Instagram Punya 3 Tipe Akun, Apa Saja ya Bedanya?

Sudah tahu, ternyata Instagram punya tiga tipe akun, loh!

Sejak peluncurannya, instagram berhasil meraih perhatian para pengguna internet di berbagai belahan dunia. Di Indonesia sendiri, jumlah pengguna sosial media ini terus mengalami peningkatan. Melansir situs katadata.co.id, berdasarkan data pada statista.com, jumlah pengguna aktif sosial media ini hingga kuartal 1 2021 adalah mencapai 1,07 miliar di seluruh dunia. Jumlah yang fantastis, bukan?

Dengan terus bertambahnya pengguna sosial media ini, tentu saja instagram berusaha memenuhi kebutuhan semua penggunanya. Apalagi, sosial media saat ini bukan hanya sekadar ajang “share” sesuatu, tetapi juga dijadikan sebagai tempat promosi produk. Baik untuk perusahaan besar maupun skala UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Salah satu langkah yang dilakukan instagram adalah dengan memberikan 3 tipe akun yang bisa dipilih oleh semua pengguna. Untuk lebih jelasnya, berikut ini pembahasannya.

3 Tipe Akun Instagram

Personal Account

Ini adalah tipe atau jenis akun paling dasar dari instagram, yaitu personal account. Pada akun ini, kamu hanya bisa menikmati instagram dengan fitur standar. Sesuai dengan namanya, personal account sangat cocok untuk kamu yang membuat sebuah akun instagram hanya untuk mem-posting hal yang kamu suka.

Misalnya saat foto kamu jalan-jalan, koleksi benda kesayangan, hewan peliharaan, dan sebagainya. Keistimewaan akun ini adalah kamu bisa mengaturnya menjadi private. Jadi hanya followers kamu saja yang bisa melihat isi akunmu.

Creator Account

Akun ini ditujukan untuk para influencer mengingat jumlahnya yang terus bertambah. Akun ini memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan personal account dengan tujuan mendukung para content creator untuk lebih mudah berkreasi dan menjangkau para penggemarnya.

Beberapa fitur yang dimilikinya yaitu:

  • Akses tidak terbatas pada fitur reels
  • Laporan followers dan unfollow baru secara berkala
  • Data analisa untuk mengetahui konten terfavorit dan waktu paling tepat untuk posting

Akun ini ditujukan untuk public figure atau pengguna yang bertujuan untuk mencari uang melalui konten di instagram. Ke depannya, instagram akan terus melengkapi akun ini dengan berbagai fitur pendukung yang memudahkan kamu mendapatkan uang. Namun sayangnya, tidak semua pengguna instagram bisa mengubah tipe akunnya menjadi creator account karena hanya akun dengan jumlah followers lebih dari 10.000 yang bisa menikmati tipe akun ini.

Business Account

Business Account atau professional account merupakan akun yang ditujukan untuk usaha, skala besar maupun kecil, untuk memasarkan produknya melalui instagram. Perbedaan mendasar dari tipe akun ini dengan creator account adalah siapa saja bisa mengubah akun personalnya menjadi business account. Bahkan meskipun kamu tidak sedang membuka usaha apapun.

Sebagai akun yang ditujukan untuk bisnis, jelas saja instagram akan memberi banyak fitur untuk mendukung bisnismu, di antaranya:

  • Data analisa traffic
  • CTA (Call to Action)
  • Menampilkan deskripsi lengkap mengenai usaha dan kontak
  • Schedule posting (dengan facebook creator studio)

Namun karena ini adalah akun bisnis, instagram tidak mengizinkan kamu mengunci akun jika sedang mengaktifkan tipe ini. Jadi untuk kamu yang lebih suka memiliki akun private, lebih baik tetap menggunakan personal account.

Mana yang lebih cocok untukmu? Tentu saja kamu harus menilainya sendiri mengingat semua tipe akun tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun kamu jangan khawatir, jika seandainya kamu merasa kurang cocok dengan tipe akun yang dipilih, kamu bisa kok kembali ke personal account kapan saja kamu mau.

Apapun jenis akun yang kamu pilih, jangan lupa untuk pasang internet WiFi di rumahmu. Jadi kamu bisa dengan bebas posting foto atau memantau akun instagram kerabatmu tanpa khawatir dengan masalah kuota. Tidak hanya itu, First Media juga memberikan koneksi internet yang stabil jadi kamu tidak perlu khawatir merasa kesal harus menunggu lama saat sedang membuka sosial media ini. Menyenangkan sekali, kan

Share :

You might also like :

Deretan Game Online Adaptasi Anime Populer
Cara Masuk FYP di Tiktok Dengan Mudah Terbaru 2022

Comments :

Close