a1c6eb8f-e73b-4066-a4ec-9aa7ea8fe8b7

Cara Monetisasi di Tiktok untuk Tambah Cuanmu

Cara Monetisasi di Tiktok untuk Tambah Cuanmu

Tiktok merupakan platform yang memberikan kesenangan bagi para penggunanya, tapi siapa sangka kalau Tiktok juga bisa jadi ladang cuan?

Tiktok menjadi salah satu platform yang paling fenomenal saat ini, dimana semua orang dari remaja sampai dengan dewasa menggunakan platform ini untuk melepaskan penat. Tiktok menjadi sangat fenomenal karena tampilannya yang sangat simpel dengan isi konten yang kebanyakan santai dan menghibur. Tapi selain menghibur, tiktok juga bisa jadi ladang cuan yang menjanjikan. Terbukti banyak kreator di tiktok seperti Sisca Kohl, Mursid, dan lain-lain yang sukses untuk meraup keuntungan yang tidak main-main dengan tiktok. Hal tersebut dapat terjadi salah satu sebabnya adalah karena ada fitur monetisasi di dalam Tiktok. Simak penjelasan lebih lanjutnya ya, firstpeople!

Apa Itu Monetisasi?

Monetisasi merupakan suatu cara dimana kreator dapat memperoleh uang dari konten yang mereka buat dan mereka unggah di blog, YouTube, Facebook, Twitter, Instagram, dan yang sedang dibahas sekarang yaitu Tiktok. Hal ini sangat menguntungkan bagi para kreator karena tidak hanya menyalurkan hobi atau kesukaan mereka dalam membuat konten, dari konten itu mereka juga bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Tapi sebelum melakukan monetisasi akun kamu harus berhasil mencapai 1000 followers dulu yang berarti ada beberapa hal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu untuk memperoleh 1000 followers tersebut. 

Pendapatan yang mungkin kamu dapat dari tiktok sendiri beragam yang biasanya tergantung dengan followers. Jika akun kamu memiliki followers menengah bisa mendapat sekitar USD 200 - USD 5.000 atau sekitar Rp 3 juta - Rp 75 jutaan per bulannya. Kalau akun kamu memiliki followers dengan kategori atas dengan jumlah views yang tinggi maka kamu bisa mendapat sekitar USD 1.000 - USD 30.000 atau sekitar Rp 15 juta - Rp 450 juta, cukup mencengangkan bukan? Hal tersebut pastinya sangat menggoda bagi setiap orang, makanya persaingan untuk mencapai hal tersebut juga terbilang cukup sulit karena banyak yang harus kita persiapkan dengan matang mulai dari branding sampai konten yang menarik untuk dilihat.

Cara Mendapatkan 1000 Followers Pertamamu

1. Perkuat Branding

Dalam dunia social media, branding merupakan hal yang sangat penting karena hal tersebutlah yang akan jadi pembeda antara satu kreator dengan kreator lainnya. Carilah sebuah gagasan yang dapat merepresentasikan dirimu secara unik dalam video-video yang kamu buat.

2. Posting Konten dengan Niche Tertentu dan yang Kamu Minati

Konten dengan niche atau keunikan pembahasan tertentu akan membantu kamu dalam membangun sebuah branding yang baik. Jika kamu sudah berhasil secara konsisten membuat konten dengan niche tertentu, maka kamu akan melekat dengan niche tersebut di benak audience, dan jika seseorang mencari informasi tentang niche yang kamu buat, maka pastinya akun kamulah yang langsung muncul di pencahariannya.

3. Promosi di Berbagai Platform

Promosi yang kamu lakukan tidak serta merta hanya di Tiktok saja, tapi kamu bisa memanfaatkan platform lain untuk memperbanyak jumlah pengunjung dan followers di Tiktok kamu dengan mempromosikan akun tiktok kamu di social media lain seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan engagement ke akun Tiktok kamu.

4. Ikuti Trend yang Sedang Berlangsung Saat Ini

Di Tiktok, trend berputar dengan sangat cepat. Misal hari ini sedang trend dengan konten mukbang, besoknya trend sudah berubah. Kamu harus secara aktif mengetahui perubahan dan pergerakan trend yang sedang terjadi saat ini. Kamu bisa gunakan tools seperti google trends untuk melihat trend secara realtime, dan bisa juga kamu memakai sound atau lagu yang sedang hits di Tiktok.

Cara Melakukan Monetisasi di Tiktok

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk melakukan monetisasi di dalam akun tiktok kamu yaitu:

1. Pergi ke profil lalu klik tiga garis di pojok kanan atas.

2. Pilih creator tools/alat kreator.

3. Scroll ke bagian monetisasi.

4. Terdapat tiga jenis monetisasi yaitu Creator Marketplace, Tiktok Shop, dan Gifts.

5. Kamu harus memenuhi persyaratan masing-masing agar dapat monetisasi.

6. Jika sudah memenuhi persyaratan, klik salah satu monetisasi yang cocok dengan kebutuhan kamu.

Beberapa Jenis Monetisasi

1. Creator Marketplace

Ini merupakan fitur dimana seorang konten kreator dapat mempromosikan diri mereka supaya bisa berpeluang mendapatkan endorse dari perusahaan untuk produk mereka. Salah satu syaratnya adalah akun Tiktok kamu harus sudah diubah menjadi akun konten kreator atau bisnis. Lalu memiliki Followers minimal 1000.

2. Tiktok Shop

Tiktok shop merupakan fitur dimana pengguna akan dibantu untuk menjual dan membeli produk dari Tiktok. Jadi pelanggan yang hendak membeli tidak perlu membuka aplikasi marketplace untuk transaksi. Salah satu syarat yang perlu dipenuhi penjual untuk fitur ini adalah minimal kamu harus mempunyai barang yang hendak dijual, dan harus melengkapi informasi toko.

3. Live Streaming

Fitur ini adalah yang paling umum dan merupakan salah satu yang paling dikenal karena sudah ada di social media lain juga seperti Instagram. Fitur ini memungkinkan sebuah akun untuk menyiarkan kegiatannya secara live dan dapat ditonton oleh semua followers mereka. Tetapi khusus di Tiktok, live streaming akan disebarkan di halaman FYP jika penonton di dalam live tersebut antusias, memiliki viewers yang banyak, dan di share oleh banyak orang.

4. Gifts

Merupakan salah satu fitur di Tiktok berbentuk hadiah yang bisa diberikan kepada host Tiktok yang biasa digunakan saat live streaming. Dari fitur tersebut nantinya akan menjadi penghasilan bagi host Tiktok yang melakukan live streaming. Lalu perlu diketahui bahwa masing-masing dari hadiah tersebut memiliki harga yang berbeda.

Gimana? Enak kan bisa menghasilkan uang dari Tiktok! Nah, supaya lancar bikin konten dan live streamingnya, kamu bisa pasang internet rumah terbaik dari First Media, agar kamu bisa lancar live streaming tanpa gangguan dengan internet rumah unlimited! Kamu juga bisa mendapatkan promo khusus kotamu seperti pasang internet murah Jakarta dan masih banyak promo kota lainnya!

Share :

You might also like :

Fitur Baru Dari TikTok “TikTok Now” Bisa Dual Camera!
First Media Gelar Cooking Class First Prioritas Cl...
. . .