ad30665c-44f6-4b05-81e1-3b556fa2c8c3

Cara Memulai Berbisnis Online Untuk Pemula

Cara Memulai Berbisnis Online Untuk Pemula

Ingin tahu cara jualan online dari nol bagi pemula dengan gampang? Cek artikel ini sampai habis, dari cara membuat business plan, buat produk sampai pemasaran!

Sosial Media telah mengubah kebiasaan dan cara dalam memulai dan menjalankan bisnis kecil sampai besar. Segala sesuatu menjadi lebih cepat dan mudah, banyaknya peluang, serta kemampuan mengumpulkan informasi dan evaluasi informasi yang ada di internet ini semakin jauh lebih tinggi, terlebih lagi dengan adanya pandemi covid-19. 

Pada tahun 2021 berdasarkan report dari google ‘Cara Berjualan Online’ menjadi top search di google. Oleh karena itu, hal ini menandakan bahwa masyarakat Indonesia sudah sadar akan peluang bisnis yang ada di sekitarnya secara online. Bagaimana cara membuat bisnis kecil? Cara untuk menentukan produk? Bagaimana untuk memulai dari Nol? Semua solusinya bisa kamu baca di artikel ini sampai habis. 

1. Cara Membuat Rencana Bisnis

Sebelum menjalankan sebuah bisnis, kamu perlu tahu apa saja yang perlu disiapkan untuk memulai bisnis kamu. Kamu bisa menuangkan ini semua di dalam proposal rencana bisnis (Business Plan). Ada beberapa aspek yang perlu kamu pahami dalam membuat rencana bisnis, seperti dibawah ini : 

  • Menentukan Tujuan dan Sasaran

Membuat rencana bisnis menggambarkan kemampuan dan pengalaman kamu. Kamu harus tahu apa tujuan kamu untuk membuat bisnis tersebut, dan sasaran kamu apa saja. Rencana bisnis butuh menjawab beberapa pertanyaan ini (1) Apa tujuan dan target kamu? (2) strategi apa yang akan kamu gunakan untuk mencapainya? (3) Bagaimana strategi tersebut dilaksanakan?

  • Menentukan Produk

Jika kamu ingin memulai bisnis, pastinya kamu harus tahu produk apa yang ingin kamu jual. Apakah itu Jasa? Atau Barang? Kamu bisa mulai mencari suatu peluang dari hal-hal sekitar kamu. Ide- ide bisa datang dari mana saja. Kamu harus jeli terhadap peluang yang ada. Kamu bisa cari ide dari internet dan lain-lain. 

Namun yang paling penting dalam menentukan produk adalah kamu harus tahu apa masalah yang dialami oleh keadaan sekitar kamu. Kamu juga harus paham kebutuhan dari masing-masing orang. Jangan hanya meniru bisnis orang lain. Kamu juga perlu punya produk yang berbeda dan memiliki keunggulan dibanding pesaing. Contoh kecil, misalnya di daerah sekitar rumah kamu tidak ada salon kecantikan khusus untuk perawatan kuku, kamu bisa melihat peluang tersebut dan melihat apakah orang-orang akan tertarik jika kamu membuka bisnis tersebut. Kamu juga harus mempersiapkan proses produksi dan distribusi dari produk yang kamu buat. 

2. Cara Pemasaran Online

Hal ini merupakan hal penting karena jika kamu sudah memiliki produk yang bagus namun tidak bisa mengkomunikasikannya ke audiences, maka tidak ada yang tahu bahwa produk mu ada. Sehingga kamu harus bisa menyusun strategi pemasaran online untuk produk kamu. Kamu bisa melakukan. 

  • Content Marketing

Content marketing adalah sebuah salah satu strategi pemasaran online dalam membuat, menyebarkan konten yang relevan. Hal ini juga diperlukan untuk bisa membangun hubungan yang kuat dalam jangka panjang dengan audiens. 

Kamu bisa membuat content di website atau blog kamu tentang manfaat produk mu dan lain-lain. Kamu juga bisa membuat konten soft selling yang menarik perhatian audiens di website dan social media juga. 

  • Sosial Media

Sosial media merupakan hal yang wajib di transformasi digital seperti sekarang. Sosial media juga bisa berfungsi sebagai customer service. Kamu juga bisa membuat design dan content produk untuk ditampilkan di sosial media kamu. Kamu juga bisa menyusun konten pilar yang sekiranya menarik audiens kamu untuk menambah followers dan reach secara organik. 

Mungkin hal yang sulit untuk bisa menjangkau target audiens mu di sosial media pada saat launching produk. Kamu bisa beriklan secara berbayar di instagram. Kamu harus memiliki facebook juga untuk bisa beriklan di instagram. Setelah beriklan kamu bisa menjangkau audiens lebih luas lagi. 

  • Email Marketing

Untuk bisa memperbanyak potential customer, kamu bisa mencoba email marketing. Email marketing adalah salah stau dari sekian banyak strategi yang dimanfaatkan oleh pengusaha atau pemasar untuk tujuan jangka panjang. Dengan hal ini kamu bisa merebut hati customer dengan mengirim email sesuai dengan profil pelanggan yang ingin kamu sasar. Apabila skala bisnis mu kecil kamu bisa mencoba tools gratis dengan website seperti mailchimp. 

Gimana? Pastinya menjalankan usaha tidak mudah ya, harus konsisten dan terus belajar dengan perkembangan yang ada di dunia bisnis, terlebih lagi sekarang sudah transformasi digital, dimana semua bisnis bisa dibeli secara online. Oleh karena itu, untuk mendukung kamu dalam menjalankan bisnis, tentunya perlu internet cepat dan unlimited yang berkualitas untuk bisa mengembangkan bisnis kamu lebih cepat lagi. Dapatkan promo paket internet unlimited dari First Media. Kamu juga bisa mendapatkan promo khusus di kotamu seperti internet provider jakarta dan masih banyak kota lainnya, beneran tanpa batas!

Share :

You might also like :

PT Link Net Tbk Raih Penghargaan Brand Pilihan Milenial 2022
Meriah Paket Baru First Media, Serbu Kue Gratis di...
. . .