Tips & Tricks Lolos Kartu Prakerja!

Dilansir dari www.prakerja.go.id, Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Jangan khawatir bagi kamu yang sudah berulangkali mendaftar namun masih belum lolos untuk menerima Prakerja, karena Kartu Prakerja masih membuka kesempatan lainnya di gelombang selanjutnya. Maka dari itu, sebelum kamu mendaftar Kartu Prakerja, ada baiknya kamu simak tips di bawah ini agar lolos seleksi:

1. Perhatikan dan Siapkan Persyaratan Sebelum mendaftar

Program Kartu Prakerja ini terbuka bagi semua WNI usia 18 tahun keatas dengan syarat sbb:
WNI minimal usia 18 tahun

  • Tidak sedang mengiktui pendidikan formal
  • Tidak berstatus sebagai pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara (ASN), prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa, perangkat desa, direksi, komisaris, dewan pengawas pada badan usaha milik negara (BUMN) atau badan usaha milik daerah.
  • Tidak termasuk penerima bantuan lain dari pemerintah yakni bansos Kemensos (DTKS), penerima BSU, BPUM atau penerima Kartu Prakerja gelombang sebelumnya.

Perlu diingat bahwa dalam satu Kartu Keluarga hanya boleh dua orang saja yang bisa menerima bantuan Prakerja.

2. Pastikan Gunakan Nomor Ponsel & Email Aktif

Saat mendaftar, kamu nanti akan diminta memasukan nomor ponsel dan email untuk keperluan verifikasi kode OTP. Agar proses pendaftaran berjalan lancar, pastikan nomor ponsel dan email yang kamu gunakan berfungsi dengan baik.

3. Teliti Saat Memasukkan data KK dan NIK

Salah satu angka saja saat kamu memasukkan data KK dan NIK bisa berakibat fatal dan kamu tidak lolos. Maka pastikan bahwa nomor KK dan NIK sudah benar-benar betul dan sesuai dengan identitas kamu ya!

4. Status Pekerjaan pada NIK sudah benar

Ada beberapa kasus pendaftar yang masih tercatat sebagai pelajar atau mahasiswa di Dukcapil. Hal itu bisa saja terjadi karena pendaftar masih tercatat di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Jika kamu sudah bukan pelajar atau mahasiswa, namun data diri kamu masih tercatat di Dukcapil, kamu perlu memperbaruinya sebelum kamu mendaftar Kartu Prakerja.

5. Mengerjakan Tes dengan Baik

Saat pertama kali mendaftar Prakerja, kamu akan melalui tes untuk menilai kelayakan kamu menerima bantuan Prakerja. Maka dari itu, kerjakanlah tes ini dengan bersungguh-sungguh dan sebaik-baiknya.

6. Ikuti Terus Media Sosial Prakerja

Agar tidak ketinggalan informasi pembukaan gelombang terbaru, kamu bisa mengikuti beberapa akun sosial media resmi dari panitia, Instagram @prakerja.go.id atau Facebook Kartu Prakerja untuk mendapatkan update pengumuman.

Itu dia Tips & Tricks supaya kamu bisa lolos Kartu Prakerja. Semoga kali ini kamu bisa lolos dan menikmati fasilitas dari Kartu Prakerja ini dengan baik ya! Jangan lupa juga untuk mempersiapkan koneksi internet yang stabil saat mengikuti program Kartu Prakerja. First Media menyediakan Internet yang #BeneranTanpaBatas dan juga lebih dari 200 Channel pilihan, berkualitas HD hingga 4K!

Buat kamu yang tertarik berlangganan, kamu bisa cek cakupan jaringan First Media di area rumahmu dan cek info paket selengkapnya di sini.

Share :

You might also like :

5 Channel Youtube Masak Indonesia Untuk Referensi Memasak Selama PPKM
Cara Masuk FYP di Tiktok Dengan Mudah Terbaru 2022

Comments :

Close