Learning Management System Masa Depan Dunia Pendidikan

Pergerakan yang terus positif, tidak diragukan lagi bahwa pembelajaran online adalah masa depan pendidikan.

 

Saat ini pembelajaran online telah menjadi pilihan terbaik bagi siswa. Baik teknologi maupun pengajar yang mendukung pembelajaran online telah menjadi kebutuhan khusus yang tidak terlepas dari pendidikan saat ini.

Jauh sebelum maraknya pendidikan online, studi Babson College pada tahun 2012 mengungkapkan bahwa 77% pemimpin akademis menganggap pendidikan online lebih baik daripada belajar di kelas. Dan lebih dari 69% kepala akademisi percaya bahwa pembelajaran online adalah bagian penting dari strategi pendidikan jangka panjang.

Tanpa diprediksi meningkatnya pembelajaran online telah dibuktikan sejak terjadinya pandemi. Hal ini tidak terlepas dari Learning Management System (LMS), dasar teknologi yang telah membatu menyempurnakan perjalanan pembelajaran online.

Melihat pergerakan dari tahun ke tahun yang terus memberikan dampak positif, tidak diragukan lagi bahwa pembelajaran online adalah masa depan pendidikan.

Mengenal lebih dekat Learning Management System (LMS)

Learning Management System atau yang memiliki artian sistem manajemen pembelajaran adalah aplikasi software dibutuhkan untuk mempermudah manajer pembelajaran seperti sekolah atau guru membuat, mendistribusikan dan mengelola program pembelajaran.

Sistem ini dapat memperlihatkan kelas yang direkam sebelumnya dan materi tertulis layaknya pembelajaran tatap muka dengan fitur yang mudah diakses serta modul, dan fitur mengirim tugas layaknya interaksi belajar mengajar di kelas.

LMS membantu manajer pembelajaran menangani seluruh siklus hidup proses pembelajaran dalam sekolah dengan perangkat lunak yang mudah digunakan. Meskipun Anda dapat membagikan beberapa informasi, tetapi tanpa alat yang disediakan LMS, Anda tidak akan pernah dapat membuat program pembelajaran yang terorganisir.

Bagaimana LMS Bekerja?

LMS bekerja melalui jaringan internet yang terhubung. Setelah Software LMS diaplikasikan, maka sekolah dan guru akan mendapatkan akses berupa dashboard, cloud dan bantuan Artificial Intelligence (AI) yang memudahkan pengelolaan program pembelajaran pada pembelajaran online (e-Learning).

First Klaz dari First Media Business salah satu solusi dengan pengaplikasian sistem LMS, Platform ini memberikan Ruang Kelas, Notifikasi Chat, Analysis Report & Certificate, Forum Diskusi, Manajemen Sistem, Dashboard, Materi Belajar, dan Webinar untuk guru, dan murid.

Melalui First Klaz guru dan siswa dapat mengakses materi pembelajaran mereka di mana saja, yang memungkinkan mereka belajar sesuai jadwal dan progress mereka sendiri.

Semua informasi penting disimpan di satu tempat, sehingga guru dan murid dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka butuhkan melalui satu platform. Cloud yang terintegrasi juga memberikan kemudahan siswa untuk melihat kembali materi belajar selama 24 jam.

Sementara itu, administrator atau sekolah dapat memantau tingkat penyelesaian untuk memastikan bahwa guru benar-benar memanfaatkan teknologi yang tersedia bagi mereka. Dengan LMS, manajer pembelajaran dapat dengan mudah membuat, memantau dan mengidentifikasi proses belajar mengajar lengkap dengan cepat.

Mengapa sekolah penting untuk mengadopsi LMS

Sejauh ini LMS merupakan cara paling efisien untuk menjalankan program pembelajaran online, baik untuk administrator maupun untuk pelajar, beberapa poin ini menunjukan peran LMS baik untuk kebutuhan sekolah untuk jangka panjang.

1.   LMS Mendorong Kesuksesan Siswa

Fleksibilitas dan lingkungan yang aman dan ramah membantu siswa mengelola tekanan dan memberikan perhatian pada tugas sekolah mereka. Namun tidak jika mereka sulit memahami pelajaran karena materi yang kaku.

Melalui LMS Guru dan sekolah dapat mudah menemukan strategi yang meningkatkan pengalaman belajar mereka melalui fitur yang ada, misalnya berupa video tutorial atau visual yang membuat materi pembelajaran lebih mudah dipahami dan mendorong minat belajar siswa.

2.   Identifikasi Masalah Siswa Lebih Dini

Jalur komunikasi yang terbuka dapat membantu mencapai tujuan bersama yaitu kesuksesan siswa. Sistem ini mendorong orang tua untuk mengetahui dan terbuka ​​tentang tantangan yang mereka hadapi mengenai masalah yang dihadapi anak mereka dalam proses belajar mengajar. Laporan ini membantu sekolah mengidentifikasi langkah apa yang sebaiknya dilakukan. Sehingga dapat membantu meningkatkan prestasi siswa didik yang baik untuk kredibilitas sekolah.

3.   Melahirkan Sumber Daya dan Mutu Pendidikan

Pada proses belajar mengajar daring, guru di paksa aktif dan kreatif untuk memberikan pendidikan yang menyenangkan untuk siswanya. Melalui sistem yang terhubung, sekolah dapat dengan mudah memonitor perkembangan dan aktifitas sekolah, siswa, guru dan kelas. Hal ini baik untuk meningkatkan standar mutu pengelolaan kelas dan efektifitas belajar. LMS membuktikan bahwa semua sekolah memberikan siswa fleksibilitas tambahan dengan mutu pendidikan yang lebih tinggi.

Unggul dengan adopsi LMS First Klaz

Data yang dilakukan LinkedIn menemukan bahwa 57% dari Departemen Pendidikan berencana untuk menghabiskan lebih banyak waktu dan uang pada pembelajaran online pada tahun 2021. Memasuki tren pendidikan e-learning, sekolah harus sudah memastikan adopsi LMS masuk ke dalam tatanan investasi.

First Klaz sebagai solusi penyedia software LMS dari First Media Business terintegrasi membuat proses belajar mengajar lebih berdampak dan lebih mudah dikonsumsi.

Melalui Analitik back-end dan umpan balik yang ada pada First Klaz membantu Sekolah memastikan bahwa pembelajaran berjalan dengan baik dan sesuai yang diinginkan siswa. Dari proses analitik Sekolah dapat membuat keputusan berdasarkan informasi tentang materi, kelas dan teknik mengajar yang membuat siswa lebih produktif dan berprestasi.

Sebuah platform pembelajaran kolaboratif mengambil langkah lebih jauh dengan keterbukaan proses pembelajaran. First Klaz mampu memberi solusi dari berbagai aktivitas online dan menempatkan lebih banyak keunggulan untuk menciptakan siswa didik dan pengajar yang unggul dan bermutu tinggi melalui satu platform.

Share :

You might also like :

Artificial Intelligence – Dampak, Tantangan dan Manfaat dalam Bisnis
Cara Mengubah Efek Suara Lucu di TikTok

Comments :