91c6189a-9081-4b32-bf1e-a6c5e2c04654

Cara Mengatasi Laptop Lemot!

Cara Mengatasi Laptop Lemot!

Kecepatan laptop akan sangat berpengaruh terhadap kinerja yang kamu lakukan, laptop yang lemot pasti sangat tidak nyaman untuk bekerja

Laptop merupakan sebuah perangkat yang sangat penting baik bagi pelajar apalagi bagi pekerja. Terutama untuk pekerja yang mendapatkan kesempatan untuk remote working. Menggunakan laptop memang terkesan lebih simpel karena ukurannya yang lebih kecil dibandingkan monitor dan PC, apalagi bisa dibawa kemana pun dengan mudah. Hanya saja, salah satu permasalahan laptop adalah seringnya kinerja perangkat tersebut melambat. Bagaimana menghindari laptop kamu agar tidak lemot? Berikut ulasannya. 

Sesuaikan Aplikasi yang Digunakan

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah memastikan spesifikasi laptop yang kamu miliki dan sesuaikan dengan aplikasi yang kamu gunakan. Terutama dari faktor prosesor dan RAM, jika aplikasi yang kamu instal memiliki beban yang besar dan tidak cocok dengan spesifikasi laptop, maka kinerja RAM dan prosesor akan menjadi lebih berat dan laptop pastinya akan menjadi lemot. Pastikan jika kamu memiliki laptop dengan RAM dan prosesor yang tidak terlalu kuat agar membuka aplikasi secara satu demi satu, jangan membuka banyak aplikasi sekaligus apalagi yang memerlukan audio atau visual. 

Ganti Memori HDD ke SSD

Memori HDD memiliki performa yang relatif lebih lambat dalam memproses data. Sedangkan SSD memiliki performa yang hampir jauh lebih baik daripada HDD dalam memproses data. Maka disarankan agar sudah mulai mengganti HDD di laptop kamu dengan SSD untuk menambah performanya. Dengan SSD proses booting akan jauh lebih cepat, hal tersebut akan berefek terhadap kecepatan respon laptop kamu.

Bersihkan Drive C Secara Berkala

Laptop pasti akan mengalami penurunan performa terutama jika sudah memasuki umur diatas 3 tahun. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi kelemotan laptop adalah bersihkan drive C secara berkala. Hapus atau uninstall aplikasi atau data-data yang sudah tidak terpakai dan yang memiliki bobot tinggi, dengan begitu kelemotan laptop kamu akan berkurang.

Merubah Pengaturan Daya ke High Performance

Dalam windows 10 ada fitur yang memungkinkan untuk kita menyesuaikan kinerja laptop untuk menyesuaikan dengan yang kita butuh, yang biasa disebut high performance. Kamu bisa coba ganti pengaturan daya laptop kamu ke high performance dengan cara klik kanan pada gambar baterai yang ada di taskbar, lalu ubah menjadi high performance agar kinerja laptop kamu jadi semakin maksimal.

Bersihkan Cache Secara Berkala

Cache sendiri merupakan sebuah tempat penyimpanan data secara sementara pada sistem baik di komputer, aplikasi, atau website. Untuk menjaga performa laptop agar tidak lemot maka cache ini harus terus dihapus secara berkala. Kamu bisa menghapus cache laptop kamu dengan cara klik properties lalu klik tab general, setelah itu klik disk cleanup untuk membersihkan cache yang sudah menumpuk.

Hindari Pengisian Media Penyimpanan Terlalu Penuh

Apapun yang berasal dari media penyimpanan jika terisi terlalu penuh akan menyebabkan laptop menjadi lemot. Pastikan media penyimpanan kamu memiliki kapasitas tidak lebih dari 90% agar kinerja laptop kamu tetap terjaga dengan baik.

Gimana? Pastinya sangat berguna dong buat kamu yang berkutat dengan laptop yang lemot. Nah supaya lancar mempelajari banyak hal baru lainnya, kamu bisa menggunakan paket internet unlimited cepat dan unlimited beneran tanpa batas! Agar tetap lancar main sosial media tanpa gangguan internet! Kamu juga bisa mendapatkan promo khusus kota daerahmu seperti internet provider Jakarta dan masih banyak promo lainnya!

Share :

You might also like :

Internet Semakin Mudah, First Media Ada di Kota Jogja!
Meriah Paket Baru First Media, Serbu Kue Gratis di...
. . .