Ingin Presentasi Online? Begini Cara Share Screen di Zoom

Ingin Presentasi Online? Begini Cara Share Screen di Zoom

Di tengah meluasnya wabah covid-19 di seluruh dunia, video conference menjelma menjadi salah satu tren baru sebagai bentuk penyesuaian diri. Hadirnya berbagai platform digital pendukung video konferensi tersebut memang sangat bermanfaat dan dapat digunakan untuk semua jenis kegiatan, baik untuk urusan pekerjaan, belajar, diskusi, atau sekadar bercengkrama antar kerabat secara virtual atau jarak jauh. Salah satu platform video konferensi yang paling populer digunakan hingga saat ini adalah Zoom Meeting. Selain bisa ter-install secara gratis dan kompatibel di banyak perangkat, Zoom menyediakan macam-macam fitur bawaan untuk menunjang pertemuan daring. Di antara beberapa fitur Zoom, ada fitur yang bernama “Share Screen”. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membagikan tampilan layar di desktop atau ponsel pribadi kepada para partisipan lainnya. Jadi, fitur Share Screen ini biasanya digunakan saat pengguna sedang melakukan presentasi.

Lalu bagaimana cara share screen untuk melakukan presentasi online di Zoom?

Cara Share Screen di Zoom versi Desktop PC

Agar bisa membagikan layar ke para kolega di Zoom, maka kamu harus menjadi “Host” di dalam meeting online tersebut. Tetapi kini semua partisipan juga bisa membagikan layarnya apabila sudah diizinkan oleh Host meeting.

  • Jalankan aplikasi Zoom
  • Pada layar utama, pilih menu “Share Screen
  • Kemudian kamu akan diminta mengisi Meeting ID. Isilah Meeting ID dan password untuk bergabung ke room meeting yang sedang berlangsung
  • Nantinya akan tersedia beberapa opsi layar yang ingin kamu bagikan, seperti aplikasi yang sedang terbuka; atau Whiteboard
  • Setelah memilih layar, klik “Share”.
  • Jika sudah lebih dulu bergabung di room meeting, maka tinggal klik “Share Screen” yang berwarna hijau di bawah layar.

 

Cara Share Screen di Zoom versi Mobile (Ponsel)

  • Jalankan aplikasi Zoom
  • Di menu utama, pilih “Share Screen
  • Masukkan Sharing Key atau Meeting ID dan passwordroom yang sedang berlangsung
  • Klik “Start Now” untuk memulai berbagi layar.

 

Seperti itulah cara share screen di Zoom. Dengan demikian, kamu bisa menampilkan file atau dokumen yang ingin kamu presentasikan ke para partisipan lain di Zoom Meeting. Selamat mencoba, ya!

Share :

You might also like :

5 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Cari Teman Baru Secara Virtual
Cara Masuk FYP di Tiktok Dengan Mudah Terbaru 2022

Comments :

Close