Cara Mudah Melakukan Migrasi WhatsApp

Mau melakukan migrasi Whatsapp? Begini caranya!

Ada banyak hal yang membuat kamu terpaksa harus melakukan migrasi WhatsApp. Misalnya saja seperti kamu baru ganti nomor baru atau bahkan ganti handphone. Ketika kamu melakukan salah satunya, pasti kamu merasa khawatir jika semua chat yang ada pada WhatsApp akan hilang saat proses migrasi.

Migrasi WhatsApp ke Ponsel Baru

Untuk perpindahan yang berbeda operating system seperti ponsel iPhone ke Android, maka bisa dilakukan dengan menghubungkan ponsel lama dan ponsel baru menggunakan kabel USB-C seperti yang dilansir dari situs cnbcindonesia. Setelah terhubung, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pindai QR code yang muncul pada layar iPhone.

Selanjutnya proses transfer data akan dimulai dan jika ada pesan baru yang masuk selama proses transfer, tidak akan masuk ke ponsel lama. Sayangnya, fitur ini hanya bisa dimanfaatkan oleh ponsel dengan Android 12.

Nah, jika ponsel kamu belum memenuhi syarat tersebut, atau kamu melakukan migrasi WhatsApp dari Android ke Android, maka hal yang harus kamu lakukan adalah dengan mencadangkan atau backup data ke email yang terdaftar dalam ponsel lamamu.

Cara backup chat WhatsApp ini sangat mudah, yaitu:

  • Klik titik 3 pada sudut kanan atas
  • Pilih “Chats” dan kemudian “Chat Backup”
  • Pilih akun google yang akan kamu gunakan untuk menyimpan data, dan klik “BACK UP”

Setelah proses backup selesai, kamu install aplikasi WhatsApp pada ponsel baru dan masukkan nomor WhatsApp yang kamu gunakan. Lakukan verifikasi pendaftaran seperti biasa dan setelah proses pada ponsel baru selesai, maka secara otomatis WhatsApp di ponsel lamamu akan mati.

Pada saat proses verifikasi data, kamu akan ditanyakan apakah memiliki history chat. Kamu pilih “ya” dan kemudian pilih akun email yang kamu gunakan untuk menyimpan backup tadi. Selanjutnya kamu hanya perlu menunggu proses perpindahan data selesai dan semua history chat kamu akan kembali.

Migrasi WhatsApp Untuk Ganti Nomor Ponsel

Migrasi ini kamu lakukan pada ponsel yang sama tetapi hanya nomor ponselnya saja yang berubah. Cara yang harus dilakukan adalah:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Klik tombol titik 3 yang ada pada sudut kanan atas
  • Buka “settings” kemudian “account”
  • Pilih “change number”
  • Masukkan nomor ponsel lama kamu pada bagian atas dan nomor baru di bagian bawah, klik “Next”
  • Selanjutnya kamu hanya perlu mengikuti langkah yang diarahkan oleh WhatsApp

Jangan lupa, kamu harus pastikan bahwa nomor ponsel yang baru telah aktif sebelum memulai prosesnya. Sebab kamu akan diminta memasukkan kode tertentu yang dikirimkan via sms. Migrasi ini akan secara otomatis mengganti semua nomor ponsel yang ada pada kontak WhatsApp teman-temanmu dan di group. Pada umumnya, proses ini juga tidak menghilangkan history chat yang sudah ada, tetapi ada baiknya jika untuk keamanan kamu melakukan backup data terlebih dahulu.

Nah, untuk proses backup data sendiri mungkin akan membutuhkan waktu lama tergantung koneksi internet yang kamu gunakan. Agar proses ini berjalan lancar dan cepat, ada baiknya kamu memanfaatkan WiFi dengan kecepatan yang stabil.

First Media menyediakan layanan internet rumah dengan kecepatan stabil dan bandwidth yang bisa kamu upgrade sesuai kebutuhan. Jadi, proses backup maupun migrasi WhatsApp akan lebih lancar dari risiko internet putus di tengah proses. Semoga berhasil, ya!

Share :

You might also like :

Yuk, Kenalan dengan Fitur Link Sticker di Instagram
Sukses Kalahkan Barcelona, Inter Milan Naik Pering...
Close