4d6295d4-ccc7-4de5-9548-7ef045086b15

Cara Meningkatkan Efisiensi Kerja Kamu!

Cara Meningkatkan Efisiensi Kerja Kamu!

Bekerja dengan efisien pastinya akan membantu kamu dalam mengurangi beban kerja serta menjadi lebih produktif

Setiap manusia membutuhkan uang untuk bertahan hidup, salah satu cara paling lazim dilakukan adalah dengan bekerja. Pekerjaan yang dibebankan ke kamu itulah yang akan diganti dengan uang. Terkadang pekerjaan datang bertubi-tubi sampai kamu pusing untuk memulai mana yang akan dikerjakan terlebih dahulu. Alhasil pekerjaan yang kamu lakukan tidak mencapai hasil yang maksimal. Agar pekerjaan yang kamu lakukan bisa maksimal makan kamu juga harus mengerjakan pekerjaan kamu dengan seefisien mungkin, kira-kira bagaimana cara meningkatkan efisiensi kerja kamu? Berikut ulasannya

Bangun Rutinitas yang membantu kamu dalam bekerja

Rutinitas yang baik dapat membantu kamu dalam bekerja, karena rutinitas tersebut yang akan membuat tubuh dan pikiranmu terbiasa dengan hal-hal yang akan dilakukan. Biasakan untuk tidak menumpuk pekerjaan dan mengerjakan pekerjaan segera, karena semakin sering kamu menunda pekerjaan maka kamu akan terbiasa untuk melakukan hal itu kedepannya.

Tetapkan to-do list

Selanjutnya, setelah kamu berhasil menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk dan memulai kebiasaan yang membantu pekerjaan kamu, maka kamu harus menyiapkan to do list setiap harinya. To do list ini berguna agar ketika memasuki jam kerja kamu tidak perlu pusing tentang pekerjaan apa yang kamu harus kerjakan di hari tersebut. To do list berisikan daftar tugas-tugas yang harus kamu kerjakan, dan sebaiknya kamu membuat to do list di malam hari sebelum hari kerja kamu agar begitu masuk hari kerja, kamu tidak bingung ingin melakukan apa.

Selesaikan pekerjaan sesuai skala prioritas

Setelah to do list tersusun maka kamu bisa mulai mengelompokkan skala prioritas dari pekerjaan kamu. Kamu bisa menggunakan matriks Eisenhower yang mana dalam metriks tersebut kamu akan mengelompokkan pekerjaan kamu kedalam 4 bagian yaitu:

  • Penting, Mendesak: Ini merupakan tugas yang harus diutamakan dan harus segera selesai.
  • Penting, tidak mendesak: Tugas ini penting tetapi kamu masih memiliki waktu yang cukup banyak untuk mengerjakannya.
  • Tidak penting, mendesak: Meskipun tugas ini tidak terlalu penting tetapi waktu yang kamu punya untuk mengerjakan tugas ini sedikit.
  • Tidak penting, tidak mendesak: Tugas ini bisa dibilang tidak akan memengaruhi apapun dalam karir kamu, jadi sebaiknya kamu bisa hapus tugas ini dari to do list.

Tetapkan batas waktu untuk setiap tugas, termasuk waktu istirahatnya

Setelah kamu tahu tentang skala prioritas dari setiap pekerjaan kamu, maka selanjutnya kamu harus mulai menentukan bagaimana cara menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan efektif. Salah satu caranya adalah menetapan batasan waktu pada setiap pekerjaan, kamu bisa gunakan cara time boxing. Time boxing sendiri merupakan cara mengatur waktu dimana kamu membatasi waktu yang akan kamu gunakan dalam menyelesaikan satu pekerjaan dan pekerjaan lainnya. Misal kamu memutuskan untuk menyelesaikan pekerjaan dari jam 11-12 maka kamu harus usahakan untuk menyelesaikannya dalam periode waktu tersebut. Dan jangan lupa tetapkan juga waktu istirahat kamu, karena bekerja terlalu lama juga akan membuat kamu penat dan akan lebih sulit untuk fokus.

Gunakan tools manajemen waktu

Di zaman yang serba digital seperti saat ini, sudah banyak sekali tools yang dapat kamu gunakan untuk membantu kamu dalam mengatur waktu. Berikut beberapa rekomendasi tools manajemen waktu yang mungkin kamu butuh:

  • Trello & Notion: Dapat kamu gunakan untuk memanage suatu projek dan dapat melakukan penelusuran terhadap aktifitas harian kamu.

  • Time Planner: Dapat kamu gunakan untuk membuat jadwal serta analisa produktifitas harian kamu.

  • Google Celendar: Tools ini sangat bagus untuk pengaplikasian time boxing. Kamu bisa buat jadwal dan tenggat waktunya, serta bisa juga mengatur reminder untuk mengingatkan kamu tentang pekerjaan kamu.

Gimana? Udah siap buat tingkatkan efisiensi kerja kamu? Seperti yang telah dibahas, kamu bisa menggunakan beberapa tools untuk membantu kamu dalam manajemen waktu. Tools tersebut bisa kamu akses dengan jaringan internet tentunya, nah kalau tiba-tiba internetnya lemot pasti akan sangat mengganggu pekerjaan kamu kan.  Untuk menghindari itu, kamu bisa memakai paket wifi murah. Kamu juga bisa menikmati promo khusus kota kamu, seperti internet murah Jakarta dan masih banyak promo kota lainnya!

Share :

You might also like :

Fitur Google Meet Premium Dijamin Worth It!
Meriah Paket Baru First Media, Serbu Kue Gratis di...
. . .