Tips Menghemat Kuota Internet Saat Online Meeting dengan Google Meet

Kegiatan Work From Home sampai School From Home pasti banyak menggunakan platform Video Conference, salah satunya Google Meet. Dengan penggunaan yang terus menerus dan berlangsung lama, pastinya dapat menguras kuota internet cukup banyak.

Untuk menghemat penggunaan kuota internet kamu selama melakukan aktivitas Work From Home atau School From Home, kamu bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini!

1. Cara Menghemat Data Google Meet di iOS / Android

  • Tekan ikon tiga garis horizontal yang terdapat pada aplikasi Google Meet.
  • Lalu pilih menu Settings atau pengaturan dan geser toggle pada opsi "Limit data usage".
  • Setelah opsi toggle tersebut aktif, maka Google Meet akan secara otomatis mengurangi penggunaan kuota internet selama sesi video conferencing berlangsung.

2. Cara Menghemat data Google Meet di PC desktop / laptop

  • Buka menu Settings setelah join / masuk
  • Pilih opsi Video dan pilih opsi standard definiton (360p) pada pilihan Send resolution.
  • Lalu pada opsi Receive resolution, klik pilihan Standard definiton (360p).
  • Untuk mengurangi konsumsi data agar menjadi seminim mungkin, kamu juga bisa menonaktifkan kamera video dan memilih opsi Audio only.

Jika kamu menjadi host di Google Meet, kamu juga bisa melakukan pengaturan resolusi video. Caranya dengan membuka menu Apps pada laman Google Meet dan pilih opsi Google Workspace. Lalu pilih Settings for Google Meet à Meet video settings. Lalu pada sub-menu Default video quality, kamu dapat memilih opsi Limited Video Bandwidth menjadi 1 Mbps.

Itu dia Tips & Tricks supaya kamu bisa menghemat kuota internet kamu untuk pemakaian Google Meet. Tapi, kamu tidak perlu khawatir kehabisan kuota internet jika kamu menggunakan layanan dari First Media! Karena First Media menyediakan Internet yang #BeneranTanpaBatas dan juga lebih dari 200 Channel pilihan, berkualitas HD hingga 4K!


Yuk, langganan segera supaya aktivitas Work From Home maupun School From Home kamu bisa lebih optimal lagi! Buat kamu yang tertarik berlangganan, kamu bisa cek cakupan jaringan First Media di area rumahmu dan cek info paket selengkapnya di sini.

Share :

You might also like :

Medali Pertama Untuk Indonesia di Paralympic Games Tokyo 2020
Cara Cepat Tidur Nyenyak yang Bisa Kamu Coba!
Close