Beralih ke Siaran TV Digital, Apa Saja yang Harus Dilakukan

Mau beralih ke siaran TV digital? Coba lakukan langkah ini!

Berdasarkan UU Ciptaker (Undang Undang Cipta Kerja) yang telah disahkan tahun 2020 lalu, pemerintah mewajibkan peralihan siaran TV dari analog menjadi digital. Proses migrasi tersebut paling lama dilakukan selama dua tahun dan semua siaran analog wajib dihentikan per tanggal 2 November 2022. Jika ada yang melanggar, maka izin siaran tersebut dapat dicabut.

Adanya peraturan ini, tentu saja bukan hanya berdampak pada pemilik usaha siaran saja, tapi juga kamu dan para penikmat siaran analog lainnya. Sebab, kamu harus menyesuaikan perangkat yang ada di rumah agar bisa menarik siaran digital. Untuk kamu yang TV nya sudah mendukung, pastinya hal ini bukan masalah. Namun bagaimana ya kalau untuk yang masih menggunakan TV analog?

Migrasi TV Analog Menjadi Digital

Tidak perlu khawatir, kamu tidak perlu ganti TV dengan yang baru kok. Cukup gunakan 2 perangkat tambahan saja, pertama yaitu STB (Set Top Box) dan kedua adalah antena digital. Nah, langkah selanjutnya yaitu:

  • Sambungkan STB dengan saklar listrik dan TV. Untuk TV yang sudah mendukung HDMI, disarankan agar menggunakan kabel HDMI. Namun jika TV kamu masih belum mendukung HDMI, bisa menggunakan kabel rca. Pastikan memasang kabel rca pada port yang sesuai agar dapat berfungsi.
  • Lakukan setting pada TV. Setiap TV mungkin memiliki sistem pengaturan yang berbeda. Namun kamu bisa masuk melalui menu dan kemudian carilah bagian pengaturan mengubah sambungan menjadi HDMI atau ke kabel rca
  • Ganti antena dengan antena digital. Pastikan antena yang kamu gunakan sudah antena digital, jika belum maka kamu harus menggantinya. Beberapa daerah mungkin bisa menggunakan antena indoor atau antena digital berukuran kecil. Namun jika kamu berada di daerah agak sulit sinyal, sebaiknya pilih antena outdoor dengan ukuran dan bentuk normal agar daya tangkapnya lebih kuat.
  • Sambungkan antena digital pada STB. Jangan memasang kabel antena pada port TV secara langsung, karena artinya tidak ada proses perubahan dari analog ke digital. Di sinilah fungsi STB, kamu harus memasangkan kabel antena pada port STB dan kemudian alat inilah yang akan mengirimkan siaran digital pada TV analogmu.
  • Gunakan remote STB untuk pengaturan TV. Selain untuk menyalakan TV dan volume, kamu tidak lagi menggunakan remote TV-mu. Sebagai gantinya, kamu akan menggunakan remote STB untuk mengoperasikan TV, seperti memindahkan channel.

Kenapa Harus Beralih ke TV Digital?

Kamu yang selama ini sudah merasa nyaman dengan siaran analog mungkin merasa repot dengan adanya aturan ini. Namun jika kamu sudah sekali mengubah siaran analogmu menjadi digital, pasti akan langsung menyukainya. Sebab, siaran digital jauh lebih bening dan jernih. Selain itu, pilihan channel-nya juga lebih banyak dibanding dengan siaran analog.

Nah, salah satu cara sederhana dan mudah untuk kamu yang malas mengatur perpindahan ini, adalah dengan menggunakan TV kabel dari First Media. Kamu hanya perlu memilih paket berlangganan yang sesuai dengan kebutuhanmu, maka tim dari First Media akan langsung memasangnya di rumahmu. Tidak masalah apakah TV yang kamu gunakan sudah digital atau masih analog, karena First Media yang akan mengaturnya untukmu. Selain itu, kamu juga bisa menikmati fasilitas internet rumah dengan kecepatan stabil.

Sudah tidak perlu repot mengurusi siaran digital, dapat internet pula. Menarik sekali, kan?

Share :

You might also like :

Sering Buffering Saat Streaming? Ini Cara Mengatasinya
Cara Cepat Tidur Nyenyak yang Bisa Kamu Coba!
Close