18485d3f-6e5c-4f50-9dc7-3ab5e0ccd286

Cara Mengatasi Sifat Malas dengan Prinsip Kaizen

Cara Mengatasi Sifat Malas dengan Prinsip Kaizen

Atasi sifat malas dengan belajar sebuah prinsip yang berasal dari Jepang yaitu Prinsip Kaizen

Pernahkah kamu menunda-nunda dalam mengerjakan suatu pekerjaan, tugas sekolah ataupun hal-hal yang yang sebenarnya penting untuk segera dikerjakan? Jika kamu pernah mengalaminya, mungkin kamu bisa belajar mengenai sebuah prinsip yang berasal dari Jepang. 

Jepang sendiri merupakan negara yang terkenal dengan orang-orang yang mempunyai etos kerja yang sangat baik dan disiplin tinggi. Banyak perusahaan-perusahaan besar yang terkenal berasal dari negara yang mempunyai julukan sebagai “Negeri Matahari Terbit”. Ternyata, sejak kecil orang-orang disana dilatih untuk mengulangi kebiasaan-kebiasaan yang bermanfaat atau positif setiap harinya sehingga rutinitas tersebut menjadi budaya sampai mereka dewasa. Konsep rutinitas tersebut diberi nama yaitu Kaizen.

Kaizen terdiri dari dua suku kata yaitu Kai dan Zen. Kai sendiri mempunyai arti “Berubah” dan Zen mempunyai arti “Kebijaksaan”. Dari dua kata tersebut akhirnya menciptakan satu makna yaitu perubahan dalam hidup bisa dicapai secara perlahan dan dengan penuh kebijaksanaan. 

Prinsip Kaizen juga dikenal dengan prinsip “1 menit” karena prinsip ini mengajarkan untuk melakukan sesuatu selama 1 menit setiap hari di waktu yang sama. Misalkan kamu saat ini sedang sedang belajar bahasa korea, setiap hari kamu harus fokus berlatih bahasa korea selama 1 menit dan hal tersebut diulangi setiap hari di jam yang sama hingga menjadi rutinitas. Saat melakukannya pastikan kamu fokus dan tidak ada yang mengganggu. Karena hanya 1 menit maka kamu akan lebih mudah melakukannya dibanding ketika kamu melakukannya dalam waktu yang lama dan tidak rutin.

Prinsip ini akan memberikan kebahagiaan dan kepuasan ketika kamu berhasil melakukannya secara rutin, karena kamu telah berhasil melawan rasa malas kamu. Selama berjalannya waktu, karena merasa puas dan bahagia kamu akhirnya menambah waktu latihan yang awalnya hanya 1 menit. Hal ini juga mengajarkan kamu tanggung jawab karena kamu harus melakukannya di jam yang sama setiap harinya.

Kamu bisa menerapkan prinsip Kaizen ketika belajar hal-hal baru juga loh tapi jangan lupa pakai koneksi internet dari First Media supaya proses belajarmu jadi lebih nyaman dan aman tanpa gangguan. First Media menyediakan internet di dalam dan luar rumah mulai dari Rp. 300 Ribuan. Kamu bisa streaming sepuasnya saat berada di dalam rumah maupun juga saat berada di perjalanan atau di luar rumah. Internet unlimited untuk kamu di rumah dan juga kuota internet di luar rumah hingga 100GB. Dengan jaringan internetnya yang anti ngelag, putar playlist lagu dari artis favorit kamu sepuasnya! Gak ada lagi deh dengar lagu putus-putus karena koneksi internet yang labil. Selain itu, pilihan paket unlimitednya lengkap dan gak bakal bikin dompet tipis! Yuk, cek dulu informasi selengkapnya di sini biar gak penasaran.

Jika kamu sudah berlangganan First Media, kamu bisa upgrade paket kamu dengan berlangganan paket internet luar rumah mulai dari Rp. 30.000-an, dengan kuota hingga 100GB. Yuk langganan sekarang. Cari tahu informasi dan cara berlangganannya di sini.

Share :

You might also like :

Cara Menggunakan Fitur Baru Instagram, Instagram Notes
Meriah Paket Baru First Media, Serbu Kue Gratis di...
. . .