Mengenal VSAT SOTM, Layanan Satelit untuk Bisnis

SOTM adalah salah satu layanan komunikasi satelit, dimana antena dan perangkat penunjangnya bisa melekat pada moda transportasi yang diinginkan. Hal ini memungkinkan komunikasi real time yang tetap stabil meski dalam kondisi bergerak atau berpindah tempat.

 

Konektivitas Very Small Aperture Satellite (VSAT) telah banyak membantu sektor bisnis terutama yang berada di wilayah pelosok dan pedesaan. Satellite On The Move (SOTM), salah satu variasi VSAT yang memiliki andil penting dalam memenuhi mobilitas perusahaan. Mari kita lihat bagaimana VSAT SOTM membantu perkembangan bisnis.

SOTM adalah salah satu layanan komunikasi satelit, dimana antena dan perangkat penunjangnya bisa melekat pada moda transportasi yang diinginkan. Hal ini memungkinkan komunikasi real time yang tetap stabil meski dalam kondisi bergerak atau berpindah tempat.

SOTM untuk Beragam Industri

SOTM dapat menyediakan komunikasi data dan internet berkecepatan tinggi meskipun sedang bergerak. Sistem Satellite on the Move (SOTM) dikhususkan untuk industri yang memiliki mobilitas tinggi sekaligus membutuhkan konektivitas bandwidth yang stabil diantaranya :

  • Kebutuhan Militer dan Keamanan
  • Jaringan Tanggap Darurat, media penyiaran.
  • Maritim - pelayaran komersial, energi lepas pantai, dan pelayaran
  • Aset armada darat dan laut, pengangkutan, dan manajemen logistik
  • Layanan broadband penumpang di Pesawat, Kapal, Kereta Api, dan Bus
  • Layanan broadband Event Music

Gambaran kepentingan berbasis sektor lebih lanjut salah satunya berasal dari divisi pemerintah seperti patroli perbatasan, tugas militer termasuk operasi komando dan kontrol di zona konflik dan media penyiaran yang melakukan transmisi video langsung melalui kendaraan Satellite News Gathering (SNG).

Teknologi satelit memiliki potensi  signifikan dalam memperluas kemungkinan kendaraan yang terhubung. Seperti unit patroli perbatasan yang membutuhkan jangkauan yang dapat diandalkan untuk mengirimkan gambar video kembali ke markas mereka, atau tanggap darurat kendaraan yang membutuhkan komunikasi di mana saja.

Cara kerja SOTM

Dikutip dari Nkom.com SOTM bekerja  menggunakan antena pelacakan yang distabilkan pada kendaraan, baik berbasis maritim, darat atau udara. SOTM berjalan dengan frekuensi satelit beam lebar (C, Ku, Ka) Band yang menyediakan layanan bandwidth tinggi ke antena stasiun bumi. Signal VSAT SOTM  ini secara simultan mengirim transmisi ke satelit dan mampu mengunci koordinat meski dalam keadaan bergerak sehingga komunikasi dalam bentuk data, suara, dan video tetap lancar.

SOTM memiliki cakupan luas dan kemampuan beradaptasi yang tinggi terhadap medan yang berbeda, implementasi relatif cepat, dengan perangkat yang kompak, kualitas transmisi yang handal dan dapat digunakan untuk mobile communication (komunikasi bergerak).

SOTM LinkNet memberikan solusi untuk berbagai kebutuhan industri

Layanan di area terpencil membutuhkan banyak skenario operasional. Satellite on The Move (SOTM) dari LinkNet sangat ideal dan mencakup area geografis yang luas untuk kendaraan operasional bisnis Anda yang membutuhkan komunikasi cepat.

Dengan sistem Auto Tracking atau Auto Pointing, Anda dapat merasakan jaringan konektivitas yang andal, tanpa hambatan saat akses kebutuhan bisnis Anda dalam keadaan kendaraan bergerak.

Perangkat SOTM Link Net yang dipasang di kendaraan yang bergerak,memiliki kecepatan dengan throughput hingga mencapai 100 Mbps dan ukuran daya hingga 20 W dengan ukuran antena hanya 50 cm.

Dengan antena KA-Band, jaringan SOTM LinkNet dapat bekerja lebih stabil dan frekuensi yang lebih luas untuk mendukung data, Suara, Video, Internet Broadband, Wi-Fi, serta backhaul seluler 3G / 4G / LTE.

Melalui satelit SOTM, tingkat komunikasi tinggi akan dipertahankan di segala medan dan kondisi cuaca. Untuk menjawab kebutuhan Anda temukan Satelite On The Move LinkNet disini.

Share :

You might also like :

Dedicated Internet, Jaringan Pendukung Kesuksesan Smart City
Adakah Dampak Positif Dalam Bermain Game Online?

Comments :

Close