Cek 5 Trik Buat Optimalkan Instagram-mu, Yuk!

Agar Instagram milikmu optimal ketika digunakan, yuk, tiru trik ini!

Sudah berapa lama kamu punya akun Instagram? Kalau sudah lebih dari enam tahun, tentu kamu tahu Instagram saat ini tidak lagi sama dengan Instagram dulu. Yap, di tahun 2016, Instagram mengubah total algoritma feeds-nya; mulai dari pengurutan berdasarkan waktu menjadi pengurutan berdasarkan jumlah engagements atau interaksi terhadap postingan tersebut. Tak heran jika banyak pengguna Instagram sekarang mencari cara supaya akunnya tidak “tenggelam”. Gimana caranya, ya? Yuk, cek trik agar Instagram kamu bisa optimal dalam artikel ini!

Berinteraksi dengan satu-dua akun yang serupa setiap harinya

Menurut The European Business Review, trik pertama yang bisa kamu coba untuk optimalkan Instagram adalah melakukan interaksi rutin dengan akun yang sama tiap harinya. Soalnya, pertukaran interaksi antara satu akun dengan akun lain merupakan “aturan main” dasar layanan jejaring media sosial ini.

Sebagai contoh, kamu dapat meninggalkan komentar di postingan atau membalas story terbaru satu-dua teman yang paling sering bertukar sapa dengan kamu. Cara lain buat membangun interaksi ialah mengaktifkan fitur notifikasi pada akun Instagram teman atau akun yang kamu ikuti. Tujuannya tentu saja agar kamu tidak ketinggalan postingan terbaru dan bisa berinteraksi langsung dengan pemilik akunnya.

Cari waktu paling tepat untuk mengunggah postingan

Trik kedua buat optimalkan akun Instagram kamu ialah mengunggah postingan di waktu yang paling tepat. Kenapa begitu? Sebab, mengikuti algoritma terbaru platform ini, postingan paling atas di home masing-masing pengguna Instagram adalah konten dengan engagements paling banyak. Maka dari itu, kamu harus tahu kapan waktu paling pas buat mengumpulkan engagements.

Definisi “waktu paling tepat” bagi tiap akun Instagram sebetulnya berbeda-beda. Pasalnya, aktivitas followers setiap akun bervariasi. Hanya saja, waktu-waktu terbaik untuk mengunggah postingan di Instagram bisa dikelompokkan menjadi tiga: sebelum jam kerja, saat makan siang, dan setelah bekerja. Atau seperti yang dirangkum oleh Statusbrew, waktu terbaik itu antara jam 10 pagi sampai 3 sore.

Balas komentar akun lain sesegera mungkin

Dua poin di atas sudah cukup mengilustrasikan betapa pentingnya interaksi kamu dengan akun lain agar Instagram kamu bisa optimal. Dengan begitu, trik berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah membalas komentar atau balasan akun lain di postingan kamu sesegera mungkin. Kiat ini nantinya bisa membuat postingan kamu “naik” ke urutan teratas home pengikut-pengikut kamu.

Coba tren atau fitur terbaru

Reels adalah fitur paling baru dari Instagram. Sejak pertengahan tahun lalu, fitur video pendek dengan durasi maksimal 60 detik ini jadi tren terbaru Instagram. Mengutip Cave Social, Instagram sengaja meluncurkan fitur ini untuk menyaingi pamor TikTok yang kian melambung. Tak ayal, konten-konten reels lebih diprioritaskan oleh Instagram dibanding jenis konten lain (seperti foto atau video yang diunggah di feeds).

Oleh karena itu, kamu juga harus mulai coba tren terbaru ini supaya akun Instagram kamu tetap optimal. Contoh konten reels yang bisa kamu buat: editan video sewaktu liburan, editan video dari tahun ke tahun, atau juga video tentang hewan peliharaan maupun pun barang-barang koleksimu.

Bagikan postingan kamu di akun media sosial lain

Trik terakhir yang bisa kamu coba ialah membagikan postingan feeds kamu di akun media sosial lain: TikTok, Twitter, Facebook, blog pribadi kamu di internet, atau layanan berjejaring lainnya. Dengan melakukan ini, kamu bisa memperluas audiensimu atau sekaligus memberi tahu pengikutmu di Instagram yang kebetulan melewatkan postingan terbarumu.

Itulah dia kelima trik buat optimalkan Instagram kamu. Yuk, mulai terapkan biar akun kamu tidak ikut “tenggelam”. Jangan lupa selalu gunakan internet tanpa batas kuota agar aktivitas kamu di Instagram tidak terganggu, ya! Sebagai pilihan terbaik, kamu bisa pilih paket internet dari First Media yang tersedia mulai dari Rp200 ribuan saja. 

Share :

You might also like :

Douyin dan TikTok, Apa Saja Bedanya, ya?
Cara Mengatasi WiFi Tidak Terhubung di Laptop dan...

Comments :

Close