Begini Cara Mengetahui Siapa yang Unfollow Kamu di Instagram

Begini Cara Mengetahui Siapa yang Unfollow Kamu di Instagram

Di era serba digital ini, memiliki banyak followers di media sosial nampaknya menjadi dambaan hampir setiap orang, terutama bagi pengguna Instagram. Selain menjadi salah satu tanda kepopuleran si pemilik akun, memiliki jumlah followers yang besar juga berguna untuk menunjukkan kredibilitas akun tersebut—apalagi untuk akun bisnis. Tapi sayangnya, Instagram sendiri tidak menyediakan fitur yang bisa menunjukkan adanya follower yang berhenti menjadi pengikut alias meng-unfollow. Jadi, sebagai pengguna yang akunnya di-unfollow, kamu hanya bisa menyadari adanya perubahan berupa angka followers yang menurun. Lalu apakah ada cara yang memungkinkan kamuagar tetap bisa melihat siapa di antara followers yang meng-unfollow akun kamu? Tentu saja bisa. Yuk, simak langkah-langkahnya di bawah ini!

Pakai Cara Manual

Cara paling dasar untuk mengecek siapa saja akun yang melakukan unfollow pada akun Instagram kamu memang dengan menyelidikinya satu per satu. Kamu bisa memantau jumlah followers di profil akun, dan melihat semua daftar akun yang ada di dalamnya. Jadi apabila suatu saat jumlahnya menurun, kamu bisa crosscheck akun mana yang berhenti mengikuti akun kamu. Cara manual ini memang terasa lebih merepotkan dan tak cocok untuk akun dengan jumlah followers yang sudah besar. Kalau followers kamu sudah mencapai ribuan, sebaiknya kamu ikuti cara selanjutnya.

Catatan:

Kalau kamu menyadari jumlah followers kamu menurun, bukan berarti mereka benar-benar meng-unfollow akun kamu lho. Bisa jadi ada pengguna yang sedang deactivate akunnya sementara, atau akun-akun tersebut dihapus otomatis oleh Instagram, baik karena sudah lama tak terpakai mau pun karena terindikasi akun palsu.

 

Kunjungi Langsung Profil Akun yang Dituju

Cara kedua, kamu bisa langsung mengunjungi akun yang kamu tuju untuk melihat apakah akun tersebut berhenti mengikuti akun kamu atau tidak. Kalau kamu melihat ikon seperti yang ditunjuk tanda panah di atas, berarti akun tersebut masih menjadi mutual dan kalian masih saling mengikuti di Instagram.


 

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Kalau tak mau repot melakukan cara manual, kamu bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi pihak ketiga untuk track akun yang meng-unfollow akun kamu. Dari beberapa di antaranya, kamu bisa mencoba aplikasi FollowMeter (iOS & Android).

Cara Menggunakan FollowMeter

  • Install dan jalankan apliasi FollowMeter
  • Login ke akun Instagram
  • Setelah proses login berhasil, nantinya akan muncul beberapa informasi seputar akun kamu; seperti daftar akun yang meng-unfollow, siapa yang tidak follow kamu balik, dan lain-lain.

Catatan:

Karena melalui aplikasi pihak ketiga, maka tak ada salahnya untuk berhati-hati agar informasi pribadimu tetap terjaga dengan aman.

 


Nah, seperti itulah cara mengetahui akun mana yang meng-unfollow kamu di Instagram. Mudah banget, ‘kan?  Selamat mencoba.

Share :

You might also like :

Cara Melakukan Voice Call dan Video Call di WhatsApp Versi Desktop PC
Cara Cepat Tidur Nyenyak yang Bisa Kamu Coba!
Close