Belajar Digital Marketing Online dengan 5 Situs Ini, Gratis!

Digital Marketing menjadi bidang yang semakin diminati dalam beberapa tahun terakhir. Maraknya bisnis digital/bisnis online meningkatkan kebutuhan tenaga kerja yang menguasai bidang ini. Dengan banyaknya lowongan kerja di bidang Digital Marketing, orang-orang pun semakin tersadar untuk menambah kemampuannya agar bisa ikut bersaing. Terlebih, digital marketing juga bisa dipelajari secara otodidak atau kursus di tempat pelatihan.

Digital Marketing menjadi bidang yang semakin diminati dalam beberapa tahun terakhir. Maraknya bisnis digital/bisnis online meningkatkan kebutuhan tenaga kerja yang menguasai bidang ini. Dengan banyaknya lowongan kerja di bidang Digital Marketing, orang-orang pun semakin tersadar untuk menambah kemampuannya agar bisa ikut bersaing. Terlebih, digital marketing juga bisa dipelajari secara otodidak atau kursus di tempat pelatihan. Tetapi, apakah ada situs online yang menyediakan pembelajaran/materi tentang Digital Marketing secara gratis?Segera kunjungi situs-situs di bawah ini:

Hubspot Academy
Situs ini menyediakan beberapa kursus gratis bagi pengunjung yang ingin belajar digital marketing. Kamu bisa mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan bidang ini, seperti cara memonetisasi blog untuk bisnis, mengoptimalkan media sosial untuk bisnis daring, atau belajar tentang e-mail marketing. Dari beberapa kursus, kamu juga bisa mendapatkan sertifikasi disini.

SEMrush Academy
SEMrush juga menawarkan beberapa pilihan belajar digital marketing. Kamu bisa belajar tentang Search Engine Optimization (SEO), content marketing, hingga kiat-kiat menganalisis kompetitor. Setelah mengerjakan ujian/exam, kamu berhak mendapatkan sertifikasinya.

Udemy
Dalam situs ini, kamu bisa mendapatkan banyak materi gratis seperti messenger marketing, pay per click marketing, google analytics, google ads, dan lain-lain. Beberapa kursus juga menawarkan sertifikasi. 

Google Digital Garage
Kursus online dari Google ini memang khusus disediakan untuk para calon atau pelaku marketing online, terutama pemula. Di Google Digital Garage, kamu bisa belajar tentang Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing, e-mail marketing, cara membangun dan memperluas networking sebagai peluang bisnis, dan cara-cara yang tepat untuk berbisnis melalui media sosial. Kamu juga bisa mendapatkan sertifikasi setelah kamu berhasil mempelajari semua materinya.

Facebook Blue Print
Di tengah tren berbisnis daring, Facebook juga tak mau ketinggalan dengan membuka pelatihan gratis bagi orang-orang yang ingin mengasah kemampuannya di bidang ini. Apa yang kamu bisa pelajari? Di antaranya adalah cara beriklan di Facebook, cara membuat konten di Instagram agar tampil beda, cara membangun engagement dengan pelanggan melalui WhatsApp, atau tips-tips mencari audiens yang sesuai bisnis. Kamu bisa mendapatkan sertifikasi di akhir pelatihan.

Itulah beberapa situs online untuk belajar digital marketing secara gratis. Meski kamu bisa belajar otodidak, tapi digital marketing adalah bidang yang pergerakan serta pertumbuhannya sangat dinamis. Ini artinya, kamu pun harus bisa beradaptasi dengan cepat. Agar kegiatan kursus secara online bisa berjalan lancar, kamu pasti butuh koneksi internet yang memadai. Kamu bisa pakai First Media yang menawarkan akses internet super cepat dan tanpa batasan kuota. Dengan paket beragam, kamu bisa bebas memilih paket yang tersedia sesuai kebutuhan. Intip detailnya DISINI!
 

Share :

You might also like :

8 Makanan Ini Baik untuk Meningkatkan Imun Tubuh Selama Pandemi COVID-19
Nonton Youth MT “Young Actor’s Retreat” Variety Sh...
Close