cb638687-3836-4431-b1b1-d1af578d8ff0

Cara Menjadi Social Media Specialist Dari Kriteria dan Skill

Cara Menjadi Social Media Specialist Dari Kriteria dan Skill

Apa itu social media specialist? dari pekerjaan, skills, kriteria, job description hingga cara menjadi social media specialist. Temukan solusinya di sini!

Social media specialist merupakan pekerjaan di bidang marketing dan kreatif yang kesehariannya berhubungan erat dengan social media networks. Pekerjaan ini mulai menjadi tren semenjak pandemi covid-19. Para content creator ataupun bisnis dari yang small sampai mature mulai sadar akan penting nya menjaga kehadiran brand di sosial media. Hal tersebut merupakan salah satu peran dari social media specialist yaitu untuk menjaga brand presence yang ada di social networks. Jika kamu ingin tahu detailnya, silahkan baca artikel ini sampai habis ya!

CARA MENJADI SOCIAL MEDIA SPECIALIST : 

1. Apa saja yang Social Media Specialist lakukan setiap harinya?

Social Media Specialist setiap harinya sering untuk merencanakan dan melaksanakan strategi media sosial, dari membuat dan menerbitkan suatu konten ke berbagai social networks platform seperti instagram, TikTok, Facebook, dan lainnya. Lalu, berinteraksi dengan komunitas dan audiens juga. Hal tersebut dilakukan untuk membuat engagement dari suatu platform meningkat, sehingga social media specialist harus membuat komunitas dan audiens mereka merasa dekat dengan brand yang dikelola. 

Social Media Specialist juga harus mengukur hasil dari objektif projek yang dijalankan. Biasanya, mereka menggunakan sebuah tools untuk metrics tracking. Hal ini bertujuan untuk melihat mana saluran yang paling efektif dan konten seperti apa yang menghasilkan engagement paling baik dan banyak. 

Social Media Specialist suatu brand memiliki berbagai macam social media marketing roadmap yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan objektif dan goals. Menyusun strategi sosial media juga merupakan bagian keseharian mereka. 

Social media specialist juga memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana cara kerja setiap channel media sosial dan cara mengoptimalkan konten sehingga menarik di saluran tersebut. Jumlah sosial media yang banyak ini biasanya juga terdapat spesialis yang berbeda yang dibedakan berdasarkan channel dan tanggung jawabnya. Terlebih lagi algoritma dan fitur dari sosial media selalu berubah-ubah, sehingga harus paham tentang tren dan perubahan yang terjadi di masing-masing channel

2. Apa Saja Skills Untuk Menjadi Social Media Specialist?

Social media specialist biasanya memiliki skills seperti  menulis, storytelling, membuat konten, kesadaran akan suatu tren, dan membuat sosial media strategi yang efektif. 

Social media specialist seperti ahli strategi marketing, copywriter, desainer, dan customer service hampir semuanya jadi satu. Karena sosial media merupakan sebuah platform komunikasi, sehingga seorang social media specialist pada dasarnya harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Setiap harinya bekerja di ruang sosial media, sehingga harus tahu bagaimana menghadapi user sosial media yang berbeda-beda. Karena setiap sosial media memiliki gaya komunikasi yang berbeda-beda. 

Selain itu, juga harus memiliki kemampuan kreatif. Terlebih lagi akan banyaknya kompetitor saat ini membuat social media specialist harus memiliki strategi yang berbeda untuk mendapatkan perhatian dari audiens. Untuk menjadi spesialis sosial media kamu juga punya poin lebih untuk menarik HR atau client kamu, bisa dengan membuat project portfolio atau menunjukkan konten yang pernah kamu buat. Social media specialist akan sangat seru dan cocok, jika kamu nyaman untuk membuat konten, berpikir kreatif, membangun komunitas, komunikasi dengan audiens, membuat strategi sosial media. 

Gimana? Semoga berguna ya. Seorang social media specialist bukan hanya saja membuat konten, ternyata banyak juga ya skills dan tanggung jawab dari social media specialist. 

Dengan banyaknya platform sosial media yang harus diatur, tentunya kamu harus selalu paham akan tren yang terjadi di masing-masing sosial media. Jangan sampai kamu ketinggalan informasi. Sehingga untuk mendukung hal tersebut kamu bisa menggunakan internet cepat dan unlimited. Jangan sampai saat membuat konten dan melihat informasi, internet kamu mati. Kamu bisa dapatkan promo dari First Media di sini. Jangan sampai kehabisan ya. Kamu juga bisa mendapatkan promo khusus kotamu seperti, internet provider Jakarta di sini, dan banyak promo kota lainnya!

 

Share :

You might also like :

Cara Lengkap Membuat Akun dan Channel YouTube di HP & Laptop
Suka gaming? Paket Baru First Media Pasti Pas untu...
. . .