Cara Mudah Mengecek Kecepatan Provider Wifi Rumah

tips mudah untuk mengecek kecepatan internet agar kamu bisa melihat kestabilan jaringan internetmu, cek disini yuk!

Kecepatan internet merupakan hal penting dalam hal transfer data pada saat mengakses menggunakan jaringan internet. Internet yang memiliki kecepatan yang baik, lancar dan  stabil akan memudahkan pekerjaan hingga aktivitas kamu di rumah. Kamu harus sering mengecek kecepatan internet rumah kamu agar selalu mengetahui kualitas kecepatan provider internet rumah yang kamu pakai. Sebelum mengecek kecepatan internet kamu kamu bisa melakukan cara ini juga untuk membuat internetan lebih cepat. 

Cara Agar Internet Lebih Cepat:

1. Restart Perangkat

Kamu bisa melakukan restart pada laptop, hp, tablet mu agar kondisi perangkat yang kurang baik seperti overheat bisa mempengaruhi kecepatan wifi kamu.

2. Menghapus Cache

Aplikasi yang banyak akan membuat cache menguras memori mu sehingga akan menurunkan performa gadget kamu. Sebelum cek kecepatan internet kamu bisa clear cache pada menu aplikasi atau storage pada smartphone kamu. 

Cara Mengecek Kecepatan Wifi Rumah:

1. Speedtest

Speedtest merupakan website untuk mengukur kecepatan di antara perangkat kamu dan server uji, menggunakan koneksi internet perangkat kamu. Cara nya mudah sekali, kamu tinggal mengunjungi website speedtest.net dan klik GO, setelah itu tunggu beberapa saat. Speedtest akan menampilkan kecepatan ping, download, hingga upload dari provider internet kamu. Perangkat seperti ponsel, tablet, laptop akan memiliki  kemampuan Wifi yang sangat berbeda.

2. Fast.com

Speedtest by Netflix tidak jauh berbeda dengan Speedtest, pada website fast.com kamu juga tinggal mengklik halaman website tersebut dan akan langsung menampilkan kecepatan internet kamu. Fast.com lebih simple dibandingkan website speedtest. 

3. Meter.net

Meter.net juga tidak jauh berbeda dengan website diatas. Meter.net sendiri memiliki halaman yang lebih lengkap dengan penjelasan masing masing komponen yang ditest, seperti Ping, jitter dan lain-lain. Kamu bisa langsung ke halaman tersebut dan klik start untuk segera mengetahui kecepatan internet rumahmu.

4. Speed Smart

Pada website ini kamu tinggal masuk ke halaman utama dan secara otomatis akan langsung mengukur kecepatan internet rumah kamu. Website ini tidak jauh berbeda dengan fast.com namun komponen kecepatan yang ditampilkan juga lengkap seperti speedtest. 

5. Cek Pada Internal HP

Tidak perlu memakai website atau aplikasi kamu bisa langsung mengecek pada internal smartphone kamu, dengan menuju menu koneksi wifi dan cek kecepatannya disitu. 

6. Bandwidth Place

Pada website ini komponen yang ditampilkan cukup lengkap ditampilkan dibanding yang lain, karena tersedia penjelasan dari masing-masing komponen. Kamu tinggal klik start untuk mengukur kecepatan internet rumahmu. 

Gimana? Itu dia beberapa cara mudah untuk mengecek kecepatan internet kamu. Agar internetan dirumah selalu lancar dan stabil kamu bisa menggunakan provider internet dengan kualitas yang tak diragukan lagi dari First Media. Kamu bisa langsung cek area daerah rumah kamu di sini dan klik daftarkan. Langganan First Media sekarang kamu bisa mendapatkan banyak promo menarik di sini.

Share :

You might also like :

Cara Memilih Provider Wifi Rumah Terbaik di Jakarta
Cara Masuk FYP di Tiktok Dengan Mudah Terbaru 2022

Comments :

Close