Cara Mudah Melindungi Gadget Agar Terhindar Dari Hacker

Simak tips untuk menghindari serangan hacker pada gadget kamu, agar data-data kamu bisa aman terlindungi!

Keamanan digital merupakan sebuah proses untuk memastikan penggunaan layanan digital baik secara online maupun offline. Seiring dengan perkembangan teknologi, kejahatan digital pun terus bertambah. Kamu bisa melakukan cara aman dan nyaman dalam menjaga keamanan digital dari orang yang tidak bertanggung jawab seperti hacker. 

Kamu bisa melakukan proteksi gadget dari berbagai ancaman khususnya malware. Malware adalah software yang dirancang untuk mengontrol gadget kamu secara diam-diam yang menyebabkan kerusakan pada gadget, peladen, klien, atau jaringan. Jangan sampai kamu lalai ya dalam hal tersebut.

Ada berbagai macam solusi mudah untuk melindungi gadget kamu. Perlindungan gadget ini dibagi menjadi dua yaitu hardware dan software :

1. Proteksi Hardware

Untuk melindungi hardware kamu bisa memakai berbagai fitur pengaman yang ada di gadget kamu seperti fitur kata sandi, sidik jari dan pencocok wajah. 

Dengan menggunakan kata sandi kamu dapat mengamankan data-data pribadi asalkan selalu menjaga password sedangkan proteksi sidik jari dan pengenalan wajah, adalah cara yang lebih oke dalam melindungi gadget karena hanya bisa dibuka menggunakan sidik dan pencocokan wajah kamu sendiri.

2. Proteksi Software

Sedangkan untuk melindungi software, kamu bisa menggunakan : 

  • Find my device, aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh pihak Google untuk melacak gadget kamu jika hilang. 

  • Backup data, untuk melindungi data kamu jika hilang menggunakan aplikasi seperti dropbox.

  • Anti-virus, bisa menggunakan avast atau mcafee yang akan melindungi software gadget kamu dari virus yang tidak diinginkan

  • Shredder, sebelum gadget kamu di jual, kamu bisa menghapus seluruh data-data pribadi kamu menggunakan shredder untuk menghindari data kamu dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Selain menggunakan tools diatas, kamu juga perlu mematikan wifi dan bluetooth jika tidak terpakai. Hal tersebut agar kamu tidak terkoneksi otomatis dengan jaringan orang lain yang tidak kamu ketahui kemanannya. Kamu juga perlu memeriksa permission application sebelum mendownload aplikasi, terlebih lagi jika kamu mendownload menggunakan browser. 

Nah gimana? Mudah kan untuk menerapkannya? Penting banget untuk memproteksi gadget yang  selalu kamu pakai dalam aktivitas sehari-hari. Namun agar aktivitas mu tidak terhambat, kamu harus selalu up to date dengan berbagai macam informasi dan tren yang ada di dunia. Kamu bisa banget pakai internet dan juga TV kabel yang kualitasnya gak usah diragukan lagi! Cek area kamu di sini dan langganan sekarang juga!

Share :

You might also like :

Cara Download Video Reels di Instagram Dengan Mudah
Cara Cepat Tidur Nyenyak yang Bisa Kamu Coba!
Close