Ingin Sukses Berbisnis Online di Instagram? Berikut 5 Tipsnya

Bagi kamu yang juga ingin memaksimalkan Instagram untuk merintis bisnis online, yuk simak 5 tipsnya

Ingin Sukses Berbisnis Online di Instagram? Berikut 5 Tipsnya - Di era digital seperti sekarang ini, beberapa platform media sosial telah menambah fungsi khusus bagi para pelaku bisnis. Platform digital seperti Facebook, Twitter, Pinterest,dan tak ketinggalan, Instagram menjadi sangat dekat dengan dunia marketing. Selain sebagai sarana mengunggah foto, video,atau sekadar berbagi insta-story, Instagram kini menawarkan fitur khusus yang bisa diandalkan untuk menunjang kegiatan jual-beli secara daring. Bagi kamu yang juga ingin memaksimalkan Instagram untuk merintis bisnis online, yuk simak 5 tipsnya di bawah ini!

Gunakan Akun Instagram Bisnis
Sama seperti Facebook dan WhatsApp, Instagram juga menawarkan akun bisnis bagi yang ingin berjualan secara online. Fitur yang dapat dinikmati tentu berbeda dengan akun biasa. Salah satu fitur paling berbeda yang dapat diakses dalam akun bisnis Instagram adalah Instagram Insight. Dalam fitur ini, pemilik akun bisnis dapat memonitor siapa saja pengunjung profil, berapa jumlah penyuka postingan, pengikut, komentar, hingga jumlah klik tautan yang disematkan. Bahkan, pengguna akun bisnis juga dapat melihat demografis pengunjung atau followers; dimulai dari usia, jenis kelamin, dan lokasi asal pengguna tersebut.

Bangun Kerja sama dengan Influencer
Influencer adalah orang-orang yang memiliki pengaruh ataupopuler di bidang tertentu yang sangat aktif di media sosial. Biasanya, orang-orang yang disebut influencer berasal dari kalangan selebriti, pejabat publik, selebgram, atau tokoh masyarakat yang aktif berkegiatan di suatu komunitas sehingga bisa menarik jumlah pengikut yang banyak di akun media sosialnya.Karena memiliki pengaruh yang besar untuk menarik audiens, influencer tentu juga besar manfaatnya untuk membangun brand para pebisnis online di Instagram.
Namun, perlu diingat bahwa sebelum memilih influencer sebagai ambassador, pastikan sesuai dengan target/tujuan bisnis yang sedang dijalankan. Lebih baik memilih sedikit influencer yang sesuai, tetapi terbukti bisa bertahan untuk jangka panjang.

Buat Konten yang Kreatif dan Menarik
Konten yang kreatif dan berkualitas sudah pasti akan mengundang rasa penasaran audiens sehingga mereka tertarik mengikuti akun instagram bisnismu.Patut diperhatikan juga konten-konten seperti apa yang paling banyak menghasilkan jumlah likes, komentar, atau save.Dengan begitu, kamu bisa mengetahui konten-konten tersebutlah yang dirasa paling bermanfaat dan paling menarik bagi para followers. Setelah melakukan riset followers seperti di atas, kamu bisa konsisten mengunggah konten-konten serupa dengan se-kreatif mungkinuntuk menonjolkan ciri khas brand kamu.Jangan lupa untuk selalu mengunggah postingan konten secara berkala.

Jangan Remehkan Caption!
Selain postingan konten, caption adalah salah satu“teknik menjual” yang tidak boleh diremehkan sama sekali.Caption yang pendek namun bermakna tentu akan lebihmeningkatkanengagement.Kamu juga bisa membuat caption menarik yang bisa mengarahkan audiens untuk memberikan komentar,misalnya dengan pertanyaan, “nah..Kalau kalian lebih suka varian apa, sih? Coba komentar di bawah, ya..”
Atau kamu juga bisa menggunakan hashtag di akhir kalimat captionyang seragam dengan foto/video yang diunggah.

Selalu Lakukan Interaksi dengan Audiens
Konten, teknik copywriting,dan feedsyang menarik dan rapi terbukti meningkatkan engagementdengan audiens. Supaya lebih dekat dengan audiens, jangan pernah lupa untuk selalu berinteraksi dengan mereka. Usahakan agar selalu membalas komentar atau secara tanggap menjawab pertanyaan yang masuk di direct message (DM). Karena selain untuk menjaga hubungan, audiens pasti merasa dihargai dan puas dengan pelayanan yang diberikan. Bukan tidak mungkin nantinya setiap postingan konten bisnismu akan selalu ditunggu-tunggu.

Nah, itulah beberapa tips untuk berbisnis di Instagram. Berbisnis di media sosial tentunya membutuhkan kuota dan akses internet cepat. Disamping kamu harus aktif meng-upload konten, kamu juga harus selalu menjaga interaksi dengan pelanggan atau calon pembeli. Nggak mau dong, kalau lagi asik berinteraksi dengan calon konsumen, tiba-tiba harus terputus karena kuota internetmu habis atau mengalami kendala?
Untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu bisa coba pakai layanan internet dari First Media, nih. First Media menawarkan internet tanpa batas dengan speed up hingga 1Gbps yang tentunya sangat memadai untuk kegiatan bisnismu di media sosial. Yuk, daftar sekarang!

Share :

You might also like :

Rekomendasi Film dan Serial Dokumenter yang Tayang di Netflix
Cara Menghemat Data Kuota Saat Streaming di Viu

Comments :

$('#comment-form').hide(); $('#success-comment').show(); }}); }); }); --}}
Close