eLearning lebih efektif dengan LMS

Apa saja yang membuat kelas online memiliki banyak peminat, berikut beberapa alasannya!

 

Pembelajaran online atau e-learning telah menjadi solusi pendidikan yang tepat disaat pembatasan sosial banyak dilakukan di seluruh negara akibat pandemi Covid-19. Dalam pembelajaran online, siswa mengikuti kelas hanya melalui jaringan internet.

Di era yang semakin kompetitif ini, belajar telah menjadi aktivitas wajib untuk  menambah keterampilan, pengetahuan dan kompetensi. LMS berbasis AI hadir untuk membantu proses tersebut berlangsung lebih efektif. Dengan demikian, LMS adalah sistem yang wajib dimiliki semua organisasi, apalagi yang berkecimpung dalam dunia pendidikan.

Tanpa perlu mengunjungi ruang kuliah atau ruang kelas, peserta didik tetap dapat memilih untuk mempelajari apapun yang mereka inginkan. Proses belajar berlangsung dari rumah masing-masing peserta didik.

e-Learning semakin diminati

Jauh sebelum pembelajaran jarak jauh menjadi hal yang normal saat ini, studi pada  2018 oleh Learning House, Inc., menunjukkan 85% siswa merasa pengalaman kelas online mereka sama atau lebih baik daripada kelas offline. Bahkan, sebanyak 37% diantaranya merasa kelas online memberikan pengalaman yang lebih baik dibandingkan berada di kelas.

Apa saja yang membuat kelas online memiliki banyak peminat, berikut beberapa alasannya :

1. Lebih bebas berinteraksi

Ada banyak kelas di dalam satu platform, baik yang gratis maupun berbayar. Lewat e-learning peserta didik bisa berkumpul dengan peserta didik lain dengan minat yang sama. Jadi, tidak ada ketimpangan dalam proses belajar mengajar.

2.       Biaya yang Ringan

Platform e-learning menyediakan beragam paket belajar sesuai dengan isi dompet peserta didik. Selain itu, peserta didik tidak dibebankan biaya gedung, fasilitas sekolah, kebutuhan alat tulis, modul dan sebagainya. Ini karena dalam e-learning, semua kebutuhan tersebut sudah tersusun di dalam platform berbasis teknologi Cloud. Bahkan, peserta didik dapat memanfaatkan diskon bahkan kelas gratis yang disediakan oleh pemilik platform e-learning.

3.       Lebih efektif mengejar hobi atau minat

Kelas online tidak semuanya tentang bidang akademis tingkat tinggi. Faktanya, banyak dari mereka yang sukses hanya dengan fokus pada minat dan hobi. Biaya kursus online yang lebih murah daripada kursus offline membuat peserta didik seakan berani mengeluarkan lebih banyak biaya untuk mengambil lebih banyak kursus daripada biasanya. Hasilnya pun lebih banyak dengan mempelajari sesuatu yang baru meskipun tidak ada hubungannya dengan pendidikan formal atau pekerjaan peserta didik.

4.    Lebih memperluas jaringan 

Dalam pembelajaran online, guru dan siswa berasal dari semua lapisan masyarakat. Peserta bisa melanjutkan relasi dengan sesama siswa di LinkedIn atau platform media sosial lainnya. Mereka bisa saling mendukung keterampilan, mengetahui peluang kerja, dan terus mendukung karier satu sama lain.

5.    Mendukung skill dalam dunia kerja

Kebanyakan orang tidak mampu membagi waktu mereka ketika harus belajar sambil bekerja. Faktanya, pekerja harus terus memperdalam pengetahuan dan keterampilannya supaya tetap bisa bersaing di dunia kerja. 

Semakin banyak keterampilan yang dikuasai, peluang menambah penghasilan juga semakin besar. Penelitian di Amerika Serikat mengungkapkan antara 50-75% orang disana hidup pas-pasan dari beberapa kerja sambilan. Lewat kelas online yang lebih efektif dan lebih fleksibel, peserta didik dapat bekerja sambil belajar.

Learning Management System (LMS)

Association for Talent Development (ATD) mendefinisikan LMS sebagai sistem aplikasi untuk administrasi, dokumentasi, monitoring, reporting, otomatisasi dan penghantaran materi edukasi. Beberapa materi edukasi yang tercakup dalam LMS itu beragam, mulai dari kursus, program pelatihan atau program belajar dan pengembangan. 

LMS sendiri sudah ada sejak 1990-an. Sejak saat itu, LMS terus berkembang. Aneka teknologi baru ditambahkan ke dalam sistem tersebut. Saat ini, LMS mutakhir sudah dilengkapi dengan Artificial Intelligence (AI) atau yang dikenal juga sebagai kecerdasan buatan.  

First Klaz LMS dengan teknologi AI

Berbagai manfaat dari Artificial Intelligence (AI) dalam proses pembelajaran online juga bisa diperoleh dari  First Klaz, LMS yang disediakan oleh First Media Business. Melalui First Klaz, Anda dapat membangun, mengkoordinir, dan memantau aktivitas kelas sesuai apa yang diinginkan peserta didik.

LMS First Klaz ini dilengkapi dengan notifikasi chat, analisis dan laporan, dashboard, manajemen sistem dari segi kelas, konten dan user, forum belajar dan  bank materi. Teknologi AI dalam First Klaz membuat proses belajar dan mengajar semakin efektif. Baik pengajar maupun peserta didik bisa lebih fokus pada proses transfer pengetahuan, ketimbang disibukkan dengan hal-hal repetitif. 

 

Apa yang sudah disiapkan oleh organisasi Anda untuk secara efektif mencetak manusia-manusia tangguh lewat pendidikan? Informasi lebih lanjut tentang First Klaz bisa diperoleh disini.

Share :

You might also like :

Mengenal “Clubhouse”, Aplikasi Media Sosial yang Lagi Viral Karena Pengaruh Elon Musk
Cara Mengubah Efek Suara Lucu di TikTok

Comments :