Mengenal Data Center Infrastruktur Penting pada Bisnis Modern

Pemilik bisnis selalu membutuhkan Data Center andal dalam hal menjaga kelancaran operasi, pertanyaannya, seberapa andal fasilitas Data Center yang baik untuk Bisnis?

 

Bisnis saat ini tidak terlepas dari internet dan data. Data menjadi sangat penting bahkan urgensi bagi bisnis, di saat semua keputusan bisnis berada di pusat data. 

Pada perusahaan jasa dibidang pendidikan, keuangan, telekomunikasi, dan jejaring sosial tentunya memproses banyak informasi setiap hari, terlebih kebutuhan informasi semakin meningkat di era digital ini.

Bisnis yang mengandalkan data, membutuhkan pusat data atau Data Center dalam menjalankan operasinya. Perusahaan akan terkendala karena kompleksnya dalam mengakses data secara cepat dan tetap aman. Kegagalan dalam memberikan layanan ini pada akhirnya akan berakibat pada penurunan produktivitas dan profit.

Sebab itu Data Center dipercaya menjadi penyimpanan yang aman untuk data- data penting perusahaan. Untuk mengetahui bagaimana Data Center bekerja untuk bisnis, mari kita bahas lebih dalam.

Apa Itu Data Center?

Data Center merupakan fasilitas komputasi dan peralatan jaringan yang terpusat di suatu tempat.  Mereka bertugas mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan mendistribusikan data dalam jumlah besar. Data Center sebenarnya telah ada sejak awal era komputasi modern.

Teknologi ini juga berfungsi penting dalam pencadangan dan pemulihan data serta jaringan. Pusat data ini juga menjadi tuan rumah situs web, pengelolaan email dan layanan instant messaging. Mereka mendukung aplikasi penyimpanan cloud dan transaksi e-commerce, bahkan komunitas game online memerlukan Data Center untuk mengelola aktivitas online mereka.

Data Center menghubungkan jaringan komunikasi sehingga end user dapat mengakses informasi dari jarak jauh. Sejumlah besar server dan peralatan terkait ditempatkan di satu ruangan kompleks.

Bagaimana Cara Kerja Data Center?

Data Center bekerja melalui dua komputer yang terhubung jaringan Internet dan menyebarkan informasi ke browser Web menggunakan koneksi jaringan.

Data yang disimpan di Data Center didistribusikan ke dalam folder sebelum proses transmisi dilakukan dengan menentukan jalur paling sesuai untuk kemajuan data.

Dengan menggunakan serangkaian jaringan, data akan menjangkau penyedia layanan Internet end user hingga akhirnya informasi diterima dan berlaku sebaliknya. 

Perusahaan besar maupun lembaga pemerintahan dapat memilih untuk membangun dan mengelolanya Data Centre-nya sendiri jika mereka sanggup. Sementara yang lain memilih menyewa server, fasilitas colocation, layanan berbasis cloud publik untuk efisiensi.

Seberapa Andal Fasilitas Data Center yang Baik untuk Bisnis?

Pemilik bisnis selalu membutuhkan keandalan dalam hal menjaga kelancaran operasi. Data Center yang baik memberikan support 24/7 dengan kemudahan layanan.

Komponen Data Center baik hardware maupun software terdiri infrastruktur holistik, diantaranya: subsistem daya, catu daya yang stabil dan tidak pernah terputus, ventilasi yang baik, sistem pendingin berkualitas tinggi, pemadaman kebakaran, generator cadangan yang andal, dan koneksi ke jaringan eksternal.

Banyak perusahaan menaruh kepercayaan mereka pada Data Center sebagai salah satu infrastruktur bisnis yang diperlukan. Fasilitas ini berharga bagi banyak bisnis karena mereka terbukti menjadi sarana penting dalam memenuhi spesifikasi IT mereka. Data Center lebih dari sekadar fasilitas yang aman dan terjamin dengan ruang yang dilengkapi dengan daya dan jaringan yang andal.

Data Center Andal dari Link Net

Sebagai perusahaan penyedia layanan konektivitas, Link Net menyiapkan fasilitas terbaik untuk memenuhi kebutuhan dalam penyimpanan aplikasi dan data penting yang aman melalui layanan Data Center Link Net.

Data Center Link Net telah tersertifikasi Tier 3, sehingga tingkat ketersediaan hingga 99,9%, dan sudah memiliki multiple active power dan 1 jalur cooling distribution path, termasuk komponen untuk redundant (N+1).

Sebagai perusahaan konektivitas, Link Net memberikan infrastruktur internet stabil dan aman 24/7 berkat dukungan Dedicated Internet untuk kelancaran akses dan kemudahan maintenance Data Center. 

Link Net memfasilitasi 2 layanan utama, yaitu :

1.       Hosting

Layanan Hosting Data Center Link Net memungkinkan Anda untuk mengakomodir seluruh situs web yang terintegrasi melalui satu host/server ketika peningkatan traffic tidak dapat dihindari. Layanan Hosting Shared dan Dedicated Hosting memiliki skalabilitas yang aman dan terpercaya termasuk 24x7x365 personel premis, biometrik, pengawasan video, dan tiga lapisan pemantauan NOC. Layanan ini juga dilengkapi sistem keamanan yang ketat untuk kepentingan konten Anda.

2.       Colocation

 

Tempatkan data penting perusahaan Anda di lokasi terbaik dan aman. Fasilitas colocation Data Center Link Net telah berstandar global dengan jaminan bandwidth yang terjaga, dan redundancy yang menempatkan data penting perusahaan Anda di lokasi terbaik dan aman.

Anda dapat menikmati minimnya downtime karena listrik yang stabil, colocation Data Center yang netral 99,99% SLA Record, operasi yang efisien dan berjarak hanya 35 km dari pusat kota Jakarta dengan layanan Cold Containment dan Private Cage menyesuaikan hotel IT Anda sesuai kebutuhan.

Data Center Link Net menggunakan sistem keamanan yang ketat, dan dirancang kuat terhadap ancaman kejahatan siber hingga resiko bencana alam, Data Center Link Net infrastruktur yang tepat untuk menyimpan aset digital Anda.

Share :

You might also like :

Cara Download Instagram Story
Cara Log Out dan Hapus Akun Gmail di HP Android da...

Comments :

Close