi cara yang bagus untuk bekerja sama dan belajar satu sama lain untuk membangun kepercayaan diri kamu. 

4. Meningkatkan Konsentrasi

Game yang imersif dan membutuhkan strategi dan problem solving skill untuk menang dan mengharuskan pemain untuk mengingat dan menyerap banyak informasi. Bermain game jenis ini secara teratur dapat membantu meningkatkan memori jangka pendek dan panjang bagi kamu dan membantu otak dalam memproses informasi lebih cepat. 

5. Meningkatkan Multi-tasking skills

Game yang memiliki jenis seperti mengharuskan pemain untuk menemukan item saat melawan lawan lain memerlukan perhatian yang detail dan reaksi tanggap. Penelitian telah menunjukkan bahwa memainkan jenis game ini dapat membantu kamu dalam mengembangkan keterampilan multitasking. 

Gimana? apakah pandangan kamu berubah terkait dampak game? Banyak sekali manfaat positifnya dan sudah ada penelitian terkait. Namun, Sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik. Mengatur waktu dalam bermain game dan belajar atau beraktivitas lainnya merupakan suatu kewajiban ya!

Dalam bermain game pastinya kamu tidak ingin terganggu dengan jaringan yang jelek dan butuh internet yang stabil, cepat dan sudah terbukti kualitasnya. Kamu bisa cek di halaman ini untuk mendapatkan promo super menarik dengan internet ngebut beneran tanpa batas dengan bonus speed upgrade! Kamu juga bisa menikmati promo khusus di kotamu, seperti Tangerang di sini dan kota-kota lainnya!

 

Share :

You might also like :

Kafe dengan Wifi Cepat di Jakarta untuk Work From Cafe!
Cara Masuk FYP di Tiktok Dengan Mudah Terbaru 2022

Comments :

Close